10 Cabe Terpedas Di Dunia Saat Ini

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, rasa pedas adalah rasa yang paling digemari. Tren makanan pedas sempat menjamur beberapa tahun terakhir. Namun di Indonesia tanaman jenis cabe-cabean kurang bervariatif. Terbukti dari kesepuluh jenis cabe terpedas di dunia saat ini sangat langka untuk ditemui di Indonesia. Selain itu, cabe terpedas di dunia versi Guiness World Records World’s, Carolina Reaper, pun bukan berasal dari Indonesia.

Penasaran dengan kesepuluh cabe tersebut? Berikut ini daftarnya.

SHU = Scoville Heat Unit (Ukuran Tingkat Kepedasan)

  1. Carolina Reaper 2,200,000 SHU

Carolina Reaper adalah cabe terpedas yang diresmikan oleh rekor Guinness. Tidak ada yang normal dari cabe ini. Cabe ini memiliki rata-rata tingkat kepedasan di atas 1.5 juta SHU dan yang terpedas mencapai 2.2 juta SHU. WOW!

Carolina reaper berwarna merah cerah, berkeriput dan memiliki ekor menyerupai sabit. Pada tahun 2013, Guinness menyebutnya cabai terpedas di dunia.

Bukan hanya itu, anehnya Carolina Reaper tidak hanya memiliki rasa pedas yang luar biasa, tapi juga memiliki rasa yang sangat enak. Hmmm… berani mencoba?

  1. Trinidad Moruga Scorpion 2,009,231 SHU
Cabe ini berasal dari daratan Moruga, itulah mengapa dinamakan Trinidad Moruga Scorpion.

“Langsung dari kedalaman neraka.” itulah ungkapan yang dilontarkan dari orang yang pernah mencoba cabe ini. Trinidad Scorpion Moruga Blend, alias Moruga Scorpion, adalah cabe yang sangat langka yang baru saja ditemukan. Berasal dari daratan Moruga di Trinidad dan Tobago. Sekali Anda menggigitnya, rasa pedasnya tidak akan pernah berhenti tumbuh di lidah Anda.

  1. 7 Pot Douglah 1,853,936 SHU
7 Pot Douglah ditandai dengan kulit yang berwarna coklat/ungu gelap ketika sudah matang.

7 Pot Douglah dalam komunitas cabe dikenal sebagai satu dari cabe-cabe terpedas yang memiliki rasa terbaik. Mau cabe yang masih segar, yang sudah digoreng, atau bahkan cabe bubuknya dapat digunakan dalam masakan. Cabe ini dikenal dengan nama 7 Pod Douglah, Chocolate 7 Pot, atau 7 Pot Brown.

  1. 7 Pot Primo 1,469,000 SHU
Ciri khas dari cabe 7 Pot Primo ini adalah buntutnya yang kurus dan panjang.

7 Pot Primo sangat dapat dibedakan dari ‘buntut’ kurus yang panjangnya. Diciptakan oleh hortikultur, Troy Primeaux. Beberapa pengultivasi cabe telah mencoba mereplikasi bentuk cabe ini karena bentuk buntutnya yang ajaib. Saat Anda melihat cabe ini, Anda akan tiba-tiba tahu kalau cabe ini sangat amat PEDAS.

  1. Trinidad Scorpion “Butch T” 1,463,700 SHU

Saat 2011, cabe ini menjadi cabe terpedas versi Guiness World Record. Cabe ini berasal dari Australia. Tidak ada keraguan atas kepedasannya, walaupun cabe lain mungkin lebih pedas.

Trinidad Scorpion “Butch T” dijuluki demikian karena ujungnya runcing menyerupai sengat kalajengking.

Namanya diambil dari bentuk ujung cabenya yang menyerupai alat penyengat kalajengking, juga dari nama penciptanya, Butch Taylor.

  1. Naga Viper  1,349,000 SHU
Naga Viper diciptakan di Inggris oleh cabai petani Gerald Fowler

Naga Viper adalah cabe yang sangat amat langka yang dibudidayakan di Inggris. Kombinasi dari banyak cabe dan proses silang polinasi selama bertahun-tahun menghasilkan cabe yang sangat PEDAS ini. Cabe ini tidak pernah distabilkan secara menyeluruh sehingga tidak dapat menghasilkan keturunan yang sama persis. Variasinya sangat diharap-harapkan.

  1. Bhut Jolokia (Ghost Pepper)   1,041,427 SHU

Cabe “Terpedas ” berdasarkan tingkat kepedasannya yang sangat terkenal sudah disebutkan sebelumnya. Namun, Ghost Pepper dikenal bukan karena tingkat kepedasannya yang masuk lima besar, tetapi karena tantangan memakan Ghost Pepper yang viral di YouTube.

Bhut jolokia sempat menjadi viral di YouTube. Kepedasan dari cabe ini mampu membuat banyak pria dewasa kikuk.

Masih banyak orang yang memercayai bahwa cabe ini adalah yang terpedas, walaupun tingkat SHU-nya masih sangat jauh. Namun jangan khawatir, kepedasan dari cabe ini masih mampu membuat banyak pria dewasa kikuk.

  1. 7 Pot Barrackpore ~1,000,000 SHU
Ketika Anda memakan cabe ini, 20 detik pertama akan baik-baik saja, setelahnya rasa pedas akan terus meningkat.

7 Pot Barrackpore adalah salah satu dari banyak jenis 7 Pot pepper yang paling pedas. Cabe ini berasal dari Town of Chaguanas di Trinidad and Tobago. Banyak cabe ‘terpedas’ berasal dari daerah ini.

  1. 7 Pot Red (Giant)   ~1,000,000 SHU
7 Pot Red (Giant) merupakan salah satu cabe terpanas di dunia yang berasal dari Karibia.

Nama 7 pot berasal dari kemampuan cabe-cabe tersebut yang mampu ‘memanaskan’ 7 pot (panci) rebusan hanya dengan satu cabe.

  1. Red Savina Habanero   500,000 SHU

Red Savina Habanero adalah RAJA-nya cabe terpedas sebelum cabe-cabe baru tercipta dan menyusul kepedasannya. Red Savina masuk ke dalam sepuluh besar cabe terpedas, juga bentuk dan rasanya yang luar biasa.

Red Savina merupakan salah satu cabe terpedas di dunia pada tahun 1994-2006 dari kultivar habanero.

Itulah kesepuluh cabe terpedas di dunia. Apakah Anda sudah siap mencari, membeli, dan mengonsumsinya? Semoga artikel ini bermanfaat.

Beberapa cabe lainnya dapat ditemukan disini.