10 Tanaman yang Disukai Kucing (dan Bermanfaat untuk Kesehatannya)

Jika Anda memiliki taman, balkon, atau jendela yang mendapatkan cahaya matahari, Anda sangat beruntung. Anda dapat menanam tanaman herbal di sana. Tanaman herbal tumbuh dengan mudah, lezat, dan bisa dijadikan obat untuk kucing. Selain itu, tanaman herbal pun baik bagi kesehatan kucing. Beberapa di antaranya bisa menyembuhkan penyakit pada kucing. Namun, ingatlah bahwa setiap kucing memiliki perbedaan, maka tanyakanlah pada dokter hewan untuk hasil yang terbaik.

Tanaman yang Disukai Kucing dan Manfaat untuk Kesehatannya

Bagi Anda pecinta kucing, ada baiknya menyimak ulasan berikut agar dijadikan alternatif untuk merawat kucing kesayangan Anda. Berikut 10 tanaman yang disukai kucing beserta manfaatnya:

Catnip

Tanaman catnip meruapakan salah satu tanaman herba yang disukai kucing, bahkan 'catnip' mengacu pada kucing.
Tanaman catnip merupakan salah satu tanaman herba yang disukai kucing, bahkan kata ‘catnip’ mengacu pada kucing.

Catnip adalah rajanya tumbuhan kucing. Tanaman ini disukai kucing karena dapat membuatnya sangat bahagia. Catnip diibaratkan sebagai minuman yang segar setelah kucing pulang kerja. Tanaman ini dapat menghilangkan stress pada kucing. Ternyata tak hanya itu, catnip pun bisa digunakan pada kulit kucing yang gatal-gatal.

Tanaman ini memiliki zat sejenis terpenoid yang disebut nepetalactone. Zat tersebut berinteraksi melalui bantuan epitel penciuman kucing sehingga menyebabkan efek halusinogen.

Cat Thyme

cat-thyme-tanaman-yang-disukai-kucing
Selain catnip, cat thyme juga disukai kucing.

Jika kucing Anda tidak bereaksi pada catnip, cobalah cat thyme. Mungkin cat thyme bisa menjadi sahabat Anda dan kucing Anda. Semua itu jika Anda bisa bertahan dengan aromanya yang tidak terlalu sedap.

Cat thyme membuat kucing merasa puas, sama seperti catnip. Jika Anda ingin menanam cat thyme, tanamlah beberapa. Sebab, cat thyme tumbuh dengan sangat lambat.

Valerian

bunga-valerian-disukai-kucing
Tanaman valerian memiliki khasiat sebagai penenang, dan memperkuat organ-organ pencernaan yang bermanfaat bagi kucing.

Tanaman yang beraroma tajam ini dikenal untuk membantu seseorang menjadi rileks dan tidur nyenyak. Namun, valerian pun nyatanya bisa menstimulasi kucing. Valerian bagus untuk mengubah kucing malas menjadi kucing yang aktif. Mengonsumsi valerian akan membuat kucing memiliki bulu yang sehat.

Chamomile, Calendula, dan Echinacea

bunga-chamomile-disukai-kucing
Bunga chamomile termasuk dalam keluarga bunga matahari asteraceae yang berfungsi sebagai obat tidur (penenang).

Ketiga tanaman ini baik bagi kucing, terutama untuk penyakit kulit seperti gatal-gatal. Diskusikan pada dokter hewan Anda, bagaimana cara menyajikan ketiga tanaman itu untuk kucing Anda. Biasanya dokter hewan akan memberikan ketiga tanaman herbal tersebut yang sudah berbentuk larutan. Baca juga manfaat bunga chamomile untuk kesehatan dan kecantikan.

Licorice Root

licorice-root-untuk-kucing
Licorice root atau dikenal dengan akar manis meruapakan salah satu tanaman herba yang memiliki rasa manis.

Tidak hanya terasa lezat untuk kucing, licorice root pun baik bagi Anda. Sebagai kotison alami, llicorice root mampu mengurangi rasa gatal akibat alergi, juga mengurangi masalah pencernaan. Masalah pernapasan seperti demam pun bisa diobati dengan licorice root ini. Manfaat lain dari tanaman ini adalah mampu membersihkan darah dan merupakan bahan anti-peradangan. Baik bagi kucing yang menderita radang tulang (encok).

Cat’s Claw dan Dandelion Root

bunga-dandelion-disukai-kucing
Kartison yang dikandung pada dandelion dapat mengurangi rasa gatal pada kucing.

Kedua tanaman tersebut baik untuk kucing Anda. Zat yang terkandung dalam dandelion root dan cat’s claw mampu menyembuhkan gatal-gatal pada kucing, terutama yang disebabkan karena alergi. Hal tersebut karena kedua tanaman itu mengandung kartison.

Goldenseal

tanaman-goldenseal-disukai-kucing
Goldenseal mengandung senyawa yang disebut berberin yang efektif untung meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Goldenseal bisa dijadikan desinfektan untuk luka. Selain itu, goldenseal pun mampu mengecilkan mata bengkak akibat infeksi dan alergi.

Itulah kesepuluh tanaman yang disukai kucing. Walaupun begitu, tanyakanlah pada dokter hewan Anda apakah tanaman-tanaman tersebut baik untuk kucing Anda atau tidak. Jika Anda tertarik, kami juga menyediakan beberapa benih dari tanaman di atas seperti benih catnip, valerian, chamomile, dan dandelion, produk tanaman yang disukai oleh kucing dapat langsung klik disini. Semoga informasi ini bermanfaat 🙂