18 Tanaman Buah Yang Bisa Ditanam Dalam Pot Kecil

Hidup di kota sering kali membuat manusia jenuh. Masyarakat kota akan mencari cara untuk menghilangkan kejenuhannya itu. Biasanya masyarakat kota akan merencanakan liburan untuk meredakan kejenuhannya itu. Namun, beberapa orang ada yang memilih cara yang sederhana sekaligus menyenangkan, yaitu berkebun.

Sebagian masyarakat kota yang memiliki lahan besar, mereka dapat dengan mudah berkebun. Namun, bagi masyarakat yang tinggal di kawasan padat penduduk atau bahkan apartemen, mereka harus memutar otak demi bisa menanam tanaman di rumah. Sekarang, masyarakat kota tidak perlu khawatir. Kini semua orang bisa berkebun di rumah, berkebun di dalam pot kecil.

Tanaman Buah Yang Bisa Ditanam di Pot Kecil

Pada artikel kali ini kami akan membahas aneka jenis tanaman buah yang dapat ditanam atau ditempatkan di dalam pot kecil. Pot kecil yang kami maksud adalah pot dengan diameter kira-kira 20-40 cm. Banyak orang yang penasaran, “Saya ingin menanam tanaman di pot kecil, kalau bisa tanaman yang menghasilkan buah. Kira-kira tanaman buah apa ya?”

Jika Anda adalah salah satu dari orang yang pernah memiliki pertanyaan tersebut dalam benak Anda, maka artikel ini untuk Anda. Berikut adalah tanaman-tanaman berbuah yang dapat ditanam di dalam pot kecil.

1. Tanaman Stroberi

Strawberry adalah tanaman buah yang paling sesuai ditanam di pot kecil.
Strawberry adalah tanaman buah yang paling sesuai ditanam di pot kecil.

Stroberi atau strawberry (Fragria x ananassa) adalah tanaman yang sangat produktif dan menyegarkan. Sudah sejak lama stroberi dikenal sebagai tanaman buah yang paling sering ditanam. Stroberi tidak hanya ditanam di desa-desa, seperti Lembang, dan dijadikan komoditas wisata, melainkan pula stroberi sudah sering dibudidayakan di rumah-rumah warga. Hal tersebut karena perawatan tanaman ini yang tidak terlalu sulit. Penyiraman dan pemupukan secara teratur akan membuat stroberi tumbuh subur. Stroberi lebih baik ditanam di pot yang melebar dengan lebar 18 inchi (sekitar 45 cm) dengan kedalaman 10 inchi (sekitar 25 cm). Pot tersebut dapat menampung hingga dua belas tanaman stroberi. Anda bisa membeli tanaman strawberry california atau earlibrite yang sudah jadi, atau bisa menanamnya dari biji.

2. Tanaman Blueberry

Blueberry juga bisa ditempatkan pada pot kecil, hanya saja maksimal tumbuh jika minimal 40 cm diameter potnya.
Blueberry juga bisa ditempatkan pada pot kecil, hanya saja maksimal tumbuh jika minimal 40 cm diameter potnya.

Blueberry (Vaccinium sp.) adalah tanaman yang berumur panjang. Ukurannya memang bisa terus membesar dan membesar, namun tidak menutup kemungkinan untuk memelihara tanaman blueberry kecil di dalam pot yang lebih kecil. Pot yang dibutuhkan adalah pot 22 inchi dengan kedalaman 18 inchi. Media tanam yang digunakan adalah cocopeat dan/atau kompos. Tempatkan pot di tempat yang terkena sinar matahari langsung agar mempermudahkannya untuk berbuah. Gunakanlah pupuk organik untuk membuat tanaman blueberry semakin subur. Sayangnya, harga tanaman blueberry di Indonesia sangat mahal, harga tanaman yang sudah berbuah mencapai Rp 1.000.000 lebih! Kami juga menyediakan bibitnya disini.

3. Tanaman Ara / Tin

tanaman-tin-ara-di-pot-kecil

Tanaman buah tin atau ara (F. carira) adalah tanaman yang jarang dikenal keberadaannya di Indonesia. Ternyata, tanaman ara bisa juga ditanam di dalam pot. Tanaman berbuah ini bisa dibudidayakan dengan cara memindahkan tunas kecilnya atau dengan men-stek batangnya. Tanaman yang paling cocok ditanam di pot kecil adalah tanaman ara berjenis Jelly Bean, meski yang lainnya juga sangat bisa ditanam di pot namun jelly bean ukurannya paling kecil. Jika Anda tertarik untuk melihat koleksi bibit tanaman tin kami, silahkan klik disini.

4. Tanaman Blackberry

Sama halnya blueberry, tanaman blackberry juga bisa ditanam di pot, namun sebaiknya potnya 40 cm. Tapi di luar negeri ada lho jenis blackberry yang bisa ditanam di pot kecil, bahkan di pot gantung seperti diatas. Namanya blackberry cascade.
Sama halnya blueberry, tanaman blackberry juga bisa ditanam di pot, namun sebaiknya potnya 40 cm. Tapi di luar negeri ada lho jenis blackberry yang bisa ditanam di pot kecil, bahkan di pot gantung seperti diatas. Namanya blackberry cascade.

Sama seperti buah berry-berry yang lainnya, blackberry (Rubus fruticosus) pun dapat ditanam di dalam pot. Tanah berhumus adalah media tanam yang cocok untuk blackberry. Tanam blackberry jauh dari tanaman malam, seperti tomat, lada, dan kentang. Blackberry bisa menjadi layu jika tumbuh di dekat tanaman-tanaman tersebut. Beri penompang sepanjang dua meter untuk menegakkan batang blackberry. Tanaman blackberry biasanya tumbuh tinggi lurus.

5. Tanaman Arbei

Arbei (R. idaeus) bisa ditanam dengan cara distek maupun dari biji. Campuran media tanam dalam potnya berupa tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Buah arbei cenderung lebih manis dari stroberi. Jika tertarik Anda bisa juga membeli tanaman arbei hutan.

6. Tanaman Tomat

tanaman-tomat-di-pot-kecil

Terlepas dari perdebatan tomat adalah sayur atau buah, tomat bisa ditanam dengan mudah di dalam pot yang berukuran minim. Tomat (S. lycopersicum) adalah tanaman yang tangguh. Ia memiliki perlindungan diri dari bulu-bulu halusnya yang berbau khas. Tomat tumbuh subur ke atas, sehingga diperlukan penompang untuk membuatnya tetap tegak berdiri dan agar tangkainya tidak patah. Tomat membutuhkan media tanam yang subur, sehingga penyiraman dan pemupukan secara teratur sangatlah dibutuhkan. Apakah Anda tertarik menanam tomat? Tinggal pilih mau menanamnya dari biji atau ingin membeli tanaman tomat buah yang sudah jadi.

7. Tanaman Zukini (Zucchini)

menanam-zukini-di-pot

Zukini (Cucurbita pepo) adalah sejenis labu kecil. Buahnya dipanen sebelum matang dan dijadikan sayuran. Zukini adalah sumber antioksidan yang baik. zukini mengandung vitamin C dan B kompleks. Zukini dapat ditanam di dalam pot. Media tanamnya berupa tanah, peat moss, dan kompos. Zukini membutuhkan sinar matahari, maka tempatkanlah di tempat yang terkena sinar matahari sepanjang hari. Jika tertarik menanam zukini, kami menyediakan benih zukini produksi Inggris.

8. Tanaman Nanas

Tanaman nanas mudah berbuah walau ditempatkan di pot kecil.
Tanaman nanas mudah berbuah walau ditempatkan di pot kecil.

Menanam nanas (A. comosus) dalam pot bisa dikatakan sebagai seni. Selain menanamnya sangatlah mudah, daun-daunnya yang unik pun menjadi seni tersendiri. Nanas tidak membutuhkan banyak air. Namun jangan sampai lupa untuk menyiramnya. Nanas menyukai cahaya matahari. Nanas tidak memerlukan perlakuan khusus, sangat mudah untuk ditanam di dalam pot kecil. Silakan lihat koleksi bibit tanaman nanas yang kami punya.

9. Tanaman Semangka

tanaman-buah-semangka-dalam-pot

Semangka (C. lanatus) memiliki buah yang besar dan penuh air. Jangan berpikir bahwa semangka membutuhkan banyak tempat. Ia bisa tumbuh di dalam pot kecil. Semangka adalah tanaman rambat. Siram tanaman semangka setiap hari, karena semangka membutuhkan banyak air. Semangka paling banyak ditanam dari biji, ada banyak sekali varian benih semangka yang dijual di pasaran.

10. Tanaman Melon

menanam-melon-di-pot

Sama halnya dengan semangka, melon pun bisa ditanam di dalam pot kecil. Baik semangka ataupun melon (Cucumis melo), dua-duanya bisa dengan mudah ditanam dari biji. Media tanamnya berupa tanah, pupuk kandang, dan sekam dengan perbandingan 1:2:3. Melon juga populer ditanam melalui bijinya, varian benih melon juga ada banyak sekali.

11. Tanaman Cabai

tanaman-cabe-pot-kecil

Mungkin cabai (Capsicum annuum) memang bukan tanaman buah, namun buahnya selalu menjadi kontroversi di Indonesia, termasuk buah atau sayuran ya? Harga cabai (atau sering disebut cabe di Indonesia) yang mudah melonjak, menjadikan banyak orang mulai berpikir untuk menanam sendiri dalam pot. Media tanamnya berupa tanah dan kompos dengan perbandingan 2:1. Cabe sendiri ada cabe rawit, cabe besar, cabe keriting, dan jenis cabe-cabe hias.

12. Tanaman Persik

Persik (P. persica) bisa ditanam di dalam ruangan yang terpenting ia mendapatkan sinar matahari yang cukup. Persik tumbuh di suhu hangat sekitar 18-21 derajat Celsius.

13. Tanaman Aprikot

Nama buah ini semakin hari semakin jarang terdengar di Indonesia. Namun ternyata, tanaman ini bisa ditanam di dalam pot. Tanam dengan media kompos yang berdrainase baik akan membuat aprikot (P. armeniaca) tumbuh dengan baik.

14. Tanaman Delima Kerdil

Punica granatum var. nana adalah spesies delima yang bisa ditanam di dalam pot. Ia bisa tumbuh sampai 90 cm. Selain buahnya yang bisa dikonsumsi, bunganya pun cantik. Delima sangat membutuhkan ventilasi dan pencahayaan yang baik. Salah satu delima kerdil yang kami punya adalah delima mini merah.

15. Tanaman Kiwi

tanaman-kiwi-di-pot-kecil

Tanam kiwi (A. deliciosa) jantan dan kiwi betina secara sekaligus agar tanaman kiwi dapat berbuah. Buah kiwi berwarna hijau, bentuknya seperti telur ayam. Bagi beberapa orang, buah kiwi dapat menyebabkan alergi, seperti mulut gatal. Kiwi sendiri biasanya ditanam dari benih, ada dua jenis kiwi yang dikenal masyarakat, yaitu kiwi hijau (green kiwi) dan kiwi emas (golden kiwi). Simak juga artikel cara menanam kiwi di Indonesia.

16. Tanaman Anggur

tanaman-anggur-pot-kecil

Anggur (Vitis vinifera) adalah tanaman yang tumbuh merambat. Jika buahnya sudah mulai terlihat, buah anggur akan tumbuh menjuntai dengan indah. Anggur lama berbuah jika ditanam dari biji. Mending membeli bibit tanaman anggur yang sudah kami sediakan, ada anggur hijau, anggur merah, varietas banyak jenis, dari lokal sampai impor.

17. Tanaman Jeruk

Jeruk kalamansi dijadikan tanaman hias berbuah kerdil di pot, indah sekali terutama saat Imlek, khas oriental.
Jeruk kalamansi dijadikan tanaman hias berbuah kerdil di pot, indah sekali terutama saat Imlek, khas oriental.

Tahukah kamu kalau jeruk, hampir semua jenis, bisa ditanam dalam pot yang berukuran relatif lebih kecil? Jeruk manis biasanya berbuah setahun sekali. Campuran media tanam tanah, pasir, dan pupuk kandang (1:1:1) adalah pilihan yang terbaik. Pemupukan yang teratur akan membuatnya tumbuh subur. Kami menyediakan banyak varietas bibit jeruk jika Anda berminat.

18. Tanaman Lemon

tanaman-lemon-di-pot

Tidak hanya jeruk asli, jeruk lemon (Citrus x limon) pun ternyata bisa ditanam di dalam pot. Agar lemon cepat berbuah, gunakanlah pupuk dengan kadar fosfor (P) yang tinggi secara berkala. Lemon banyak ditanam dalam pot karena warna buahnya yang terang, juga karena buahnya bisa dikonsumsi menjadi minuman yang menyegarkan. Hal yang harus diperhatikan dari menanam tanaman, baik ditanam dalam pot maupun di tanah, adalah ketelatenan.

Kembali lagi pada fitrahnya, tanaman adalah makhluk hidup. Ia membutuhkan makan dan minum. Walau beberapa jenis tanaman tidak membutuhkan banyak air, bukan berarti ia bisa hidup satu bulan tanpa air.

Itulah beberapa jenis tanaman buah yang dapat ditanam dalam pot kecil. Tanaman-tanaman tersebut sangat disarankan untuk orang-orang yang gemar atau ingin bercocok tanam, tetapi memiliki lahan yang terbatas. Selain itu, menanam tanaman buah lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan tanaman bunga, sebab buah-buahnya dapat dikonsumsi sebagai kebutuhan vitamin setiap hari.

Anda juga bisa klik disini untuk melihat aneka bibit tanaman buah yang kami jual.