5 Manfaat Bunga Anggrek Bagi Manusia

Tahukah Anda bahwa ternyata bunga anggrek memiliki segudang manfaat untuk kehidupan manusia?
Tak hanya sebagai tanaman hias, manfaat bunga anggrek bahkan bisa dijadikan sebagai obat herbal beberapa penyakit berbahaya. Banyak pecinta tanaman yang melambangkan anggrek sebagai bunga cinta, keindahan dan juga kemewahan. Hidup di iklim tropis membuat tanaman ini dapat berkembang dengan baik di Indonesia. Umumnya, tanaman ini lebih menyukai hidup di tempat yang teduh misalnya berada di bawah pohon. Tanaman anggrek atau dalam bahasa latin Orchidaceae, merupakan tumbuhan berbunga hias yang memiliki banyak sekali jenisnya. Beberapa jenis anggrek yang terkenal karena keindahannya adalah anggrek bulan, anggrek kantung kolopaking, anggrek tebu dan anggrek hitam. Bagi Anda yang penasaran dengan manfaat dari tanaman hias ini, berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

Manfaat Bunga Anggrek untuk Kehidupan Manusia

Anggrek memiliki beberapa manfaat bagi kehidupan manusia, antara lain:

Obat herbal

anggrek-dendrobium-sebagai-obat-herbal
Anggrek dendrobium biasanya digunakan sebagai obat herbal atau tradisional.

Manfaat bunga anggrek yang pertama adalah sebagai obat herbal. Di China, bunga anggrek sangat terkenal karena kemampuannya yang bisa menyembuhkan banyak penyakit. Pembuatan ramuan herbal Cina ini biasanya diolah menjadi teh ataupun tonik yang dikombinasikan dengan akar licorice. Jenis anggrek yang umum digunakan sebagai bahan obat herbal adalah anggrek jenis dendrobium. Setidaknya ada banyak sekali penyakit yang bisa diobati dengan ramuan teh atau tonik anggrek buatan masyarakat Cina ini, diantaranya adalah anoreksia, tuberkulosis, dispepsia, arthralgia, impotensi, perut kembung, sakit pinggang, nyeri otot, gangguan impotensi, infeksi dan demam. Selain itu, ramuan tanaman anggrek ini juga bisa digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta menjaga kesehatan ginjal, paru-paru dan perut.

Kecantikan

 

Anggrek pink membantu proses peremajaan kulit wajah dan pencegah penuaan dini
Anggrek pink membantu proses peremajaan kulit wajah dan pencegah penuaan dini

Tak hanya berguna untuk kesehatan tubuh, bunga anggrek juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan terutama untuk jenis anggrek pink dimana pada bunga anggrek pink terdapat kandungan fenol yang diketahui adalah antioksidan yang bisa mencegah proses penuaan. Selain itu, untuk jenis anggrek pink juga terdapat zat flavonoid, anthocyanin, dan polisakarida yang dapat membantu proses peremajaan kulit serta mencerahkan kulit wajah. Karena manfaat bunga anggrek itulah banyak produk kecantikan yang menggunakan bunga anggrek sebagai salah satu komposisinya.

Bahan makanan

Anggrek terestial orchis mascula dijadikan bubuk sebagai campuran bumbu masak
Anggrek terestial orchis mascula dijadikan bubuk sebagai campuran bumbu masak

Ternyata, bunga anggrek juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan yang lezat oleh berbagai negara. Misalnya saja di Singapura dan juga Thailand yang menggunakan bunga anggrek menjadi makanan kudapan snack yang sedap. Selain itu, adapula Nepal yang memanfaatkan anggrek menjadi acar, suku Aborigin untuk makanan darurat saat kelaparan, serta anggrek terestial orchis mascula dimana umbi bawah tanahnya dijadikan bubuk untuk campuran bumbu masak.

Pewangi alami

Salah satu jenis anggrek yang berbau harum
Salah satu jenis anggrek yang berbau harum

Masyarakat juga memanfaatkan bunga anggrek sebagai pewangi alami ruangan walaupun tidak semua jenis anggrek berbau harum, salah satu jenis anggrek yang harum adalah anggrek kelip. Berdasarkan sejarah, aroma tanaman anggrek dipercaya orang Tiongkok sebagai wangi sang kaisar. Oleh karena itulah disimbolkan sebagai kemewahan dan keindahan. Banyak masyarakat Tiongkok yang mengolah bunga ini menjadi pewangi alami yang dipercaya sebagai ramuan cinta. Hal ini dikarenakan bunga anggrek dianggap sebagai aroma keromantisan serta cinta yang lembut dan mendalam. Lain halnya dengan bangsa Yunani yang justru menganggap bahwa aroma anggrek menjadi simbol kejantanan seorang pria.

Hiasan

anggrek-sebagai-tanaman-hias

Kebanyakan masyarakat memang menggunakan anggrek sebagai tanaman hias untuk memperindah taman. Hal tersebut dikarenakan variasi warna serta bentuk bunga anggrek yang cantik dan juga unik sehingga jarang ditemui pada tanaman hias lainnya. Anggrek yang dijual di pasaran biasanya berbentuk sebagai tanaman pot. Oleh karena itu, pecinta tanaman tidak perlu bersusah payah menanamnya sendiri di rumah. Tanaman anggrek yang paling banyak permintaannya adalah anggrek epifit.

Pada dasarnya, tanaman anggrek tidak memerlukan perawatan yang khusus. Hanya saja Anda yang berniat untuk memelihara tanaman ini harus telaten agar mendapatkan bunga anggrek yang cantik.

Sekian ulasan mengenai manfaat bunga anggrek dalam kehidupan manusia. Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa dijadikan penambah wawasan untuk Anda yang gemar merawat tanaman anggrek.

Lihat disini koleksi tanaman anggrek yang tersedia di toko online kami.