8 Tanaman Anti Nyamuk: Pengusir Nyamuk Alami

Tanaman anti nyamuk sebagai pengusir nyamuk alami lebih dibutuhkan ketika memasuki musim penghujan. Nyamuk adalah hewan kecil berbahaya yang bisa menularkan berbagai macam penyakit serius, seperti misalnya malaria dan demam berdarah, maka mengusir mereka dari rumah dengan tanaman adalah cara alami yang pas. Beragam tanaman pengusir nyamuk bukan hanya bisa ditanam, namun beberapa pun bisa dijadikan sebagai obat nyamuk tradisional yang aman dan tidak berbahaya bagi manusia.

Tanaman Anti Nyamuk sebagai Pengusir Nyamuk Alami Terbaik

Cara terbaik mengusir nyamuk di rumah adalah dengan menanam tanaman anti nyamuk. Total ada delapan (8) tanaman yang kami daftar sebagai tanaman pengusir nyamuk alami dan gambarnya yang bisa Anda lihat langsung sebagai berikut:

Zodia

tanaman-zodia-anti-nyamuk
Dengan kandungan rutaecarpine dan evodiamine di dalam daun tanaman zodia, nyamuk dan serangga lainnya akan jauh-jauh dari kita dan rumah kita. Bagi yang sudah terkena gigitan nyamuk atau serangga lainnya, cobalah gosokkan daun zodia ke kulit tubuh. Untuk menanamnya, tanaman ini boleh ditanam di pot dan biasanya ketika terkena angin maka aromanya akan tersebar dengan lebih muda. Zodia mungkin merupakan tanaman anti nyamuk yang paling kami sarankan saat ini. Selain mudah dalam hal perawatan, aromanya sangat tidak disukai nyamuk.

Serai Wangi

serai-wangi-citronella-anti-nyamuk
Serai wangi atau citronela sering digunakan untuk memasak dan selain dari fungsinya yang menyedapkan masakan, nyamuk akan terusir dengan adanya tanaman ini. Hal ini dikarenakan adanya zat sitronela dan geraniol yang terkandung di dalam tanaman ini dan kedua aroma zat tersebut tidaklah disukai oleh nyamuk. Hanya saja, serai bukan tanaman yang sesuai bila ditanam pada pot karena memang lebih cocok ditanam di tanah. Tanaman serai pertumbuhannya akan lebih subur di kebun atau pekarangan rumah biasa. Menguntungkannya lagi, pertumbuhan serai bisa berjalan sendiri dengan tidak adanya perawatan khusus sebab memang sangat sesuai dengan iklim tropis Indonesia. Tanaman serai wangi memiliki batang yang merah, sehingga biasa disebut serai merah.

Kecombrang

kecombrang-anti-nyamuk
Dengan nama lain yang disebut dengan honje dan kantan, tanaman kecombrang merupakan salah satu jenis tanaman pengusir nyamuk yang paling baik. Bagian buah, biji, dan bunga tanaman kecombrang biasanya memang lebih digunakan untuk melengkapi masakan karena berfungsi sebagai rempah pada masakan pepes dan sambal biasanya. Tanaman yang bisa dijadikan tanaman hias ini juga memiliki warna yang apik dan menanamnya di halaman rumah akan menjauhkan rumah dari nyamuk-nyamuk nakal.

Lavender

lavender-anti-nyamuk
Bunga lavender biasanya digunakan sebagai aromaterapi dan manusia sangat menyukai baunya yang bisa membuat rileks. Namun, tanaman hias ini rupanya sangat tidak disukai nyamuk. Hal ini sudah terbukti dnegan adanya lotion anti nyamuk yang mengandung ekstrak lavender di dalamnya. Berasal dari daerah pegunungan Alpen yang ada di Swiss, kandungan yang membuat bunga ini bisa mengusir nyamuk adalah aroma daro linalool dan lynalyl acetate. Konon, segerombolan nyamuk bakal pergi seketika mereka mencium aroma lavender sebab bisa membuat mereka pusing.

Rosemary

tanaman-anti-nyamuk-rosemary
Tanaman rosemary adalah salah satu tanaman hias pengusir nyamuk dan aromanya sangat persis dengan minyak kayu putih maupun minyak telon. Kedua minyak tersebut biasanya digunakan dengan mengoleskannya ke kulit sebab memang dapat mencegah gigitan nyamuk. Rosemary rupanya terkenal ampuh juga dalam mengusir nyamuk dan cara penanamannya bisa di pot maupun langsung di tanah. Bila memutuskan untuk menanam rosemary, pastikan tanaman ini memperoleh sinar matahari yang cukup berikut dengan air supaya tumbuh dengan subur. Untuk mengatasi gigitan nyamuk, daun rosemary bisa digosok-gosokkan ke kulit. Kami juga menyediakan benih rosemary jika Anda berminat. Rosemary sangat laris di toko kami karena aneka manfaat, salah satunya manfaatnya untuk kesehatan.

Akar Wangi

tanaman-anti-nyamuk-akar-wangi
Akar wangi atau vetiver atau rumput vetiver juga masuk ke dalam kategori tanaman pengusir nyamuk terbaik yang hampir sama dengan serai yang tidak cocok bila ditanam pada sebuah pot. Jenis tanaman ini adalah tanaman liar yang bisa ditanam di halaman rumah. Konon, bau yang dihasilkan oleh tanaman ini termasuk menyengat sehingga nyamuk tidak akan berani mendekat saat mencium bau ini. Banyak orang yang memercayai bahwa akar wangi adalah tanaman yang bisa mencegah DBD atau demam berdarah karena aroma tanaman ini lebih tidak disukai oleh nyamuk Aedes Aegypti.

Suren

tanaman-suren
Suren adalah sebuah pohon yang diketahui sangat efektif dalam mengusir berbagai serangga, termasuk nyamuk. Alasan mengapa nyamuk tidak menyukai tanaman ini adalah karena di dalamnya ada zat surenolakton, surenin, dan surenon yang kemudian bisa membuat para nyamuk tidak berani mendekat. Biasanya tanaman suren ini banyak ditanam oleh petani di kebun supaya hama menjauh dari pohon-pohon serta tanaman yang ada di sekelilingnya.

Geranium

Banyak yang mungkin kurang familiar dengan tanaman geranium, tapi sebenarnya tanaman ini dikenal dengan nama Tapak Dara di sejumlah kawasan di Indonesia (sudah pernah kami bahas disini). Nyamuk takut dan akan menghindari tanaman ini karena ada kandungan zat sitronelol dan geraniol yang terdapat di tanaman ini. Kabar baiknya, kedua zat ampuh pengusir nyamuk itu bisa dengan mudah tertiup angin sehingga aroma yang tidak disukai oleh nyamuk bisa tersebar ke daerah sekitarnya. Tanaman ini bisa ditaruh di luar rumah maupun di dalam ruangan karena ruangan akan dipenuhi dengan aroma tanaman secara cepat. Hanya saja, demi hasil maksimal, taruh tanaman di dekat jendela atau tempat lain di mana gampang tertiup angin supaya penyebaran aroma lebih cepat.

Untuk poin yang terakhir (bunga geranium), kami masih ragu merekomendasikannya ke pembaca, karena geranium yang dimaksud bukanlah pelargonium yang di Indonesia lebih dikenal sebagai bunga geranium.

Itulah sederet rekomendasi tanaman yang bagus ditanam untuk mengusir nyamuk. Pertimbangkan untuk memiliki tanaman pengusir nyamuk alami tersebut. Selain kedelapan tanaman diatas, aneka jenis basil (contohnya basil lemon) dan juga aneka jenis marigold juga diketahui sebagai tanaman anti nyamuk.

Lihat aneka tanaman yang kami jual disini.