GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

8 Tanaman Pengusir Lalat Ampuh

Monday, October 10th 2016.
Suka? Bagi ke Teman Yuk!

Tanaman pengusir lalat dapat membantu para pemilik rumah untuk mengusir lalat-lalat yang mengganggu dan bisa menyebarkan penyakit. Cara lalat dalam menyebarkan penyakit adalah dengan hinggap di makanan dan kemudian kotoran serta kuman akan ditinggalkannya di makanan tersebut. Kuman dan kotoran tersebut yang bisa membuat kita terjangkit suatu penyakit, khususnya penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Salah satu cara ampuh untuk mencegah adanya lalat adalah dengan mengusirnya melalui tanaman khusus pengusir lalat.

Tanaman tersebut bisa diletakkan di dekat ruang makan untuk menghasilkan bau yang lalat sama sekali tidak suka. Entah ditanam langsung atau olahan dari bagian tanaman tersebut yang digunakan untuk mengusir lalat, berikut adalah daftar 8 tanaman yang mampu atau setidaknya memiliki unsur kimiawi yang mampu mengusir lalat.

Kok sama ya jumlahnya sama juga, 8 tanaman, sama seperti daftar 8 tanaman anti nyamuk yang baru saja kami rilis artikelnya? Mungkin kebetulan saja, atau mungkin sengaja? Rahasia penulis :p

Rosemary

Gambar di atas menunjukkan bukti bahwa rosemary ampuh mengusir lalat. Situs terkemuka berbahasa Inggris bagi hobiis kelinci, best4bunny.com mempublikasikan dengan infografis tersebut bahwa rosemary merupakan salah satu cara untuk mengusir lalat dan menjaga agar kandang kelinci bebas dari lalat, dengan cara menggantung daun dan tangkai rosemary tersebut.

Gambar di atas menunjukkan bukti bahwa rosemary ampuh mengusir lalat. Situs terkemuka berbahasa Inggris bagi hobiis kelinci, best4bunny.com mempublikasikan dengan infografis tersebut bahwa rosemary merupakan salah satu cara untuk mengusir lalat dan menjaga agar kandang kelinci bebas dari lalat, dengan cara menggantung daun dan tangkai rosemary tersebut.

Tanaman rosemary yang bisa dengan mudah ditemukan di Indonesia ini pun adalah tanaman herbal yang tidak hanya bisa membuat makanan beraroma sedap, tapi aromanya pun akan mengusir segala lalat dan nyamuk. Jika ingin membuat cairan semprotan atau spray dengan bahan utama rosemary, silakan didihkan rosemary kering yang sudah berada di dalam air selama setengah jam. Setelah mendidih, tunggulah beberapa waktu dengan mendiamkannya di wadah, baru setelah itu lanjutkan dengan menyimpannya di dalam kulkas. Apabila aroma cairan rosemary sudah tidak begitu tercium, maka itu artinya sudah tidak berfungsi. Jika demikian, buang dan buat yang baru.

Lemon Impor

lemon-usir-lalat
Tanaman buah lemon impor sangat bagus karena bau lemon tampaknya tidak begitu disukai oleh lalat. Bila memiliki buah lemon juga boleh langsung dipotong menjadi empat bagian secara memanjang. 12 cengkih kering bisa ditancapkan ke setiap potongan, irisan perpaduan lemon dan cengkih tersebut bisa ditata di atas piring dan posisikan di kedua sisi meja paling ujung.

Daun Pandan Wangi

pandan-wangi-usir-lalat
Tanaman pandan wangi mudah didapat dan sebagian besar orang memiliki tanaman ini di rumahnya yang sangat sederhana cara pemakaiannya untuk mengusir lalat. Beberapa helai daun pandan bisa diambil dan kemudian diiris halus. Irisan daun tersebut bisa lalu ditaruh dalam sebuah piring atau mangkuk. Posisikan daun pandan dalam mangkuk tersebut di tempat yang terdapat banyak lalat, seperti misalnya meja makan agar makanan aman dari sentuhan lalat. Tak hanya bermanfaat mengusir lalat, pandan wangi juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Lavender

lavender-anti-lalat
Tanaman pengusir lalat lainnya adalah lavender yang biasanya memang digunakan untuk relaksasi. Caranya sangat mudah, yaitu dengan menaruh sejumlah tangkai lavender pada ruangan yang kerap didatangi lalat. Namun, bagus juga bila setiap ruangan di rumah memiliki tangkai lavender supaya lalat akan jauh-jauh dari rumah. Selain lalat, nyamuk juga akan dapat diusir dengan tanaman ini. Hanya saja yang menjadi kendala paling benar mungkinlah kelangkaan atau ketidaktersediaannya lavender asli di Indonesia. Lavender memang cukup sulit ditanam tapi Anda bisa membaca pengalaman customer kami yang tinggal di dataran rendah dalam hal menanam benih lavender dari kami.

Cengkih atau Cengkeh

Tanaman cengkih (cengkeh) sangat efektif dalam mengusir lalat selain biasanya digunakan untuk campuran masakan maupun rokok. Penggunaannya sangat mudah karena cengkih secukupnya bisa direndam di dalam air yang ada di sebuah mangkuk. Rendaman cengkih tadi bisa diletakkan di area dimana lalat sering datang. Cengkeh merupakan tanaman penghasil minyak atsiri dan juga bermanfaat untuk kesehatan serta kecantikan. Anda juga dapat mengaplikasikan cara menanam, merawat, dan budidaya cengkeh yang kami informasikan sebelumnya untuk menanam cengkeh.

Basil/Kemangi

daun-basil-mengusir-lalat
Sebenarnya tidak semua basil merupakan kemangi. Kemangi hanya merupakan salah satu bentuk basil. Kami mengambil contoh kemangi atau lemon basil karena paling banyak ditemukan di Indonesia, sekalipun sebenarnya semua basil sangat efektif mengusir lalat, terutama varietas basil sweet. Daun kemangi yang biasa dijadikan lalapan ini rupanya memiliki keampuhan dalam mengusir lalat dan bahkan nyamuk. Caranya sangat mudah karena hanya tinggal menanamnya di sebuah wadah yang nanti bisa ditaruh di dekat pintu serta area luar rumah. Bila ingin membuat spray, cobalah untuk menyiapkan 6 ons daun basil atau kemangi yang kemudian dituang dengan 4 ons air panas. Tunggu selama beberapa jam, lalu siapkan vodka 4 ons untuk ditambahkan ke ramuan tadi. Taruh di kulkas dan sewaktu-waktu dibutuhkan cairan sudah siap dan bisa disemprotkan kapan saja, asal tidak mengenai hidung, mulut dan mata.

Mint

mint-pengusir-lalat
Dalam cara lengkap dan ampuh mengusir lalat, tanaman mint bisa dijadikan solusi hanya dengan menanamnya di sebuah pot daripada di tanah. Tanaman mint (paling banyak ditemukan ada dua jenis yaitu spearmint dan peppermint) memiliki proses penyebaran yang cukup cepat sehingga bila menanamnya di tanah nantinya akan menyulitkan kita untuk mencabutnya. Selain untuk minuman, mint sangat efektif dalam mengusir lalat dan nyamuk dengan aroma yang dikeluarkan dari dalam bunga, tangkai dan daunnya. Supaya lebih afdol, minyak mint beraroma ini bisa dicampur dengan vodka dan cuka apel. Anda juga bisa menanam mint dari bijinya, kami menjual produk benih mint jika Anda berminat.

Bunga Krisan

bunga-krisan-usir-lalat
Bagi para pecinta bunga krisan, rupanya tidak hanya bisa dijadikan penghias rumah, bunga krisan sangat bagus dan efektif bila digunakan untuk mengusir lalat, tungau, kutu, semut dan bahkan kecoa. Sejumlah serangga diketahui sangat takut akan pyrethrum yang ada pada bunga krisan. Untuk serangga-serangga yang terbang dan melompat, ada ancaman mematikan yang diberikan oleh pyrethrum.

Masyarakat Indonesia bisa mencontoh Amerika yang biasanya menggunakan bahan dari krisan untuk dibuat sebagai semprotan serangga, aerosol dan bahkan shampo bagi hewan peliharaan. Meski terekomendasi dan dikenal ampuh dalam mengusir berbagai serangga, tanaman yang tidak disukai lalat ini bisa berbahaya juga bagi manusia. Pyrethrum-nya mengandung zat karsiogenik yang dapat memicu kanker pada manusia.

Itulah sederetan rekomendasi tanaman yang bisa mengusir serangga, khususnya lalat. Untuk mengusir lalat berikut serangga lainnya dari dalam maupun luar rumah, coba miliki tanaman pengusir lalat yang lazim ditemukan ini (kecuali lavender).

Produk terbaru

Rp 20.000
Rp 20.000
Rp 55.000
Rp 5.000

Rekening Bank

No rek. BCA akan di-SMS bersamaan total tagihan
No. Mandiri akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BNI akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BRI akan di-SMS bersamaan total tagihan

Pengiriman

Diverifikasi oleh:

Temukan Kami di

Alamat Kantor Pusat

Jl. Veteran Selatan, Kel. Mamajang Dalam
Kec. Mamajang, Makassar, kode pos 90135
Sulawesi Selatan, Telp. 082292524892