Aneka Bunga Hiasan Rumah yang Ditanam di Media Pot

Bunga hiasan rumah memang masih banyak dipilih sebagai bagian dari desain interior. Selain karena tampilannya yang cantik, bunga hiasan juga mampu mencerahkan dan menyegarkan suasana ruangan. Selain itu, beberapa bunga hiasan juga mampu mengeluarkan aroma yang harum. Yang akan kami bahas disini adalah jenis bunga hiasan yang bisa ditanam di dalam media pot. Karena tumbuh pada media pot, maka ukuran bunga hiasan juga tentu tergolong kecil atau mini. Berikut beberapa jenis tanaman hiasa bunga yang bagus dan cocok untuk ditanam di pot yang berukuran tidak besar sehingga bisa digunakan sebagai pemanis ruangan:

Macam-macam Bunga Hiasan Rumah yang Cocok Ditanam dalam Pot

Peace Lily

peace-lily-tanaman-hias-bunga-indoor

Tanaman peace lily (spathiphyllum) adalah salah satu jenis tanaman hias bunga yang dapat diletakkan indoor karena tanaman ini tahan tidak terkena sinar matahari lebih lama daripada jenis lily lainnya. Selain itu, peace lily termasuk dalam kategori tanaman yang mengeluarkan bau harum sehingga menjadi salah satu pilihan tanaman indoor yang paling diburu. Peace lily pun masuk dalam kategori tanaman yang dapat membersihkan udara dalam ruangan.

Azalea

azalea-tanaman-hias-bunga-tanam-dalam-pot
Bunga Azalea mungkin masih asing di telinga masyarakat Indonesia karena memang Azalea adalah bunga hias yang berasal dari negara Asia Barat dan Eropa. Namun, beberapa pecinta bunga Indonesia juga menggunakan bunga ini sebagai bunga hias di dalam rumah. Azalea memiliki batang kecil dalam jumlah banyak berwarna cokelat dengan beberapa daun berukuran kecil berwarna hijau tua. Masing-masing batang akan ditumbuhi banyak mahkota bunga yang berukuran kecil. Azalea umumnya memiliki warna merah muda dengan petal berwarna merah tua. Bunga ini cocok ditanam di pot.

Kalanchoe

kalanchoe-tanaman-hias-tanam-dalam-pot-kecil
Bunga hiasan rumah yang berikutnya adalah Kalanchoe. Sama halnya seperti Azalea, bunga ini juga kurang populer di Indonesia. Padahal keindahan Kalanchoe tidak perlu dipertanyakan lagi. Bunga Kalanchoe tergolong bunga tropis sehingga banyak ditemukan di Indonesia. Tercatat, ada 125 jenis bunga Kalanchoe dan beberapa jenis ada di Indonesia. Bunga Kalanchoe memiliki bentuk daun dan kelopak bunga yang mempeseona. Daun Kalanchoe berukuran sangat besar dengan bentuk sedikit bergerigi dan berwarna hijau tua. Batang Kalachoe memiliki banyak cabang yang ditumbuhi banyak mahkota bunga. Warna bunga Kalachoe adalah putih, orange, merah, kuning dan warna cantik lainnya.

Violces

violces-bunga-hias-rumahan-dalam-pot

Tanaman hias bunga berikutnya adalah jenis violces atau yang biasa disebut sebagai bunga antanan oleh masyarakat Jawa. Selain karena bentuk tanaman ini yang manis dan imut-imut, tanaman ini dapat digunakan juga sebagai obat herbal yakni untuk meredakan sakit tenggorokan, batuk, memelihara kesehatan pernafasan, serta mengatasi jerawat.

Wijaya Kusuma Kepiting (Christmas Cactus)

bunga-purple-christmas-cactus

Tanaman wijaya kusuma kepiting (Schlumbergera) berukuran tidak terlalu besar sehingga cocok ditanam dalam media pot. Tanaman ini adalah genus dari keluarga kaktus, namun lucunya tanaman ini memerlukan udara yang cukup lembab, lain dengan jenis kaktus lainnya yang bisa hidup di daerah sangat kering Warna-warna tanaman ini antara lain pink, merah, ungu, dan putih.

Angelonia

angelonia-tanaman-hias-bunga-dalam-pot

Tanaman hias bunga yang ditanam dalam pot terakhir yang kami bahas yakni tanaman angelonia. Tanaman ini sekilas mirip dengan tanaman lavender namun tanaman ini tidak memiliki bau aromatik seperti tanaman lavender pada umumnya. Tinggi tanaman sekitar 30-45 cm saja sehingga cocok ditanam di dalam pot. Untuk kebutuhan sinar matahari, tanaman ini memerlukan sinar matahari yang cukup sehingga bisa diletakkan di teras rumah yang terkena sinar matahari full.

Demikianlah informasi mengenai beberapa jenis bunga yang biasa dijadikan penghias rumah karena dapat diletakkan dalam pot berukuran sedang-kecil. Masih banyak bunga hias lain yang tak kalah cantiknya dan cocok digunakan dalam media pot. Semoga artikel mengenai bunga hiasan rumah ini bisa menambah wawasan Anda dan menjadi inspirasi untuk mendekor ruangan rumah dengan bunga cantik.

Lihat koleksi tanaman hias yang kami jual disini.