Apa itu Plantago Psyllium dan Manfaatnya

Psyllium adalah sebuah bentuk fiber yang terbuat dari kulit biji Plantago ovata. Benda ini biasanya disebut juga ispaghula. Walaupun dikenal sebagai laksatif, namun penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi psyllium memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Psyllium bermanfaat untuk jantung dan pankreas.

 

Psyllium mengandung banyak laksatif. Hal tersebut baik bagi usus. Laksatif membantu membersihkan usus secara teratur tanpa menghasilkan gas perut. Psyllium bagus untuk dikonsumsi untuk kesehatan saluran pencernaan.

 

Selain untuk memperlancar pencernaan, psyllium pun bagus bagi kesehatan jantung. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi psyllium selama enam minggu pada penderita obesitas dapat menurunkan kolesterol. Walaupun begitu, risiko yang dihasilkan (efek samping) sangat sedikit. Jangan lupa untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter.

 

Kelebihan kolesterol sangat berbahaya bagi kesehatan jantung. Penelitian-penelitian telah membuktikan bahwa psyllium telah mengambil bagian dalam kesehatan jantung.

Maksudnya, psyllium dapat menurunkan risiko seseorang terkena penyakit jantung. Efek psyllium pada jantung yaitu menurunkan tekanan darah dan menguatkan otot jantung.

 

Mengatur berat badan terkadang menjadi konsentrasi bagi banyak orang, terutama bagi penderita diabetes. Selain baik untuk kesehatan jantung dan gula darah, psyllium mampu membantu mengurangi berat badan.

 

Psyllium menyerap cairan dalam tubuh. Hal tersebut bisa membuat Anda merasa kenyang. Rasa kenyang itu mampu mengontrol jumlah makanan yang dikonsumsi. Tanyalah dokter Anda apakah Anda boleh mengonsumsi psyllium atau tidak.

 

 

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi lima gram psyllium dua kali sehari mampu membantu penderita diabetes tipe dua. Psyllium mampu mengontrol gula darah.

 

 

Itulah beberapa manfaat mengonsumsi plantago psyllium. Jika Anda siap untuk mengonsumsi psyllium, jangan lupa untuk mengonsumsi banyak air minum setiap hari. Agar manfaat psyllium dapat Anda rasakan secara maksimal.

Lihat juga yuk koleksi tanaman obat yang kami jual disini. 😉