Arti dan Makna Bunga Carnation

Memiliki sejarah yang lebih dari dua ribu tahun lamanya, bukan hal yang mengejutkan lagi jika bunga carnation (Anyelir) memiliki banyak sekali simbol, mitos, bahkan perdebatan. Dari namanya saja, carnation memiliki perdebatan. Ada yang bilang nama “carnation” diambil dari kata “corone” yang berarti bunga kalung/karangan bunga atau berasal dari kata “coronation” karena bunga ini digunakan di Yunani sebagai mahkota upacara. Ada juga yang berpendapat kata carnation bersal dari bahasa Latin “carnis” yang berarti daging yang merujuk pada warna originalnya yaitu kemerahmudaan atau “incarnacyon” yang berarti penjelmaan merujuk pada perwujudan daging yang dibuat oleh dewa.

Carnation bisa dijumpai dalam beragam warna. Setiap warna membawa keunikan dan maknanya tersendiri.

Sekarang ini, carnation bisa dijumpai dalam beragam warna. Secara umum, carnation melambangkan cinta, pesona, dan kehormatan. Namun jika dilihat dari warnanya, setiap warna membawa keunikan maknanya tersendiri. Carnation putih diyakini memiliki makna cinta yang suci dan keberuntungan. Carnation berwarna merah terang memiliki arti kecintaan, sedangkan carnation yang berwarna merah gelap bermakna kedalaman cinta dan kasih sayang. Bunga carnation ungu memiliki simbol ketidaktetapan, berubah-ubah. Sedangkan bunga carnation yang pink melambangan sebuah arti yang sangat penting, bermula dari orang-orang yang mempercayai bahwa bunga ini berasal dari air mata Bunda Maria, sehingga disimbolkan sebagai cinta seorang ibu yang tidak akan pernah hilang.

Angkatan bersenjata di Portugis berbaris menuju pusat-pusat kekuasaan New State di Lisbon untuk mengakhiri pendudukan kolonial dengan membawa bunga carnation.

Selain itu, bunga carnation merah ternyata digunakan juga saat buruh berdemo di hari buruh internasional (May Day). Mereka mempercayai bahwa bunga merah ini membawa simbol sosialisasi dan pergerakan tenaga kerja. Di Portugal, bunga carnation berwarna merah terang menyimbolkan kudeta terhadap rezim Estado Novo pada tahun 1974.

Tradisi perayaan Hari Ibu di Korea dengan memberikan bunga carnation merah atau pink.

Di Korea, carnation melambangkan cinta, ketertarikan, dan rasa syukur. Saat memperingati hari orangtua, masyarakat Korea akan mengenakan bunga carnation berwarna merah atau pink. Di Polandia, bunga carnation biasanya diberikan pada perempuan setiap perayaan Hari Perempuan.

Tradisi pelaksanaan ujian di Universitas Oxford. Terlihat di gambar menggunakan carnation pink yang berarti mahasiswa sedang melaksakan ujian pertengahan.

Di Universitas Oxford, bunga carnation biasa digunakan di saat sedang melaksanakan ujian. Bunga carnation putih untuk ujian pertama, bunga carnation pink untuk ujian yang berada di tengah-tengah, bunga carnation merah untuk ujian yang terakhir.

Itulah beberapa arti dan makna bunga carnation. Setiap daerah memiliki simbol, makna, dan mitosnya tersendiri mengenai bunga carnation. Hal itu lazim terjadi karena bunga carnation yang sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Wah, menarik sekali ya… Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda 🙂

Untuk informasi mengenai produk yang tersedia bisa langsung kunjungi di website kami bibitbunga.com.

Baca juga artikel mengenai cara menanam bunga carnation.