GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Arti dan Makna Bunga Tulip Berdasarkan Warna

Saturday, November 26th 2016.
Suka? Bagi ke Teman Yuk!

Bunga tulip merupakan salah satu bunga yang paling banyak mendapat perhatian dunia. Padahal jika diperhatikan, bentuk bunga tulip sangatlah sederhana, hanya berbentuk kuncup bunga yang belum mekar sempurna dan tumbuh tegak ke atas. Namun yang menarik adalah, bunga ini hadir dalam berbagai warna-warni yang kontras dengan batang dan daunnya. Mungkin sudah menjadi pengetahuan umum jika bunga tulip atau Tulipa sp adalah salah satu icon negara Belanda yang sangat mendunia.

Setiap tahunnya banyak wisatawan dari berbagai belahan dunia yang sengaja bertandang ke negri kincir angin tersebut untuk menyaksikan langsung hamparan bunga tulip yang bermekaran. Di belanda, yaitu di kota Keukenhof, setiap tahunnya diadakan festifal bunga tulip. Di kota itulah para wisatawan berkumpul untuk menyaksikan secara langsung limpahan bunga tulip. Padahal perlu diketahui, bahwa bunga tulip sebenarnya bukan berasal dari Belanda, melainkan dari kawasan Asia Tengah, yaitu Turki. Orang-orang Turki lah yang membawa bunga tulip masuk ke Belanda. Kata “tulip” sendiri berasal dari bahasa Turki yang artinya “sorban”, semacam kain yang dililit untuk menutupi kepala. Namun tidak dapat dipungkiri juga bahwa keahlian Belanda dalam mengembangkan dan membudidayakan bunga tersebut juga termasuk usaha yang patut diacungi jempol.

Bunga cantik berumbi ini hadir dalam berbagai warna-warni yang luar biasa mengagumkan. Seperti bunga mawar, lily, krisan ataupun daisy, bunga lily juga mempunyai arti dan maknanya sendiri. Karena bunga banyak dimanfaatkan sebagai media untuk mewakili atau mengungkapkan perasaan, Anda bisa memanfaatkan kecantikan bunga tulip ini untuk mewakili perasaan Anda. Tapi tunggu dulu, beda warna, beda makna. Jangan sampai salah beri warna, bisa-bisa tujuannya tidak disalahartikan 😉

Berikut adalah daftar warna bunga tulip beserta arti dan maknanya.

Tulip Ungu

tulip-ungu

Warna ungu selalu terkesan high class. Di dalam cerita Hamlet, drama karangan William Shakespeare, warna ungu banyak digunakan sebagai simbol kebangsawanan. Bisa dilihat dari warnanya yang elegan dan terkesan mahal. Sama halnya dengan tulip ungu. Tulip ungu melambangkan royalti dan kesempuraan. Dari segi makna, di Belanda, orang-orang mengartikan tulip ungu sebagai ungkapan cinta pada pandangan pertama. Jika Anda memberikan tulip ungu pada wanita Belanda, Ia akan berpikiran bahwa Anda menyukainya.

Tulip Merah

tulip-merah

Tulip merah banyak digunakan untuk mengungkapkan perasaan cinta. Cocok dengan kodratnya yang melambangkan kebesaran cinta. Dahulu kala, konon ada seorang pangeran bernama pangeran Farhad. Ia jatuh cinta dengan seorang gadis bernama Shirin. Namun Shirin meninggal dunia. Pangeran Farhad sangat sedih dan putus asa. Ia memilih mengakhiri hidupnya untuk mengikuti gadis pujaannya yang telah mendahuluinya. Akhirnya pangeran Farhad melompat dari tebing. Tetesan darah pangeran Farhad muncul pada tulip merah. Hal inilah yang membuat tulip merah bermakna cinta abadi yang tak kenal pamrih.

Tulip Kuning

tulip-kuning

Tulip kuning sebagai lambang persahabatan. Warnanya yang cerah seperti bunga matahari menggambarkan keceriaan dan keadaan yang berseri-seri. Jika sahabat Anda sakit, coba berikan bunga tulip kuning untuk memberikan keceriaan padanya.

Tulip Merah Muda

tulip-merah-muda

Tulip merah muda atau pink adalah lambang penghargaan dan harapan yang baik. Di belanda, di setiap pertandingan olah raga, kalung bunga yang akan dikalungkan para pemenang berisi rangkaian tulip ungu. Sebagai ungkapan pemberian penghargaan atas kemenangan yang telah diraih. Juga tak jarang dijadikan buket untuk sang pengantin wanita, sebagai doa untuk harapan-harapan yang baik di masa depan.

Tulip Putih

tulip-putih

Penghormatan sekaligus perdamaian adalah simbol dari tulip putih. Di negara kincir angin, dimana sarang dari bunga ini, setiap tamu negara yang bertandang akan disuguhkan tulip putih di meja-meja pertemuan mereka. Hal ini menunjukkan penghormatan kepada tamu agung yang disampaikan dengan kerendahan hati.

Tulip Orange

tulip-orange

Warna orange yang cerah pada bunga tulip melambangkan semangat. Tulip orange cocok diberikan kepada kerabat yang sedang bersedih untuk memberikan semangat agar tetap ceria dan bergembira.

Tulip Biru

tulip-biru

Tulip biru sebenarnya adalah varian tulip putih. Tulip biru melambangkan ketenangan dan perdamaian. Di negara-negara Eropa, para suami biasanya memberikan tulip biru kepada istrinya setelah mereka bertengkar. Hal ini menunjukkan bahwa sang suami mengakui kesalahannya dan ingin berdamai kepada sang istri.

Well.. itulah beberapa arti dan makna yang dimiliki bunga tulip berdasarkan warnanya. Semoga bisa menjadi referensi bagi Anda dalam memilih jenis warna bunga tulip yang ingin diberikan kepada seseorang. Jika ingin menanam bunga tulip, Anda bisa membeli umbi tulip di sini.

Produk terbaru

Rekening Bank

No rek. BCA akan di-SMS bersamaan total tagihan
No. Mandiri akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BNI akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BRI akan di-SMS bersamaan total tagihan

Pengiriman

Diverifikasi oleh:

Temukan Kami di

Alamat Kantor Pusat

Jl. Veteran Selatan, Kel. Mamajang Dalam
Kec. Mamajang, Makassar, kode pos 90135
Sulawesi Selatan, Telp. 082292524892