Arti, Makna, dan Fakta Menarik Bunga Peony

Jika sebelumnya saya telah membahas tentang cara menanam bunga peony, kali ini saya akan mengungkapkan fakta-fakta menarik serta makna dari bunga peony, salah satu tanaman bunga paling favorit.

Bicara soal keindahan, bunga memang memiliki karakteristik tersendiri serta daya pikatnya tidak ada habisnya. Namun ternyata selain bunganya yang begitu harum serta menawan hati, peony ternyata mempunyai manfaat bagi kesehatan manusia. Apa saja itu? Simak manfaat dari bunga peony di bawah ini.

Manfaat Bunga Peony Bagi Kesehatan dan Kecantikan

say-it-with-peonies

Bicara soal manfaat dari bunga yang biasanya digunakan di acara-acara pernikahan ini, ternyata peony mempunyai beragam manfaat di antaranya:

  1. Akar Tanaman Peony

Di bagian akar tanaman Peony Tiongkok (Paeonia lactiflora), biasanya atau malah sering digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok untuk penghilang rasa sakit, pencegah infeksi, dan penurun panas.

  1. Ekstrak Bunga Peony

Ekstrak dari bunga peony terutama peony putih ternyata memiliki  manfaat dalam membantu mencerahkan serta mengencangkan kulit. Bunga peony dipercaya memiliki zat antiradikal bebas yang mana fungsinya sebagai agen antioksidan. Jadi bagi Anda yang memiliki kulit yang kusam bisa memanfaatkan ekstrak dari bunga peony untuk menambah kecerahan wajah Anda.

Konon katanya menurut masyarakat Tionghoa bunga peony ini memiliki reputasi tinggi dan mendapat julukan sebagai Rajanya Bunga oleh masyarakat di Tiongkok, karena kemampuannya yang membantu mencerahkan kulit yang kusam.

  1. Peony Putih Bagi Para Wanita

peony-putih

Bunga peony yang berwarna putih ditengarai dapat digunakan untuk mengatasi masalah di sekitar organ kewanitaan seperti mengurangi rasa sakit pada gejala menstruasi, memperlancar siklus menstruasi, mengurangi pendarahan saat menstruasi, serta mengatasi gejala menopause. Bunga peony yang dijadikan sebagai pengobatan herbal Tiongkok ini bahkan mampu mengatasi masalah seputar kehamilan seperti misalnya mampu mencegah keguguran dan juga masalah gynecological lain.

Dan untuk mengatasi masalah pada organ kewanitaan seperti keputihan, Anda dapat menggunakan sekitar 4 mg bubuk yang terbuat dari akar peony putih. Cara penyajiannya adalah diseduh sebagai teh sehingga aman dikonsumsi. Coba minum selama 3 kali sehari, semoga dapat menghilangkan keputihan.

Setelah mengetahui berbagai macam manfaat dari peony, selanjutnya kita akan membahas mengenai arti atau makna dari bunga peony ini.

Arti & Makna Bunga Peony, Juga Legendanya

Sebelum membahas mengenai arti atau makna dari bunga peony, sebelumnya saya akan bercerita mengenai legenda atau mitologi Yunani dari bunga peony. Sebenarnya terdapat banyak versi dalam legenda bunga peony ini, salah satunya yaitu Paeon.

Apa atau siapa itu Paeon?

Paeon itu adalah seorang murid, murid dari seorang Dewa Penyembuh dalam Mitologi Yunani yang bernama Asclepius. Paeon ini bukan sembarang murid, dia memiliki kecerdasan yang sangat super. Oleh karena kelebihan yang ia miliki, sang guru yang bernama Asclepius menjadi iri dan berniat akan mencelakakan si Paeon. Untungnya Dewa Zeus mengetahui hal ini lalu menyelamatkan sang murid dengan cara bim mengubahnya menjadi bunga Peony. Dengan begitu selamatlah Paeon dari amukan sang guru, Asclepius.

Kembali kepada arti atau makna dari bunga peony, tidak hanya di China saja, sekarang peony masih tetap menjadi bunga favorit di berbagai negara di dunia. Di China sendiri, bunga peony sangat sering digunakan pada upacara pernikahan karena diyakini memiliki makna dalam urusan cinta, kemakmuran, kebahagiaan, dan juga nasib yang lebih baik. Selain itu, peony juga menjadi lambang dari kehormatan serta kepribadian yang berkelas.

Fakta Menarik dari Bunga Peony

  1. Fakta yang pertama yaitu ternyata si peony sudah dikenal di Eropa saat pasukan Romawi membawanya pada tahun 1200.
  2. Nama lain dari Peony yaitu Mudan, begitulah masyarakat China menyebutnya dan termasuk sebagai simbol bunga nasional sejak tahun 1903.
  3. Catatan mengenai bunga peony telah ditemukan dalam buku-buku botani terbitan pada tahun 1636.
  4. Apabila Anda membiarkan peony selama kurang lebih dua minggu terpapar sinar matahari langsung, daun bunganya akan berubah menjadi warna merah anggur.
  5. Peony dikenal sebagai bunga pengobatan. Di Jepang, peony memiliki nama lain atau sebutan yaitu Ebisugusuri yang berarti obat dari Negara China.
  6. Peony termasuk bunga yang sering digunakan dalam keramik maupun lukisan dari China.

Kami menjual bibit tanaman bunga peony silahkan klik disini. Selain peony, kami juga menjual aneka bibit tanaman bunga lainnya, lihat disini.