GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Arti, Makna dan Kegunaan Bunga Kembang Sepatu (Hibiscus)

Friday, April 21st 2017.
Suka? Bagi ke Teman Yuk!

Anda pasti tidak asing lagi dengan bunga cantik yang satu ini. Tidak hanya tampilannya yang mempesona, bunga kembang sepatu juga mengandung banyak makna-makna yang indah.

Meskipun tampilan bunga ini sama sekali tidak menyerupai sepatu, namun salah satu sumber menyatakan alasan mengapa bunga ini dinamai kembang sepatu karena dulunya di India, bunga ini digunakan sebagai bahan semir sepatu dan pada akhirnya dikenal sebagai bunga kembang sepatu di Indonesia.

Tanaman bunga kembang sepatu (Hibiscus sp.) aslinya berasal dari Asia dan Kepulauan Pasifik, namun ia mampu tumbuh di seluruh dunia dan tersebar lebih dari 200 spesies. Bunganya terdiri dari warna-warna cerah seperti merah, pink, jingga, kuning, putih bahkan ada yang bicolor. Bunga kembang sepatu hadir dengan berbagai ukuran dan warna, dan yang paling menonjol dari bunga ini adalah mahkota bunganya yang besar dan terdiri dari lima tepal dengan kepala benang sari yang nampak sangat jelas.

Baca juga: Cara Menanam Kembang Sepatu Dalam Pot

Arti dan Makna Bunga Kembang Sepatu (Hibiscus)

Dengan tampilannya yang anggun, bunga ini dianggap sangat feminim sehingga biasanya diberikan atau dipakai oleh wanita.

Arti bunga kembang sepatu berbeda-beda tergantung dari budaya tiap-tiap daerah. Kata hibiscus berasal dari bahasa Yunani yakni “hibiskos” yang diberikan oleh Pedanius Dioscorides, salah seorang ahli botani dan penulis di jaman Romawi sekaligus seorang dokter untuk para tentara Romawi.

Bunga kembang sepatu secara tradisional diselipkan di telinga gadis Tahiti dan Hawaii. Jika bunga kembang sepatu dikenakan di belakang telinga kiri artinya wanita tersebut sudah menikah atau sedang menjalin sebuah hubungan. Jika bunga itu dikenakan di sebelah kanan, berarti dia masih lajang atau bersedia secara terbuka untuk sebuah hubungan.

Di Amerika Utara khususnya, kembang sepatu umumnya dikenal sebagai “Rose of Sharon” melambangkan pengantin wanita yang sempurna. Di jaman dulu, memberi kembang sepatu memiliki arti bahwa si pemberi mengakui kecantikan si penerima. Di Cina, bunga ini melambangkan ketenaran dan keindahan baik wanita maupun pria. Kembang sepatu digunakan sebagai persembahan kepada dewi Kali dan Lord Ganesha dalam ibadah Hindu.

Bunga kembang sepatu telah lama digunakan selama berabad-abad sebagai afrodisiak. Wanita Mesir dilarang minum teh yang dibuat dengan ramuan ini karena dikatakan bisa menginduksi perasaan bernafsu. Ramuan dari kembang sepatu bahkan digunakan dalam mantra untuk menarik datangnya cinta.

Kembang sepatu adalah bunga negara Hawaii, bunga ini biasanya dikalungkan pada pejabat negara atau kunjungan para turis. Spesies kembang sepatu juga mewakili beberapa negara lain seperti Hibiscus syriacus dikenal dengan nama mugunghwa adalah bunga nasional Korea Selatan, dan Hibiscus rosa-sinensis adalah bunga nasional Malaysia.

Di Filipina, gumamela (nama lokal untuk kembang sepatu) digunakan oleh anak-anak sebagai bagian dari hobi pembuatan gelembung.

Baca juga: Fakta, Arti Dan Makna Bunga Hydrangea (Kembang Bokor)

Makna Bunga Kembang Sepatu (Hibiscus) Berdasarkan Warnanya

Salah satu pemandangan bunga kembang sepatu yang mekar dengan cantiknya.

Bunga kembang sepatu terdiri dari berbagai warna dan memiliki arti yang berbeda-beda. Berikut makna bunga kembang sepatu berdasarkan warnanya:

Kegunaan bunga kembang sepatu

Bunga kembang sepatu sebagai penambah rasa dan warna pada teh, bisa disajikan dingin maupun hangat.

Bunga ini tidak hanya digemari karena kecantikannya, tapi juga dimanfaatkan pada makanan dan minuman. Teh yang terbuat dari bunga kembang sepatu ini dikenal dengan berbagai nama di banyak negara di seluruh dunia dan disajikan baik panas maupun dingin. Di India dikenal dengan sebutan orhul, bissap (Afrika), agua de jamaica (Meksiko), karkadé (Mesir dan Arab), sorrel (Jamaika), dan soobolo (Ghana).

Baca juga: 10 Manfaat Teh Kembang Sepatu Dan Cara Membuatnya

Teh yang terbuat dari bunga ini dikeringkan dan digunakan dalam pengobatan tradisional yang dianggap mampu meringankan gejala flu dan mengurangi tekanan darah. Namun, banyak hal yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi teh dari bunga ini, wanita hamil dan menyusui dianjurkan tidak mengonsumsinya dan orang yang sedang mengonsumsi obat yang mengandung paracetamol. Spesies Hibiscus cannabinus juga banyak digunakan dalam pembuatan kertas.

Itulah informasi mengenai arti, makna dan kegunaan bunga kembang sepatu. Jika Anda berminat, kami juga menyediakan bibit tanaman bunga kembang sepatu dengan berbagai warna-warna menarik.

Produk terbaru

Rekening Bank

No rek. BCA akan di-SMS bersamaan total tagihan
No. Mandiri akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BNI akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BRI akan di-SMS bersamaan total tagihan

Pengiriman

Diverifikasi oleh:

Temukan Kami di

Alamat Kantor Pusat

Jl. Veteran Selatan, Kel. Mamajang Dalam
Kec. Mamajang, Makassar, kode pos 90135
Sulawesi Selatan, Telp. 082292524892