Belajar Menanam Bunga Gaillardia

Jika Anda mencari tumbuhan yang selalu mekar (masa bermekarnya lama), bunga gaillardia adalah pilihan yang tepat. Gaillardia/bunga selimut (Gaillardia x grandiflora) adalah bunga yang mirip bunga daisy. Bunga gaillardia sangat mengundang kupu-kupu penghisap nektar.

Gaillardia memiliki bunga yang dapat mekar dalam jangka waktu yang lama dan tumbuh lebat.

Tanaman ini memiliki daun berbulu, tipis, dan berwarna hijau keabuan. Bunga mekarnya memiliki mahkota bunga berwarna kuning, anggur merah, oranye, atau warna menyerupai buah persik (peach), atau bisa juga kombinasi warna merah atau oranye dengan kuning. Mahkota bunganya berumbai-rumbai.

Tinggi tanaman ini sekitar 25-30 cm untuk jenis gaillardia yang kerdil, sedangkan untuk jenis gaillardia yang lainnya bisa mencapai tinggi 60-75 cm. Tanaman gaillardia ini adalah tanaman yang sangat mudah dipelihara. Gangguan serangga dan penyakitnya pun sangat sedikit.

Berikut ini adalah beberapa jenis gaillardia yang dapat Anda pilih untuk ditanam di rumah:

Gaillardia x grandiflora:

  1. Gaillardia ‘Matahari Arizona’ tingginya sekitar 20-25 cm. Warna bunganya oranye-merah dan terang.
  2. Gaillardia ‘Terompet’ bentuknya tak biasa. Mahkota bunganya berbentuk terompet warnanya merah dan kuning. Tingginya bisa mencapai 35 cm.
  3. Gaillardia ‘Tokajer’ bunganya berwarna selai jeruk dan ujungnya berwarna persik. Tingginya bisa mencapai 60 cm. Sehingga beberapa jenisnya memerlukan penyangga agar tidak jatuh.
  4. Gaillardia ‘Burgundi’ bunganya sangatlah lebar, sekitar 8 cm. Warna bunganya seperti anggur merah. Tinggi tanamannya bisa mencapai 75 cm.
  5. Gaillardia ‘Jeruk dan Lemon’ jenis ini memiliki bunga yang warnanya jauh lebih lembut dibandingkan jenis yang lain. Tingginya bisa mencapai 60 cm.
Ilustrasi benih gaillardia. Ukurannya kecil dan memiliki bulu-bulu halus.

Cara menanam tanaman gaillardia ini adalah dari biji. Tanamlah biji dalam pot di dalam ruangan. Pindahkan jika tanamannya sudah cukup kuat untuk menerima angin dan terik matahari langsung. Selain menanam di dalam pot, Anda juga bisa menanamnya langsung di atas tanah.

Tanaman gaillardia yang telah tumbuh 2-3 daun siap dipindahkan ke dalam pot yang lebih besar atau bisa juga langsung ditanam di tanah.
  • Bunga Gaillardia membutuhkan sinar matahari yang penuh sepanjang hari. Selain itu, drainasenya pun harus baik agar tanaman bisa tumbuh dengan leluasa. Gaillardia menyukai media tanam berpasir yang tidak kelebihan pupuk. Keasaman pH yang disukainya adalah mendekati netral. Tanaman ini sangat bertoleransi dengan media tanam yang kering.
  • Beri jarak tiap tanaman gaillardia kerdil sekitar 30 cm. Jika Anda menanam jenis yang dapat tumbuh besar, beri jarak sekitar 45 cm setiap tanaman. Jika Anda hendak memindahkannya dari dalam pot ke tanah, gemburkan tanah lalu gali sedalam 30-40 cm. Campurkan kompos setebal 5-10 cm ke dalam lubang. Diameter lubang tanah saat digali sebaiknya dua kali diameter pot. Dengan hati-hati, pindahkan gaillardia Anda dari pot ke tanah. Lalu kubur kembali sisa lubangnya. Tekan-tekan tanah dengan lembut lalu siram.
  • Ujung tanaman yang mati biasanya mengundang banyak bunga baru untuk muncul. Bunga gaillardia umumnya berumur pendek. Siramlah secara teratur. Tanaman ini hanya memiliki sedikit gangguan hama atau penyakit. Berhati-hatilah dengan kumbang penghisap dan serangga (leafhoppers) yang bisa menyebarkan virus menyerupai penyakit bernama ‘aster yellows’. Kontrol serangga menggunakan sabun pembunuh serangga atau gunting tanaman yang terjangkit ‘aster yellows’ ini.
Gillardia dalam pot yang telah berbunga dan tumbuh subur karena perawatan yang tepat.

Itulah sedikit pengetahuan mengenai bunga selimut atau gaillardia ini. Yuk buruan order produk benih Gillardia, dengan klik disini.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.