Benih Bunga Matahari dan Cara Penanamannya

Cara Menanam Benih Bunga Matahari

Ada banyak jenis bunga matahari yang ada di website kami, dan masih banyak ragam jenis lainnya. Untuk bunga matahari tergolong sangat mudah penanamannya, baik disemai di kapas terlebih dahulu atau langsung ingin ditanam di media tanam berupa tanah humus (yang ada pupuk organik/kompos dan sekam nya lebih baik). Yang perlu diperhatikan, kebanyakan bunga matahari tidak membutuhkan tanah yang basah apalagi sampai tergenang. Bunga matahari dapat hidup dengan mudah di tanah dengan kadar air yang rendah sampai sedang. Sehingga dapat dikatakan, kebutuhan air bunga matahari atau sunflower adalah kering sampai sedang (tapi jangan sampai terlalu kering juga lho ya :D).

Walaupun cukup mudah, karena jenis tanaman ini banyak peminatnya dan banyak yang bertanya lebih lanjut, maka pada artikel kali ini kami ingin membahas cara penanaman bunga matahari yang lebih advanced (lebih kompleks, tingkat lanjut dari sekadar disemai di kapas).

Ada dua (2) cara penanaman di tanah yang disarankan terhadap bibit biji bunga matahari (berlaku untuk hampir semua jenis):

1. Penanaman Outdoor (luar ruangan)

Sunflower seed bisa langsung ditanam pada tempat yang diinginkan. Benamkan biji atau benih bunga matahari sedalam maksimum 1,5 cm pada tanah humus yang telah Anda siapkan sebelumnya dan telah dibasahi dengan air. Jarak antara satu penanaman dengan penanaman lainnya disarankan sekitar 45 cm, dan di setiap penanaman boleh ditanam 2 benih / biji sekaligus. Kecambah biasanya akan muncul dalam 14 – 21 hari sejak penyemaian. Ambil tanaman yang tampak tidak terlalu subur atau lemah, bisa juga kemudian ditanam di tempat terpisah. Siram secara teratur.

2. Dalam pot (indoor)

Benamkan biji / benih bunga matahari di tanah dalam pot (media kompos) sedalam antara 1 – 1,5 cm. Siram dengan baik dan letakkan pot pada ruangan yang cukup terkena sinar matahari (partial shade juga bisa) atau bisa juga ditanam di dalam greenhouse jika Anda punya. Secara berkala disarankan untuk menyinari tanaman dengan sinar matahari, dan jika tanaman tumbuh dengan subur / besar bisa dipindahkan ke tanah (outdoor) dengan jarak 45 cm tiap bunganya.

Salah satu kesimpulan yang dapat kita tarik, bunga matahari akan lebih indah dan bagus pertumbuhannya jika ditanam secara outdoor.

Selain bunga matahari, kami juga menyediakan aneka bibit tanaman bunga lainnya, silahkan cek disini.