Berkenalan dengan Si Cantik Petrea, Bunga Rambat dari Meksiko

Tanaman hias petrea memiliki perpaduan yang sangat kontras antara warna ungu lembut dengan daunnya yang kaku berwarna hijau gelap. Sangat cocok dijadikan sebagai tanaman rambat untuk pagar.

Petrea adalah genus tumbuhan hijau abadi (evergreen) yang tumbuh merambat, aslinya berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Karena daunnya memiliki tekstur yang kasar sehingga petrea sering dijuluki sebagai sandpaper vine (amplas rambat).

Petrea pertama kali diperkenalkan di Amerika bagian tropis dan populer sebagai tanaman hias merambat di pagar selama bertahun-tahun. Karena pertumbuhannya merambat sehingga ia membutuhkan penopang seperti pagar rumah. Selain itu, petrea juga cocok dijadikan sebagai tanaman gantung.

Baca juga: Macam-Macam Tanaman Bunga Merambat yang Paling Diminati

Bunga petrea mekar menyerupai bintang dan sangat mempesona karena berkumpul dalam tangkai yang panjang.

Nama Petrea diberikan untuk memperingati Raja Petre pada abad ke-18 yang menjadi terkenal karena koleksi tanamannya yang sangat eksotis. Petrea volubilis adalah spesies yang paling terkenal, volubilis sendiri artinya “melilit”. Salah satu namanya yang paling umum adalah “Fleur de Dieu” yang berarti “Bunga dari Tuhan”. Menurut sebuah legenda, bunga petrea digunakan dalam pengobatan tradisional oleh orang-orang Karibia.

Bunga petrea juga cocok ditanam di samping jendela.

Petrea merupakan salah satu tanaman hias rambat yang paling bebeda dan mencolok dibanding yang lainnya. Bunganya mekar dengan spektakuler menghasilkan gugusan-gugusan bunga dengan panjang lebih dari 1 meter. Petrea bisa menghasilkan 15-30 bunga per gugusan dan akan mekar selama beberapa hari, kemudian perlahan-lahan berubah menjadi abu-abu.

Petrea akan terus mekar dengan tidak terhitung jumlahnya, ia akan terus menghasilkan pucuk-pucuk baru terutama saat kondisi hangat. Masing-masing bunga cenderung menghadap cahaya. Tepal yang berada pada bagian dalam lama-kelamaan akan berjatuhan dan bunga yang sebenarnya yang kita saksikan pada bagian luar akan tetap mekar dengan cantiknya.

Selain ungu, petrea juga memiliki bunga berwarna putih.

Daunnya berbentuk oval cukup lebar (10-15 cm) dengan tulang-tulang daun yang nampak jelas, teksturnya kasar dan kaku bahkan pucuk daun yang baru muncul juga akan tetap kaku dan tidak berwarna hijau segar seperti kebanyakan daun pada umumnya.

Petrea tumbuh dengan baik jika menerima cahaya matahari penuh hingga teduh. Ia lebih menyukai tanah yang lembab hingga sedikit kering.

Sekian perkenalan kita dengan bunga petrea. Jadi tidak ada alasan untuk menolak pesona tanaman ini. Jika berminat untuk menanamnya, kami menyediakan tanaman petrea di sini yang siap mempercantik pagar rumah Anda.