Brussels Sprout – Sayuran Anti Kanker!

brussels-sprout

Jika Anda adalah pecinta sayuran kubis, kale, kembang kol, brokoli, turnip, mustard, atau sayuran-sayuran daun, jenis ini patut Anda perhitungkan. Brussels sprout adalah keluarga sayuran kubis dan brokoli yang dibudidayakan untuk dimakan bagian kubis kecilnya.

sayur-brussels-sprout

Jenis sayuran ini memang belum terlalu sering mampir di telinga orang Indonesia, namun sebaliknya, sangat layak dicoba sebagai salah satu koleksi sayuran unik kami. Restoran dan kafe-kafe rasa-rasanya perlu menyediakan sayuran daun yang memiliki panjang 2.5 sampai 4 cm per buahnya ini, sehingga terlihat sebagai kubis mini atau kubis miniatur 😀

Brussels sprout adalah sayuran yang sangat terkenal di Brussels, Belgium, dan kultivar-kultivar yang ada pada umumnya aslinya berasal dari sana.

Beberapa keunggulan brussels sprout:

  • Salah satu makanan anti kanker jenis sayuran ini sangat baik dikonsumsi karena memiliki gizi khusus yang berguna untuk pencegahan kanker. Selain itu:
  • Meningkatkan sistem detoksifikasi tubuh
  • Kaya akan kandungan antioksidan. Sebagian anti oksidan yang ditemukan dalam brussels sprout jarang ditemukan di sayuran jenis lain.
  • Baik untuk detoksifikasi.
  • Mengatasi peradangan dan mampu menghindari peradangan berlebihan, terutama karena kandungan glucosinolate (secara khusus – glucobrassicin) yang tinggi. Selain itu, ada juga omega-3 fatty acids dan vitamin K yang banyak terkandung dalam sayuran ini.
  • Menurunkan kolestrol (makan brussels sprout dengan cara merebusnya lebih baik ketimbang dimakan mentah)
  • Memberikan perlindungan terhadap DNA.

Di bibit bunga.com, kami menyediakan dua (2) jenis benih brussels sprout, yaitu:

  1. Jenis yang diimpor dari Amerika
  2. Brussels sprout Evesham Special (produk unggulan dari brand Mr. Fothergills)

Selamat mencoba dan berkebun! Semoga artikel ini dapat berguna bagi Anda.

Selain tanaman sayur yang ada di atas, kami juga menyediakan aneka bibit tanaman sayuran lainnya silahkan klik disini untuk melihat.