Cara agar Bunga Violces Mekar Terus

Mempunyai aneka macam bunga Violces di rumah tentu saja merupakan suatu kesenangan pribadi bagi pencintanya. Namun, jika bunganya tak kunjung mekar, atau ketika mekar hanya sebentar, kemudian layu, pasti akan menimbulkan ketidakpuasan dan kekecewaan. Di sini akan diberikan sedikit ulasan bagaimana membuat tanaman violces Anda tetap berbunga terus-menerus.

Violces atau African Violet yang ditanam, belum tentu bisa berbunga seperti apa yang diinginkan. Maka dari itu diperlukan beberapa perawatannya
Violces atau African Violet yang ditanam belum tentu bisa berbunga seperti apa yang diinginkan. Maka dari itu diperlukan beberapa perawatannya

Sebenarnya hal itu tergantung bagaimana cara merawat dan memberikan keinginan dari tanaman itu sendiri. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca penjelasannya di bawah ini:

Kelembaban dan temperatur udara

Perlu diketahui bahwa bunga violces tidak akan mekar jika kelembabanya rendah. Dibutuhkan 50% kelembaban agar bunganya bisa terpancing mekar. Sementara itu, temperatur atau suhu yang disukai violces adalah 55-65 derajat.

Untuk meningkatkan kelembaban tanaman, sebaiknya menggunakan pot yang terbuat dari tanah liat. Tanah liat akan mudah menyerap kandungan air kemudian mengeluarkannya melalui kelembaban tanah melalui proses evaporasi. Selain itu, meningkatkan kelembaban udara juga bisa dilakukan dengan menggunakan kerikil. Caranya, pot didudukkan pada lapisan cawan atau baki yang berisi kerikil, jadi ketika bunganya disiram dari atas, airnya akan jatuh ke kerikil-kerikil tersebut, dan menghasilkan udara yang lembab dari proses penguapan yang terjadi.

Penyiraman dan pemupukan

Agar violces bisa berbunga, dibutuhkan cara atau teknik penyiraman yang benar. Penyiraman bisa dilakukan dengan dua cara, penyiraman dari atas dan dari bawah. Penyiraman dari bawah terbilang mudah karena hanya menyiapkan wadah lapisan seperti, piringan atau baki yang berisi air seukuran 1 inci. Pot didudukkan pada wadah tersebut dan dibiarkan menyerap air selama 30 menit. Hal ini cukup untuk membuat tanah menjadi tetap lembab.
Pemupukan dilakukan sewajarnya menggunakan pupuk kompos atau NPK seminggu sekali. Biasa ditabur di tanah atau dilarutkan dalam air.

Mandikan daun seminggu sekali

Agar daun terhindar dari debu dan serangan hama, seperti kutu daun dan laba-laba merah, maka daun perlu dimandikan dengan menggunakan air hangat. Setelah itu, tanaman akan terkena sinar matahari hingga daun-daunnya kembali kering(kembali ke keadaan normal). Perlu diketahui bahwa bercak daun akan timbul jika temperatur air lebih dingin daripada temperatur udara, jadi untuk menghindarkannya dari kondisi itu, letakkan tanaman di bawah lampu berkelap-kelip bahkan ketika daunnya sudah kering sekalipun. Daun yang sehat akan mengeluarkan gas yang merangsang pertumbuhan bunga.

Daun yang berdebu sebaiknya dibersihkan, dan di mandi menggunakan air hangat.
Daun yang berdebu sebaiknya dibersihkan, dan di mandi menggunakan air hangat.

Singkirkan Hama
Seiring pertumbuhannya, maka pencuri nutrisi seperti tanaman pengganggu akan tumbuh di sekitar tanaman violces. Jika dibiarkan, maka pertumbuhan violces akan terganggu. Dan menghasilkan tanaman violces yang tidak akan berbunga. Salah satu cara menyingkirkan tanaman tersebut adalah dengan memecah tanaman menjadi tanaman baru lagi.

Bunga Violces menyukai sinar matahari
Bunga Violces tidak menyukai cahaya matahari terik  yang terpapar langsung. Bunga ini lebih menyukai sinar matahari ditempat teduh seperti ditepi jendela kaca dalam rumah.

Membuat tanaman violces yang mekar

Ketika sudah tumbuh lebat, maka tanaman yang berukuran besar bisa dipisah dan ditanam pada pot yang berukuran lebih besar lagi. Dan untuk memperbanyak, bisa dilakukan dengan cara menancapkan batang daunnya pada tanah. Tanah yang digunakan adalah tanah berpasir yang basah. Untuk memberi kelembaban udara yang cukup, maka bisa bungkus dengan plastik bening.

eee
Bayi daun yang muncul harus dipisahkan dari daun induknya. Hal ini bertujuan agar daun baru yang lahir tidak sesak pernapasannya.

Setelah 2 sampai 3 bulan berlalu, maka daun-daun kecil akan mulai bermunculan. Kemudian pisahkan daun-daun kecil itu dari induk daunnya. Tanam secara individual pada pot lain dengan kedalaman 2-3 inci di dalam tanah. Ketika sudah berumur 6 sampai 9 bulan, maka violces akan berbunga rimbun dan mekar bersamaan.

Anda bisa langsung memajangnya di dalam ruangan rumah Anda. Untuk lebih jelasnya, pelajari juga cara menanam violces di dalam ruangan (indoor) yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya. Bisa dikombinaksikan dengan dekorasi pot yang cantik agar terlihat lebih menarik. Untuk membuatnya tetap mekar, maka lakukan perlakuan dan perawatan yang telah dijelaskan di atas.

Perbanyakan tanaman yang sukses akan menghasilkan tanaman violces yan
Perbanyakan tanaman yang sukses akan menghasilkan tanaman violces yang subur dan mekar sempurna.

Anda tertarik untuk memiliki tanaman bunga violces? Lihat yuk aneka koleksi tanaman hias bunga violces kami disini.