Cara Agar Mawar Potong Tidak Cepat Layu

mawar-potong-pink-muda

Siapa yang tidak mengenal bunga mawar? Bunga ini banyak digilai kaum wanita karena keindahan juga aromanya yang menggoda. Mawar mempunyai aneka macam warna yang masing-masing warnanya mempunyai makna mendalam dan menjadi media favorit dalam tren “say it with flowers“, hal itulah yang membuatnya semakin menarik. Selain diandalkan sebagai sang ratu bunga di taman, bunga mawar juga populer digunakan sebagai bunga potong. Kepopuleran mawar potong ini tidak di pertanyakan lagi mengingat tingginya permintaan bunga mawar potong di semua florist shop setiap tahunnya, terutama menjelang hari kasih sayang atau valentine days.

Mawar potong biasanya dirangkai menjadi buket dan diberikan kepada orang terkasih. Juga banyak ditata dalam vas bening dan dijadikan dekorasi indoor di rumah, hotel, restoran ataupun perkantoran. Bunganya yang cantik tentu saja menjadi alasan utama mengapa bunga ini begitu digemari. Namun kekecewaan kerap melanda saat Anda tidak dapat menikmati keindahan mawar potong berlama-lama, biasanya mawar potong yang diletakkan pada vas bening dan diisi air, sudah akan layu keesokan harinya. Untuk menjaga kesegaran mawar potong agar tidak cepat layu sebenarnya harus dimulai dari teknik pemotongan yang benar. Setelah itu, masih perlu dilakukan treatment-treatment khusus. Di bawah ini akan diberikan cara atau tehnik pemotongan hingga perawatan mawar potong agar tidak cepat layu. Silahkan disimak.

  • Sebelum pemotongan, rumpun tanaman mawar sebaiknya disiram dengan air bersih dimalam harinya. Kemudian pemotongan dilakukan sepagi mungkin saat udara masih sejuk-sejuknya. Gunting tangkai mawar dengan kemiringan 45 derajat menggunakan gunting tajam dan steril khusus tanaman. Agar bunganya tidak layu, setelah pemotongan segera rendam tangkai mawar dengan menggunakan air bersih di dalam ember berukuran sedang.
  • Simpan bunga mawar potong dalam suhu normal serta konstan. Suhu terbaik untuk menyimpan mawar potong adalah 7 – 10 derajat, jangan melebihi suhu 17 derajat. Selama ini banyak yang salah menganggap bahwa dengan menyimpannya di dalam lemari pendingin, maka bunganya akan tahan lama, anggapan tersebut sangatlah salah karena perlakuan seperti justru akan membuat bunga mawar lebih cepat layu akibat perubahan suhu yang sangat drastis.
  • Bunga mawar yang telah dipotong harus dihindarkan dari paparan sinar matahari langsung. Bunga yang baru saja dipotong dan terkena cahaya matahari langsung akan cepat layu dan membusuk.
  • Perlakuan terhadap bunga mawar potong yang kerap dilakukan dan ternyata salah adalah menyemprotkan air pada bunganya. Hal ini tidak perlu Anda lakukan, tangkai mawar bagian bawah akan sangat mudah menyerap air, jadi untuk menjaga kesegarannya, Anda hanya perlu memotong tangkai bawah mawar tersebut dengan ukuran 1 cm disetiap harinya. Dengan begitu, kebutuhan air mawar potong Anda tetap dapat terpenuhi.
  • Kemudian yang terakhir adalah mengatur ketinggian air di dalam vas bunga. Ketinggian air dalam vas juga sangat berpengaruh untuk mempertahankan kesegaran bunga mawar. Perlu diketahui bahwa Anda hanya dapat mengisi vas bunga dengan air setinggi 2 cm dari tangkai paling bawah. Jika pengisian air pada vas bunga berlebihan, maka bunganya akan cepat layu dan membusuk. Kemudian, jangan lupa untuk mengganti air dalam vas setiap dua hari sekali atau lebih untuk menjauhi pertumbuhan bakteri.

Demikianlah cara agar mawar potong tidak cepat layu. Secara umum, cara mempertahankan bunga potong telah kami bahas pada artikel yang lalu. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat, silahkan dicoba untuk membuat mawar potong Anda tahan lama dan lebih awet.

Tersedia aneka tanaman bunga mawar disini.