GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Cara Budidaya Tanaman Hias Yang Baik dan Benar

Wednesday, October 26th 2016.
Suka? Bagi ke Teman Yuk!

Menanam tanaman hias di pekarangan rumah memang membuat suasana rumah menjadi lebih sejuk dan nyaman. Aneka jenis tanaman hias tidak hanya dapat ditanam di pekarangan rumah saja, bahkan Anda yang ingin menikmati keindahan tanaman hias ini dapat menanamnya di dalam ruangan sekalipun. Tanaman horticultural ini ditanam sebagai hiasan dan untuk dinikmati keindahan baik bunga, daun, buah ataupun batangnya. Cara membudidayakan tanaman hias yang baik dan benar dapat dijadikan pedoman umum dalam membudidayakan aneka ragam tanaman hias.

Penanaamn tanaman hias harus dilakukan dengan benar agar tanamannya tetap tumbuh subur. Penanaman yang salah tidak akan memberikan tampilan tanaman hias yang indah, bahkan bisa saja mati atau tidak tumbuh sama sekali.

Penanaamn tanaman hias harus dilakukan dengan benar agar tanamannya tetap tumbuh subur. Penanaman yang salah tidak akan memberikan tampilan tanaman hias yang indah, bahkan bisa saja mati atau tidak tumbuh sama sekali.

Tanaman hias ini tidak hanya dapat membuat rumah Anda sejuk, tetapi Anda dapat menjadikan bisnis tanaman hias sebagai mata pencaharian yang menghasilkan keuntungan cukup menggiurkan. Untuk Anda yang berminat untuk membudidayakan tanaman hias sebagai ladang rupiah, Anda setidaknya perlu mengetahui cara budidaya tanaman yang baik dan benar agar bisnis Anda lancar serta tidak macet di tengah jalan. Maka dari itu kali ini kami akan sampaikan beberapa tahapan yang benar untuk dapat membudidayakan tanaman hias. Untuk pembahasan selengkapnya simak ulasannya berikut ini.

Tahap Persiapan Dalam Membudidayakan Tanaman Hias

Tahap pertama yang dapat Anda lakukan untuk dapat membudidayakan tanaman hias adalah mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan. Kebutuhan dalam membudidayakan tanaman hias ini meliputi pemilihan tanaman hias yang hendak dibudidayakan, peralatan dan perlengkapan untuk menanam serta merawat tanaman hias tersebut.

Memilih jenis tanaman hias

Aneka tanaman hias yang banyak digandrungi para pecinta bunga.

Aneka tanaman hias yang banyak digandrungi para pecinta bunga.

Pemilihan jenis tanaman hias yang akan dibudidayakan sangat penting, sebab setiap tanaman hias memerlukan perawatan dan kebutuhan masing-masing. Jenis tanaman hias sebenarnya sangat beragam, hanya saja Anda dapat memilih satu atau beberapa jenis tanaman hias saja untuk dibudidayakan. Ada beberapa tanaman hias yang memiliki potensi bisnis yang cukup besar, misalnya bunga anggrek, bunga krisan, dan masih banyak lagi. Pemilihan tanaman ini dapat disesuaikan dengan kesukaan Anda, sebab dapat merangsang Anda untuk melakukan perawatan lebih maksimal terhadap tanaman hias tersebut.

Persiapan peralatan dan media tanam

Peralatan yang perlu disediakan untuk membudidayakan tanaman hias ini cukup sederhana, mulai dari pot (ukuran disesuaikan dengan jenis tanaman hias), sekop kecil, semprotan air, tanah atau media tanam lainnya (sesuai jenis tanaman hias), dan juga pupuk kompos. Selain peralatan di atas, Anda juga perlu memastikan ketersediaan air yang cukup untuk menyiram tanaman hias Anda.

Tahap penanaman tanaman hias

Tahap penanaman tanaman hias memang tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Maka dari itu Anda perlu memperhatikan pula jenis tanamannya, sebab setiap tanaman hias memiliki cara penanaman masing-masing. Hanya saja secara umum, Anda dapat menanam tanaman hias pada tempat yang telah disediakan.

  1. Langkah pertama, siapkan pot beserta media tanam yang telah disediakan. Untuk tanaman yang menggunakan tanah sebagai media tanamnya, Anda perlu mencampurkannya dengan pupuk kompos. Hal ini tentunya dimaksudkan agar tanah tersebut memiliki kandungan mineral dan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan tanaman hias. Pembuatan media tanam sebaiknya dilakukan beberapa hari sebelum penanaman tanaman hias. Tujuannya agar kandungan dalam pupuk kompos dapat terserap sempurna dalam tanah.
  2. Setelah media tanam siap untuk ditanami, Anda dapat menanam tanaman hias sesuai jenis tanamannya. Ada tanaman hias yang dapat ditanam dari bijinya, ada yang berupa anakan, dan masih banyak lagi. Jika tanaman hias menggunakan biji sebagai bibitnya, Anda juga perlu memperhatikan proses penyemaiannya agar bibit yang dihasilkan berkualitas. Ketika bibit tanaman hias sudah siap tanam, Anda dapat langsung memasukkan tanaman pada media tanam dalam pot. Kemudian siramlah dengan air secukupnya. Dalam beberapa hari masa penanaman awal ini, Anda perlu memastikan bahwa kebutuhan air tanaman hias tercukupi agar bibit dapat tumbuh dengan baik.

Perawatan untuk tanaman hias

Setelah bibit tanaman hias yang Anda tanam dapat hidup dengan baik, Anda dapat melanjutkannya dengan perawatan intensif. Perawatan untuk menjaga kelangsungan hidup tanaman hias ini antara lain:

Tanaman hias yang tumbuh perlu diberikan perawatan agar bunga yang dihasilkan lebih indah.

Tanaman hias yang tumbuh perlu diberikan perawatan agar bunga yang dihasilkan lebih indah.

  • Penyiraman rutin. Tanaman hias dapat disiram secara rutin setiap hari untuk menjaga kebutuhan air tanaman hias dalam berfotosintesis. Intensitas penyiraman ini juga perlu disesuaikan dengan masing-masing jenis tanaman.
  • Pemupukan. Pupuk dapat diberikan pada tanaman hias untuk membantu pertumbuhan tanaman hias. Anda dapat menggunakan pupuk kompos ataupun pupuk buatan pabrik sesuai kebutuhan
  • Pemberian pestisida dan insekstisida. Tanaman hias juga dapat terserang hama dan penyakit, sehingga Anda perlu memberikan pestisida atau insektisida sesuai dengan jenis hama atau penyakit yang menyerang tanaman hias tersebut.

Demikianlah beberapa cara membudidayakan tanaman hias yang baik dan benar. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda sekalian.

Produk terbaru

Rp 20.000
Rp 42.500
Rp 8.000

Rekening Bank

No rek. BCA akan di-SMS bersamaan total tagihan
No. Mandiri akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BNI akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BRI akan di-SMS bersamaan total tagihan

Pengiriman

Diverifikasi oleh:

Temukan Kami di

Alamat Kantor Pusat

Jl. Veteran Selatan, Kel. Mamajang Dalam
Kec. Mamajang, Makassar, kode pos 90135
Sulawesi Selatan, Telp. 082292524892