Cara Cepat Menanam Lengkuas Di Pot

Cara menanam lengkuas dalam pot atau polybag sangatlah mudah, begitupun dengan perawatannya yang simpel dan tidak merepotkan, bisa menjadi kegiatan sampingan di rumah yang menguntungkan. Sebagaimana yang kita ketahui, lengkuas atau yang oleh masyarakat Jawa disebut dengan laos merupakan sebuah jenis tanaman rimpang yang dapat tumbuh di dataran tinggi maupun dataran rendah. Di Indonesia sendiri yang sejatinya merupakan negara tropis, tumbuhan lengkuas dapat tumbuh subur di penjuru negeri. Oleh masyarakat Indonesia, tanaman lengkuas ini lebih dikenal sebagai tanaman bumbu dapur, baunya yang khas, membuat masakan nusantara lebih sedap dan menggugah selera makan. Selain dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, lengkuas juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan.

Salah satu cara membudidayakan tanaman lengkuas adalah dengan menanamnya di dalam pot/polybag. Penanaman dan perawatannya sangatlah mudah.
Salah satu cara membudidayakan tanaman lengkuas adalah dengan menanamnya di dalam pot/polybag. Penanaman dan perawatannya sangatlah mudah.

Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan

Selain digunakan sebagai bumbu masakan, lengkuas juga kerap kali digunakan sebagai obat herbal karena keragaman khasiatnya. Terdapat beberapa kandungan kimia yang terdapat dalam lengkuas yang antara lain adalah minyak terbang, minyak atsiri, eugenol, seskuiterpen, metil sinamat, pinen, galangan, kaemferida, galanol dan kristal kuning, selain itu lengkuas juga memiliki sifat anti jamur dan anti kembung. Dalam pengobatan herbal, lengkuas dikenal dapat mengobati beragam penyakit seperti menurunkan penyakit rematik, menurunkan demam, mencegah peradangan mulut, mengobati sakit limpa, bronkhitis, morbili, jamur kulit, panu serta mencegah penuaan dini dan mencegah resiko penyakit kanker. Manfaat dan khasiat lengkuas bagi kesehatan tubuh bisa Anda baca ulasan lengkapnya disini.

Jenis-jenis Lengkuas

Ada 2 jenis tumbuhan lengkuas yang dikenal oleh masyarakat yakni lengkuas putih dan lengkuas merah. Lengkuas putih inilah yang dikenal sebagai penyedap masakan, sedangkan untuk obat, lengkuas merah lebih banyak dimanfaatkan. Permintaan masyarakat akan kedua jenis lengkuas ini cukup stabil dan tidak menurun, sehingga dapat dikatakan budidaya tanaman rimpang jenis lengkuas ini memiliki prospek usaha yang cukup bagus, terutama untuk rimpang merah yang semakin populer dengan khasiatnya sebagai tanaman obat.

Lengkuas merah
Lengkuas merah yang digunakan sebagai tanaman obat.

 

Lengkuas putih yang umum digunakan sebagai bumbu dapur.
Lengkuas putih yang umum digunakan sebagai bumbu dapur.

Budidaya Lengkuas

Tidak sedikit orang yang melirik membudidayakan berbagai jenis rimpang, termasuk lengkuas karena selain sangat mudah dalam perawatan, juga mampu memberikan keuntungan yang tidak sedikit. Untuk dapat membudidayakan tanaman berumpun ini tidak harus membutuhkan lahan luas, karena budidaya lengkuas juga dapat dilakukan dalam pot atau polybag. Jika anda tertarik untuk membudidayakan tanaman ini di rumah, anda dapat menggunakan pot untuk tempat penanaman. Anda tertarik untuk mencobanya? Berikut cara membudidayakan tanaman lengkuas yang dapat anda coba di rumah.

Bagaimana Cara Menanam Lengkuas Di Pot?

Cara menanam lengkuas di dalam pot atau polybag tidaklah susah, karena tanaman ini memang sangat mudah tumbuh dan berkembang. Berikut beberapa langkah yang dapat anda lakukan untuk menanam lengkuas dalam pot atau polybag.

1. Pembibitan

  • Pemilihan bibit

Langkah pertama yang dilakukan untuk membudidayakan tanaman lengkuas adalah memilih bibit lengkuas. Pemilihan bibit ini harus memenuhi beberapa syarat yang antara lain bibit harus berasal dari tanaman induk yang sudah tua serta bebas dari hama dan penyakit. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan hasil lengkuas yang berkualitas. Untuk itu pilihlah bibit langsung dari kebun, ambil dari tanaman induk yang sudah berusia 9-10 bulan dan pastikan permukaan bibit tidak lecet. Itulah beberapa syarat bibit yang harus anda penuhi.

  • Penyemaian

Sebelum ditanam di media tanam, bibit lengkuas harus disemai terlebih dahulu. Penyemaian dapat dilakukan di dalam peti kayu, dengan cara sebagai berikut:

  1. Jemur bibit terlebih dahulu, namun jangan sampai terlalu kering, dan simpan kurang lebih 1-1,5 bulan.
  2. Patahkan bibit lengkuas menjadi kurang lebih 4 bagian dengan masing-masing potong memiliki 3-4 mata tunas, selanjutnya jemur kembali selama 1 hari.
  3. Masukkan bibit yang sudah siap ke dalam karung anyaman, dan celumpak ke dalam larutan fungsida selama 1 menit.
  4. Setelah kering masukkan bibit tanaman ke dalam peti. Lapisan bibit berada di lapisan yang paling bawah, selanjutnya abu sekam begitu seterusnya. Diamkan selama 2-4 minggu.

2. Penyiapan pot atau polybag sebagai tempat tanam

Langkah ketiga yang harus disiapkan adalah tempat tanam, karena kita akan menggunakan polybag atau pot, maka yang harus anda siapkan antara lain adalah pot atau polybag, tanah, pupuk kandang dan pupuk kompos dengan perbandingan 1:1:1. Campur semua bahan hingga tercampur rata. Selanjutnya masukkan media tanam ini ke dalam pot atau polybag yang berukuran sedang hingga 3/4 bagian. Letakkan polybag di tempat yang teduh namun terkena sinar matahari, diamkan media tanam ini selama 1 minggu sebelum siap ditanami.

3. Penanaman

Setelah bibit lengkuas sudah ditumbuhi tunas baru, selanjutnya proses penanaman mulai dapat dilakukan. Lubangi polybag dengan kedalaman antara 10-15 cm. masukkan 2-3 rimpang untuk setiap polybag dengan posisi tunas menyumbul di atas. Selanjutnya tutup polybag dengan tanah hingga penuh, dan siram secukupnya untuk menghindari pembusukan rimpang.

4. Perawatan

Merawat tanaman lengkuas sangatlah mudah. Untuk mendapatkan hasil panen yang memuaskan, anda hanya cukup melakukan penyiraman dan pemupukan secara teratur. Pemberian pupuk kandang dapat ditambahkan pada tanaman setelah memasuki usia 1 bulan sejak penanaman. Selain itu agar pertumbuhan tanaman tidak terhambat, anda juga harus menyiangi rumput liar yang mengganggu tanaman. Dan tanaman lengkuas ini dapat mulai anda panen setelah berumur 10-11 bulan masa penanaman.

Lengkuas yang sudah tumbuh.
Lengkuas yang sudah tumbuh dan siap dipanen rimpangnya.

Demikianlah rangkaian cara penanaman lengkuas dalam pot atau polybag yang dapat anda coba di rumah. Perawatannya yang sangat mudah, tentu tidak akan membuat anda kerepotan dan dapat anda nikmati hasil panennya, baik untuk konsumsi sendiri maupun untuk kebutuhan ekonomi. Semoga informasi yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan menambah pemahaman anda terkait tanaman lengkuas dan beragam manfaatnya.

Lihat koleksi tanaman lengkuas yang kami jual disini dan klik disini untuk melihat aneka tanaman bumbu dapur lainnya.