3 Cara Membasmi / Mengusir Lalat Buah Secara Alami

Lalat buah yang menghinggapi sayuran dan buah-buahan Anda di rumah dapat dibasmi dengan beberapa cara, salah satunya dengan menggunakan cuka.

Lalat buah yang bersarang di dapur Anda pasti menjadi sesuatu hal yang sangat menjengkelkan. Hama yang satu ini biasanya menghinggapi buah dan sayuran. Hal itu dapat menjadi masalah yang serius karena dapat terkontaminasi dengan peralatan rumah tangga Anda. Lalat buah bisa berkembang biak dengan sangat cepat dan bahkan menghasilkan 500 telur dalam jangka waktu yang singkat. Seluruh siklus hidup dari telur hingga menjadi dewasa hanya memakan waktu sekitar delapan hingga sepuluh hari. Lalat buah dapat bersarang dan bertelur di saluran air seperi wastafel, pembuangan sampah, botol kosong atau kaleng, kantong sampah bahkan pada kain pel.

Baca juga: Cara Mengusir Lalat Buah Dengan Kapur Barus

Untuk menjawab keluhan Anda, tips-tips berikut dapat Anda terapkan di rumah.

1. Menjaga kebersihan

Jangan biarkan buah atau sayuran Anda terjangkit lalat buah. Untungnya ada cara mudah untuk menyingkirkan lalat buah dan mencegahnya datang kembali. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menemukan sumbernya.

  • Pastikan tidak ada piring kotor yang menumpuk di wastafel. Biasakan langsung mencuci piring Anda setelah selesai makan.
  • Pastikan tempat sampah Anda tertutup, setidaknya menutupnya dengan kertas atau koran. Jangan biarkan sampah Anda menumpuk berhari-hari yang membuatnya bau dan lembab.
  • Perhatikan sekeliling rumah Anda terutama bagian dapur dan kamar mandi. Lalat buah menyukai tempat yang lembab dan tergenang air, usahakan menyingkirkan semua benda-benda yang mengundang datangnya lalat buah.

2. Membuat perangkap/jebakan

Metode ini biasanya digunakan oleh orang-orang yang mengandalkan teknik buatan sendiri.

  • Cuka
    Membasmi lalat buah menggunakan cuka sari apel, gula, dan sabun cuci piring.

Yang Anda butuhkan: Cuka sari apel, gula, sabun cuci piring, air, dan sebuah wadah.

Cara membuat: Campurkan 2 sendok makan cuka, 1 sendok makan gula, beberapa tetes sabun cuci piring, dan 1 liter air ke dalam sebuah wadah. Serangga menyukai aroma sari cuka dan ketika menyentuh wadah, mereka akan mati karena campuran cairan sabun. Anda bisa meletakkan wadah perangkap cuka di beberapa bagian rumah Anda agar hasilnya lebih efektif.

  • Buah busuk
Membasmi lalat buah menggunakan buah busuk.

Metode ini memiliki cara kerja yang hampir sama dengan perangkap cuka. Masukkan buah busuk dalam sebuah wadah, tutupi dengan kantong plastik yang telah dilubangi sebelumnya. Lalat buah akan tertarik masuk ke dalam wadah namun susah untuk keluar.

  • Kertas kerucut dan cuka
Membasmi lalat buah menggunakan buah, cuka, dan kertas.

Masukkan sepotong buah yang sudah matang dan tambahkan sedikit cuka ke dalam sebuah toples. Gulung selembar kertas membentuk kerucut dan masukkan dalam toples. Cara ini sangat mudah dan dianggap cukup efektif.

3. Menangkap/membunuh lalat buah

Pestisida nabati yang terbuat dari jeruk nipis telah lama digunakan oleh para pekebun untuk mengusir lalat buah.

Membunuh lalat buah juga merupakan salah satu cara yang paling efektif. Anda juga bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan jeruk nipis.

Yang Anda butuhkan:

  • 5 buah jeruk nipis
  • 20 lembar daun jeruk nipis
  • 1-2 sendok EM4
  • 3 sendok gula pasir
  • 4 liter air

Cara membuat:

Haluskan jeruk nipis bersama daunnya menggunakan blender. Larutkan gula pasir dalam air. Campurkan semua bahan dan aduk hingga rata. Masukkan dalam wadah/jerigen, tutup rapat. Simpan di tempat teduh selama seminggu. Setelah itu, Anda bisa menggunakan larutan tersebut. Campurkan 1 liter air dengan 2 sendok larutan, kemudian semprotkan pada tempat yang biasa dihinggapi lalat buah. Lakukan 2 hari sekali pada pagi atau sore hari.

Baca juga: Cara Membasmi Lalat Buah Pada Tanaman Jeruk

Untuk produk lainnya bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi situs kami di bibitbunga.com.

Itulah cara-cara yang bisa Anda praktikkan di rumah untuk mengusir lalat buah. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba 🙂