GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Cara Membuat Bonsai Beringin

Monday, November 28th 2016.
Suka? Bagi ke Teman Yuk!

Selain bonsai pohon asem, tanaman bonsai populer lainnya dan paling banyak ditemukan menjadi pajangan rumahan adalah bonsai beringin. Alasannya kurang lebih sama dengan pohon asem. Yaitu, mudah dibentuk, mudah tumbuh, tidak gampang mati, tampilan daunnya yang kecil-kecil begitu rimbun sehingga dapat dipangkas dengan mudah untuk dijadikan model yang Anda kehendaki. Biasanya, bentuk dari bonsai ini mempengaruhi nilai jualnya. Semakin unik bentuknya, maka harganya pun akan semakin mahal.

bonsai-beringin

Bonsai beringin.

Para hobbis bonsai saat ini tidak hanya sekedar mengoleksi bonsai dari berbagai tanaman atau bentuk saja, namun mereka sudah maju selangkah lebih depan untuk menyalurkan hobby-nya ini menjadi bisnis yang dapat menghasilkan uang. Mereka bahkan bersaing untuk membuat jenis bonsai terunik dan tercantik untuk menarik perhatian para kolektor bonsai lainnya. Bayangkan saja, satu tanaman bonsai dapat dihargai puluhan hingga ratusan juta rupiah, tentu saja berdasarkan jenisnya. Sungguh peluang bisnis yang menggiurkan bukan?

Bagi Anda yang masih pemula atau mungkin masih amatir tentang tanaman bonsai, juga bisa ikut bersaing jika ingin terjun mengadu nasib pada bisnis bonsai ini. Sebagai permulaan, Anda bisa membuat bonsai beringin. Caranya tidak sulit, dan hasilnya bisa Anda jual nantinya. Adapun cara pembuatannya tentu saja harus dipenuhi dengan beberapa persiapan di bawah ini.

  • Bonggol pohon beringin yang sudah cukup besar. Bonggol yang sudah cukup besar sudah mampu membentuk model atau pola yang diinginkan.
  • Siapkan media tanam. Media tanam berupa pot, sesuaikan ukuran pot dengan bonggol beringin. Isi pot dengan media tanam yang berstruktur padat serta memiliki unsur hara. Yaitu tanah yang dengan sedikit pasir dan batu-batu kecil/kerikil.
  • Kawat stainlesteel dengan ukuran 3 mm.
  • Gunting khusus tanaman.

Setelah semua persiapan sudah lengkap, silahkan ikuti langkah-langkah pembuatannya.

  • Tanamlah bonggol beringin di dalam pot yang telah diisi media tanam sebelumnya.
  • Setelah itu, pembentukan batang dapat dilakukan dengan menggunakan kawat stainlesteel berukuran 3 mm. Proses pembentukan harus dilakukan dengan hati-hati dan jangan sampai membuatnya patah. Caranya lilitkan kawat secara melingkar pada pangkal dahan menuju ujung dahan. Bentuk sesuai dengan keinginan Anda.
Proses pembentukan batang bonsai dengan lilitan kawat.

Proses pembentukan batang bonsai dengan lilitan kawat.

  • Setelah itu, lakukan perawatan terhadap tanaman bonsai Anda. Perawatan berupa pemupukan, penyiraman, pemangkasan dan juga penyiangan.
  • Pemupukan pada tanaman bonsai bisa menggunakan pupuk organik yang dilarutkan bersama air. Sementara itu, penyiraman dilakukan setiap hari dengan menggunakan air bersih. Untuk tampilan yang lebih menarik, berikan lumut pada permukaan media tanam, cara ini juga bisa mencegah tumbuhnya gulma. Jika tidak dengan lumut, maka rutinlah melakukan penyiangan. Bersihkan rumput-rumput liar yang tumbuh di sekitar media tanam. Selanjutnya adalah pemangkasan. Dahan dan daun-daunnya dipangkas secara berkala untuk mendapat tampilan bonsai yang menarik dan rapi.
Pemangkasan pada daun secara berkala dapat mendukung tampilan bonsai yang lebih rapi dan menarik.

Pemangkasan pada daun secara berkala dapat mendukung tampilan bonsai yang lebih rapi dan menarik.

  • Kemudian, saat kawat yang telah dililit untuk membentuk batang sudah tampak tenggelam pada batang, dalam hal ini batangpun sudah ikut terbentu, maka bida dilakukan pembukaan lilitan kawat.
  • Terakhir, jika akar bonsai Anda sudah mulai semrawut atau keluar dari lubang pot, maka perlu dilakukan penggantian pot. Berikan pot beru yang juga berisi media tanam baru agar tanaman bisa mendapatkan unsur hara yang baru lagi. Saat dipindahkan pada pot dengan media tanam yang baru, bonsai beringin biasanya membutuhkan waktu untuk beradaptasi. Berikan waktu selama 2 hingga 3 minggu. Dalam jangka waktu tersebut, jangan berikan pupuk hingga keadaannya pulih. Jangan lupa untuk menempatkan bonsai Anda di tempat yang teduh dan terhindar dari cahaya matahari terik.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, maka Anda akan mendapatkan bonsai beringin yang Anda kehendaki. Akan terlihat sangat cantik saat tanaman bonsai ini menghiasi pekarangan atau kebun mini Anda. Dan jika tujuan awalnya adalah sebagai lahan bisnis, maka silahkan bawa ke toko-toko atau pameran tanaman hias. Semoga bonsai buatan tangan Anda bisa dilirik para kolektor bonsai dan Andapun bisa menerima pundi-pundi uang sebagai balasan dari kerja keras Anda. Fighting! 😀

Produk terbaru

Rp 40.000
Rp 40.000

Rekening Bank

No rek. BCA akan di-SMS bersamaan total tagihan
No. Mandiri akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BNI akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BRI akan di-SMS bersamaan total tagihan

Pengiriman

Diverifikasi oleh:

Temukan Kami di

Alamat Kantor Pusat

Jl. Veteran Selatan, Kel. Mamajang Dalam
Kec. Mamajang, Makassar, kode pos 90135
Sulawesi Selatan, Telp. 082292524892