Cara Membuat Henna Sendiri di Tangan dan Kaki

Saat membicarakan henna tentunya kata yang terlintas adalah pernikahan atau acara penting lainnya. Pasalnya saat ini banyak wanita yang menyukai penggunaan henna. Memang pada umumnya digunakan saat acara penting seperti pernikahan, namun saat ini henna juga sering digunakan oleh para wanita untuk mempercantik diri dalam kegiatan sehari-hari. Seperti untuk mewarnai kuku, mewarnai rambut serta menjaga kesehatan rambut, dan sebagai seni gambar pada tangan ataupun kaki.

Henna identik dengan pesta pernikahan. Khususnya bagi mempelai wanita yang sering menggunakannya untuk menghiasi tangan dan kakinya. Pernikahan orang-orang hindustan di India mempunyai tradisi seperti ini.
Henna identik dengan pesta pernikahan. Khususnya bagi mempelai wanita yang sering menggunakannya untuk menghiasi tangannya dengan berbagai motif. Pernikahan orang-orang hindustan di India mempunyai tradisi seperti ini.
Henna juga bisa digunakan untuk menghiasi kaki.
Henna juga bisa digunakan untuk menghiasi kaki.

Henna ini merupakan sebuah pewarna yang berasal dari tanaman yang memiliki nama latin Lawsonia innermis yang telah dikenal sejak zaman Cleopatra ataupun Neferititi. Tanaman henna ini tergolong sebagai tanaman rumput yang usianya bisa mencapai 1 hingga 2 tahun. Tumbuhan henna atau yang sering disebut sebagai inai ini memiliki daun berwarna hijau dengan jumlah cabang yang cukup banyak. Tanaman henna memang merupakan tanaman merambat. Jenis tanaman henna bisa tumbuh di negara-negara yang beriklim panas, diantaranya wilayah Asia Selatan dan Afrika Utara. Saat ini negara penghasil henna diantaranya terletak di Mesir Sudan, India dan Cina.

Kandungan Dalam Tanaman Henna

Henna yang merupakan tanaman merambat ini bisa dijadikan pewarna pada kulit karena bagian tumbuhan yang dimanfaatkan adalah bagian daun dan bunga. Dalam daun henna ini terdapat unsur glikosida, selain itu juga terdapat unsur yang merupakan molekul lawsone. Dimana kandungan unsur kimianya 2-hydrox-1, 4-naphtoquinone yang merupakan zat yang mampu berperan dalam proses induksi bilogis medis dan juga memberikan pewarna yaitu dengan menambahkan senyawa lainnya.

Tanaman inai atau henna.
Tanaman inai atau henna.

Selain itu, molekul lawsone dari henna ini juga menghasilkan warna merah dan orange yang merupakan protein yang sangat tinggi. Daun tanaman inai atau henna ini juga mengandung henatanin yaitu tannin dan ranin. Selain daun inai juga terdapat bunga yang juga dimanfaatkan karena kandungan minyak yang memiliki aroma yang sangat harum. Selain itu juga terdapat kandungan vitamin A, B dan juga ionone.

Manfaat Inai / Henna

Henna telah menjadi tumbuhan yang memiliki banyak khasiat dari penggunaannya. Dimana tumbuhan ini jika digunakan tidak akan menimbulkan efek samping. Hal tersebut telah terbukti telah digunakan pada zaman dahulu oleh warga India dan Pakistan pada upacara keagamaan. Selain itu di Afrika juga digunakan untuk perempuan yang menikah dan hamil. Nah saat ini banyak sekali manfaat henna yang bisa digunakan oleh manusia diantaranya adalah:

Manfaat Henna Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Rambut

  • Mampu mencegah tumbuhnya uban.
  • Mampu menyehatkan dan melembabkan rambut.
  • Dapat meluruskan dan menebalkan rambut.
  • Mampu mencegah kerontokan rambut dan ketombe.
  • Tidak menimbulkan efek samping dan tidak mengandung bahan kimia.

Manfaat Henna Dalam Dunia Medis

  • Sebagai obat luka bakar.
  • Sebagai obat gangguan sariawan, dengan menghaluskan daun henna kemudian diletakkan di perban, kemudian diletakkan pada luka atau sariawan.
  • Sebagai obat penyakit tumor dan iritasi kulit (cacar).
  • Sebagai antibiotic.

Manfaat Henna Untuk Kecantikan dan Kuku

  • Mampu memberi warna alami pada kuku.
Henna untuk mewarnai kuku.
Henna untuk mewarnai kuku.
  • Mampu menguatkan kuku dengan kandungan protein yaitu keratin.
  • Mampu melindungi kuku dari pertumbuhan jamur yang tidak diinginkan.
  • Sebagai penghias tangan ataupun kaki pada berbagai acara.

Cara Penggunaan Henna

Terdapat dua jenis henna yang dengan mudah Anda dapatkan di pasaran. Salah satunya adalah jenis henna dengan bentuk pasta. Henna pasta ini dikemas dengan tube yang mana bagian tutupnya di buat runcing. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan saat akan penggunaan, apalagi untuk penggunaan art henna pada tangan yang sering di gunakan oleh wanita saat melakukan pernikahan. Caranya cukup simple siapkan tangan yang telah bersih, kemudian gambari tangan Anda dengan henna sesuai design atau pola gambar yang Anda inginkan.

Cara menggunakan henna
Cara menggunakan henna bentuk pasta sangat praktis karena wadahnya sudah dirancang sedemikian rupa agar mempermudah penggunaannya.

Selanjutnya diamkan henna yang telah digambar di tangan selama kurang lebih 2 jam, atau usahakan menunggu henna hingga mengelupas dengan sendirinya. Dengan demikian hasil yang didapatkan akan lebih tahan lama dan tebal. Namun bisa juga setelah 2 jam langsung dibilas dengan air, sebaiknya menghindari penggunaan sabun untuk mencuci henna tersebut.

Penggunaan henna bubuk harus dicairkan dulu dengan mencampurkannya dengan sedikit air hangat hingga membentuk henna yang kental.
Penggunaan henna bubuk harus dicampurkan dengan sedikit air hangat hingga membentuk henna yang kental.

Selain henna pasta, terdapat henna bubuk yang biasanya digunakan untuk perawatan rambut ataupun kuku. Nah, untuk menggunakan henna bubuk Anda hanya perlu melarutkannya dengan air. Kekentalan henna tersebut bisa Anda atur dengan penambahan air dengan jumlah yang banyak ataupun sedikit. Ketika Anda ingin menggunakan henna yang praktis, sebaiknya menggunakan henna pasta yang mudah penggunaannya dengan kemasan yang telah didesain secara khusus.

Temukan berbagai macam tanaman obat lainnya disini.