Cara Membuat Jus Kulit Manggis

Mungkin anda penggemar minuman olahan buah-buahan seperti jus? Jus adalah cairan alami yang terdapat di dalam buah-buahan. Mengkonsumsi jus sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena di dalam jus terdapat sari atau ekstrak alami buah dengan sejuta manfaatnya yang dapat dikonsumsi langsung. Salah satu jus yang sangat banyak diminati belakangan ini adalah jus kulit manggis.

Jus kulit manggis menjadi minuman fenomenal berkhasiat yang banyak digandrungi saat ini.
Jus kulit manggis menjadi minuman fenomenal berkhasiat yang banyak digandrungi masyarakat saat ini.

Telah diketahui bahwa khasiat dan manfaat kulit manggis bagi kesehatan sangat beragam, seperti berperan sebagai antikanker, anti-inflamasi, meningkatkan antibodi, dan masih banyak lagi, maka orang-orang berlomba untuk mendapatkan ekstrak kulit manggis agar memperoleh kesehatannya. Mendapatkan ekstraknya tidak serta merta dengan memakan kulitnya langsung sebagaimana buahnya yang dapat dimakan langsung. Terlebih karena rasanya yang pahit juga kulitnya yang bergetah.

Sebenarnya sudah banyak beredar produk-produk olahan ekstrak kulit manggis, namun beberapa terjual dengan harga yang mahal. Jadi pada artikel ini akan dibahas bagaimana cara mendapatkan ekstrak kulit manggis dengan cukup mudah. Anda bisa melakukannya sendiri dengan mengolahnya menjadi jus. Adapun caranya adalah dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  • Pertama-tama dengan menyiapkan beberapa potong kulit manggis. Biasanya untuk porsi satu orang bisa mengambil 2 sampai 4 buah manggis dan ambil kulitnya. Sebaiknya memilih kulit buah manggis yang bagus dalam artian tidak busuk.
Sebaiknya memilih kulit buah manggis yang masih bagus dan segar. Terlihat dari kulit daging dalamnya yang berwarna merah keunguan.
Sebaiknya memilih kulit buah manggis yang masih bagus dan segar. Terlihat dari kulit daging dalamnya yang berwarna merah keunguan.
  • Setelah itu bersihkan kulit manggisnya dengan cara mencucinya menggunakan air bersih. Selanjutnya ambil sendok kecil dan keroklah daging kulit bagian dalamnya. Yang diambil hanya kulit bagian dalamnya karena kulit bagian luarnya yang berwarna ungu pekat mengandung getah yang banyak. Karena rasanya sangat sepat dan pahit.
  • Selanjutnya rebuslah hasil kerokan daging kulit bagian dalam tadi ke dalam air secukupnya. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan rasa pahit dan sepat yang masih menempel.
  • Jika selesai merebusnya, tiriskan sebentar agar agak dingin. Lalu masukkan ke dalam blender. Untuk mendapatkan rasa yang enak, anda bisa mencampurkan beberapa sendok madu dan gula aren. Boleh juga ditambah potongan-potongan buah lain menurut selera anda. Berikan air putih secukupnya dan blenderlah hingga halus.
  • Tidak menghabiskan banyak waktu, jus kulit manggis sudah siap dikonsumsi.
Selain kulit manggis basah, jus sehat dan nikmat juga bisa diperoleh dari olahan kulit manggis kering yang dicampur dengan buah-buahan lainnya.
Selain kulit manggis basah, jus sehat dan nikmat juga bisa diperoleh dari olahan kulit manggis kering yang dicampur dengan buah-buahan lainnya.

Sangat mudah bukan? Anda bisa membuatnya sendiri kapan saja di rumah anda. Sebagai tips sebaiknya meminumnya setelah makan karena biasanya pada saat pertama kali meminumnya, mungkin anda akan merasa mual karena belum terbiasa. Tapi jika sudah terbiasa mengkonsumsinya, maka anda akan menyukai sensasi rasanya. Anda juga bisa mendapatkan produk bibit tanaman buah manggis disini.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.