Cara Membuat Tanaman Hidroponik Anggrek

Bunga anggrek secara umum dijadikan sebagai hiasan untuk ruangan atau taman di rumah.
Bunga anggrek secara umum dijadikan sebagai tanaman di pekarangan rumah dan hiasan untuk ruangan, namun ternyata bisa juga menggunakan metode hidroponik.

Anggrek (Orchidaceae) adalah suku tanaman berbunga dengan jenis spesies terbanyak. Anggrek biasanya hidup di daerah tropis, seperti Indonesia. Tidak hanya untuk ditanam, anggrek pun bisa dijadikan bunga potong. Beberapa jenis anggrek malah bisa diekstrak menjadi parfum. Bahkan ternyata bunga anggrek juga punya banyak manfaat bagi manusia.

Tenyata menanam anggrek bisa menggunakan metode hidroponik. Hidroponik adalah cara menanam tanaman tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam. Bertanam dengan teknik hidroponik sudah kami bahas kemarin (lihat artikelnya disini). Alat-alatnya pun khusus (perlengkpan hidroponik), berbeda dengan alat tanam biasa.

Ilustrasi menanam anggrek dengan metode hidroponik.
Ilustrasi menanam anggrek dengan metode hidroponik.

Berikut ini adalah cara menanam anggrek dengan cara hidroponik:

Alat dan bahan yang digunakan:

Cara menanam:

  1. Lubangi gelas plastik. Buat dua lubang secara berjajar, 5 cm dari dasar gelas. Diameter lubang masing-masing sekitar 0,5 cm.
  2. Masukkan pelet tanah liat ke dalam gelas plastik yang sudah dilubangi. Masukkan sampai setinggi lubang tadi.
  3. Masukkan anggrek ke dalam gelas.
  4. Tambahkan lagi pelet tanah liat hingga menutupi akar anggrek.
  5. Taruh gelas yang sudah berisi anggrek di atas tatakan gelas.
  6. Tambahkan air yang sudah ditambahkan larutan nutrisi ke dalam gelas tersebut.
  7. Simpan di tempat teduh selama beberapa hari agar anggrek dapat beradaptasi.
  8. Hindarkan menyimpan anggrek di bawah sinar matahari langsung.
Anggrek hidropolik sebagai hiasan didalam ruangan.
Anggrek hidropolik bisa dijadikan sebagai hiasan didalam ruangan.

Sekian cara menanam anggrek secara hidroponik. Rajin-rajinlah memeriksa air di dalam gelas plastik. Jika air sudah mulai berkurang, segera isi kembali. Semoga informasi ini bermanfaat.

Catatan:

  • Anggrek bisa hidup di dalam rumah, asalkan menerima pasokan sinar matahari yang cukup.
  • Jika Anda baru ingin menanam anggrek, belilah anggrek yang sudah berbunga. Kami pun menyediakan berbagai jenis anggrek yang sudah berbunga.  Sebab jika membeli anggrek yang masih kecil, Anda membutuhkan waktu yang sangat lama untuk melihat bunga pertamanya muncul. Kecuali, Anda berkomitmen untuk menikmati setiap proses penantian itu.
  • Jika gelas plastik bekas air mineral tidak cukup untuk menampung tanaman anggrek Anda yang ukurannya lebih besar, Anda bisa membeli gelas plastik serupa yang ukurannya lebih besar di toko plastik. Atau Anda juga bisa menggunakan wadah yang lain yang dapat menampung air dan mudah untuk dilubangi.

Pada intinya menanam secara hidroponik sangatlah mudah, ketika Anda memiliki aneka perlengkapan hidroponik yang memadai.