Cara Menanam Bunga Ageratum

Tanaman yang aslinya berasal dari Amerika Tengah dan Selatan ini mampu menarik perhatian kupu-kupu karena bunganya yang cantik dan tumbuh bergerombol.

Ageratum (Ageratum houstonianum) adalah bunga yang cukup populer di luar negeri terutama di Amerika. Tanaman ini bahkan sengaja ditanam dalam jumlah banyak di taman-taman New England. Perawatannya mudah dan mampu tumbuh dengan baik di cahaya matahari penuh maupun teduh. Tanaman hias yang satu ini masih berkerabat dekat dengan tumbuhan bandotan.

Ageratum tumbuh pendek dan menghasilkan bunga seperti kancing disertai bulu-bulu halus. Tanaman ageratum yang paling banyak ditemukan adalah yang berwarna biru meskipun juga telah tersedia warna lain seperti pink dan putih. Tidak seperti kebanyakan jenis bunga biru lainnya, ageratum bisa tumbuh di bawah naungan, membuatnya menjadi pilihan favorit sebagai tanaman pembatas di tempat teduh. Ageratum juga cocok ditanam dalam pot.

Cara Menanam Bunga Ageratum

Meskipun berasal dari luar negeri tapi ageratum juga bisa tumbuh di Indonesia. Berikut kami berikan tips dan cara menanam bunga ageratum dari biji:

  1. Pilihlah benih ageratum yang berkualitas. Anda bisa memperoleh bijinya dari tanaman yang sudah tumbuh sebelumnya atau membelinya di toko penyedia benih tanaman.
    Tanaman ageratummenghasilkan biji yang bisa ditanam kembali.
  2. Siapkan pot dan media tanam yang baik. Isi pot dengan media tanam yang telah dicampur dengan pupuk kandang. Tekan media tanam dengan jari-jari agar permukaan halus.
  3. Taburkan benih di atas media tanam. Ageratum membutuhkan cahaya untuk berkecambah sehingga tidak perlu ditutupi kembali dengan tanah.
  4. Semprot media tanam dengan lembut. Jika perlu gunakan sprayer. Letakkan wadah di dekat jendela agar tanaman menerima cahaya matahari langsung.
  5. Benih mulai berkecambah dalam waktu 5-10 hari dan siap dipindahkan pada pot yang lebih besar.
    Ilustrasi ageratum yang telah muncul daun dan siap dipindahkan pada pot atau area yang lebih besar.
  6. Siramlah tanaman secara teratur agar pertumbuhan maksimal meskipun pada kenyataannya ageratum mentolerir kondisi kering.
Buanglah bunga dan daun yang telah kering, selain untuk mendapatkan tampilan yang rapi, hal ini juga dapat memasimalkan munculnya bunga lebih cepat.

Ageratum cocok ditanam bersama dengan bunga lainnya dengan warna-warna kontras seperti bunga marigold atau petunia agar tampilan taman Anda lebih semarak.

Itulah tahap-tahap menanam bunga ageratum. Mudah bukan? Jika berminat, kami menyediakan benih ageratum yang siap Anda tanam di rumah, lihat selengkapnya di sini.