Cara Menanam Bunga Cosmos dari Biji

Tanaman cosmos berasal dari Meksiko. Di Indonesia tanaman ini dikenal dengan sebutan kenikir atau ulam raja. Cosmos merupakan tumbuhan tropis dan tumbuh liar di alam. Cosmos atau kenikir merupakan anggota / famili dari Asteraceae.

bunga-cosmos-orange

Nama ilmiah dari cosmos adalah Cosmos caudatus. Daun dari cosmos dapat dimakan (edible) sebagai lalapan atau daun salad, bahkan dijuluki king of salad di luar negeri. Bentuk tanaman cosmos adalah bergaris-garis dan berbatang pipa dengan ketinggiannya dapat mencapai 1 meter dan daunnya mempunyai tangkai yang panjang.

Pada bagian bongkolnyalah bunga-bunganya tersusun. Bongkol-bongkol ini banyak terdapat di ujung batang tanaman. Habitat bunga cosmos adalah pada cuaca panas tapi tidak begitu lembab. Di Indonesia tanaman cosmos atau kenikir ini banyak dijumpai di Jawa, mulai dari dataran rendah sampai daerah pegunungan hingga ketinggian 1200 mdpl.

Daun Cosmos caudatus yang biasanya dijadikan sayuran atau lalapan.
Daun Cosmos caudatus yang biasanya dijadikan sayuran atau lalapan.

Apabila Anda ingin menanam cosmos dari biji, berikut tahapannya (dilengkapi dengan cara merawat yang baik dan benar):

  1. Ambil bibit biji cosmos dari bunga yang sudah kering atau bisa dibeli di toko kami (ini link untuk benih bunga cosmos), kemudian sebar bibit pada media tanam (biji cosmos berwarna cokelat sampai hitam) kemudian tanam pada kondisi terkena sinar paparan matahari penuh dan lindungi dari terpaan angin kencang.
  2. Anda juga bisa menanam biji cosmos satu per satu, caranya ambil satu persatu biji cosmos, tekan dan pendam bijinya ke tanah tutup dengan tanah gembur usahakan penutupannya jangan terlalu tebal dan jangan terlalu tipis, kalau terlalu tebal akan menghalangi tumbuhnya biji karena akan susah menembus lapisan tanah dan penutupan terlalu tipis akan beresiko bibit akan mengalami kekeringan dan akan mudah terlepas dari medianya bila disiram dengan air karena akarnya belum sepenuhnya mencengkeram tanah.
  3. Langkah selanjutnya adalah lakukan penyiraman dengan air. Letakkan di tempat yang hangat dan terang (cukup sinar matahari).
  4. Tanaman cosmos membutuhkan media tanam tanah yang tingkat pH nya netral dan kering. Tanaman yang sudah meninggi disarankan untuk diberikan penyanggah untuk menghindari cosmos roboh atau bisa juga dengan mengurangi jarak tanam kurang dari 2 kaki agar tanaman dapat saling menyanggah satu sama lain.
  5. Cosmos termasuk tanaman yang mampu tumbuh dan beradaptasi dengan hampir semua jenis tanah dan tidak memerlukan tanah yang lembab untuk pertumbuhan kecambahnya.
  6. Pada saat kondisi kering dan cuaca panas tutupkan kain sepanjang media tanam sampai biji mulai berkecambah. Perkecambahan akan terjadi kurang lebih lima sampai sepuluh hari sejak biji ditanam.
  7. Sekitar 3 sampai 5 hari setelah penanaman biji cosmos akan tumbuh.
  8. Cosmos hanya akan tumbuh dengan ketinggian kira-kira 21 sampai 22 inci saja. Ketika daun muda tumbuh dan tanaman sudah terlihat kuat maka bibit cosmos dapat dipindahkan pada lokasi yang terbuka.
  9. Pada usia 7 sampai 8 minggu cosmos akan berbunga.
  10. Pangkas sejumlah bunga cosmos untuk mendorong mekarnya bunga yang tersisa agar lebih lama.
  11. Beri pupuk agar tanaman dapat semakin subur dan sehat dan jangan lupa pemupukan dilakukan secara proporsional (jangan berlebihan).
  12. Pemupukan yang berlebihan dengan kandungan Nitrogen yang tinggi akan membuat tanaman cosmos akan lebih rimbun daunnya tetapi bunganya menjadi sedikit.
  13. Berilah pupuk yang tepat untuk menutrisi bunga agar dapat merekah secara sempurna.

Itulah tadi beberapa tips persemaian cosmos dari biji. Semoga bermanfaat dan tentunya menanam cosmos ini tidak terlalu sulit untuk dilakukan bukan?

Kami menyediakan aneka bibit tanaman bunga cosmos, jika berminat silahkan klik disini.