Cara Menanam Bunga Gazania

Salah satu bunga yang mudah tumbuh dengan perawatan yang minim adalah bunga gazania sehingga sangat cocok untuk pemula.

Apakah Anda ingin menanam tanaman yang tidak memerlukan perawatan berlebih? Gazania (Gazania rigens) adalah jawabannya. Tanaman ini sangat mudah tumbuh, terkadang banyak orang yang tidak menyadari keberadaannya hingga ia mekar dengan cantik di taman.

Baca juga: Jenis Tanaman Bunga Yang Paling Mudah Perawatannya

Gazania berasal dari daratan Afrika Selatan. Tanaman ini adalah tanaman yang sangat tangguh. Gazania dijuluki sebagai tanaman bunga harta karun dan sering kali disamakan dengan bunga daisy Afrika. Gazania tumbuh merambat di tanah. Bunga gazania ini biasanya ditanam bersama tanaman-tanaman hias pendek  lainnya untuk dijadikan sebagai bunga ornamental.

Baca juga: Cara Menanam Bunga Foxglove Dari Biji

Tanaman bunga gazania sangat mudah untuk ditanam. Tanaman ini toleran pada kondisi tanah yang tidak subur, kering, bahkan berpasir. Gazania ini juga tidak terganggu oleh suhu panas dan percikan garam, sehingga tanaman ini sering juga ditanam di pesisir pantai. Bunga gazania memiliki warna merah, kuning, oranye, merah muda, dan putih. Bunganya bisa juga memiliki dua warna atau lebih.

Ilustrasi biji bunga gazania rigens.

Menanam bunga gazania tidak memerlukan perawatan khusus, cukup menyiramnya secara teratur. Walaupun mereka bisa hidup di tempat kering, tapi jika Anda menginginkan bunga yang lebih besar, Anda harus menyiramnya dengan teratur. Anda dapat menanam bunga gazania mulai dari biji. Taburkan langsung biji gazania di atas tanah atau ke dalam pot.

Tanaman bunga gazania yang ditanam melalui biji telah tumbuh beberapa daun.

Jika Anda sudah memiliki tanaman ini di rumah, Anda bisa memperbanyaknya melalui stek dari dasarnya. Memperbanyak tanaman bunga gazania melalui stek ini pun bermanfaat bagi Anda yang menginginkan lebih banyak tanaman bunga gazania ini.

Cara memperbanyak tanaman melalui stek ini yaitu dengan menanamnya terlebih dahulu di dalam pot berukuran sepuluh sentimeter. Gunakanlah tanah yang kaya nutrisi. Siramlah secara teratur sampai tanaman ini benar-benar tumbuh. Setelah itu Anda bisa memindahkannya pada pot yang berukuran lebih besar atau langsung menanamnya ke tanah.

Bunga gazania memerlukan penyiraman secara teratur sampai ia benar-benar tumbuh.

Sekian informasi mengenai cara menanam bunga gazania. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Jika berminat kami juga menyediakan benih gazania sunshine di sini yang bisa melengkapi koleksi tanaman hias di kebun Anda.