Cara Menanam Bunga Mawar dengan Stek Batang di Pot

cara-menanam-mawar-dengan-stek-batang

Tanaman mawar (Rosa sp.) masih menjadi pilihan teratas untuk ditanam bagi para pecinta bunga. Mawar dikenal akan warna beragam dan bentuknya yang tegas.

Di Indonesia, menemukan mawar yang wangi sangatlah sulit, banyak customer kami yang menanyakan tentang mawar kampung, mawar yang berbau sangat wangi, tapi kami sendiri belum pernah menyetok produk jenis tersebut. Sekalipun sekarang sulit ditemukan mawar yang wanginya melegenda, tanaman bunga mawar tetap masih memiliki daya tarik yang sangat kuat dan juga sangat dikenal di seluruh pelosok negeri.

Tanaman Mawar Ungu Super Wangi
Jenis mawar ungu, mawar berbau harum yang paling laris saat ini.

Seiring perkembangan zaman, kini mawar memiliki banyak warna, mulai dari merah, putih, kuning, merah muda, orange, ungu, bahkan marun. Jenis mawar ungu merupakan mawar yang paling wangi, sedangkan yang berwarna ungu pucat tidak wangi sama sekali. Anda bisa melihat koleksi tanaman mawar hidup yang kami miliki.

Dewasa ini banyak yang mencari tanaman mawar pelangi, namun adalah fakta bahwa mawar pelangi bukanlah sesuatu yang tumbuh alami melainkan hasil dari pewarnaan osmosis. Ada juga beberapa mawar dengan motif menarik yang tumbuh alami, contoh yang paling riil adalah mawar batik kuning, mawar batik orange, dan mawar batik pink. Ciri khas dari ketiga mawar batik tersebut adalah batangnya tidak berduri, sama halnya dengan mawar hitam dan mawar merah tanpa duri.

Cara Menanam Mawar dari Batang Stek

Gambar diatas memperlihatkan langkah awal dalam pembahasan ini,, yakni mempersiapkan stek batang mawar yang akan ditanam.
Gambar diatas memperlihatkan langkah awal dalam pembahasan ini, yakni mempersiapkan stek batang mawar yang akan ditanam.

Melihat banyaknya minat akan mawar di tanah air, kami menulis artikel ini. Menanam mawar bisa dibilang gampang-gampang susah. Mawar bisa dibudidayakan dari biji maupun dari stek batang. Menanam mawar dari stek jauh lebih mudah dan kami rekomendasikan dibandingkan dari benihnya. Mawar akan lebih cepat tumbuh dari ketiak ruas-ruas batang, dibandingkan perkecambahan dari biji. Pasalnya, menanam mawar dari biji membutuhkan waktu minimal 60 hari sampai biji mawarnya berkecambah.

Alat dan Bahan

Berikut adalah alat dan bahan yang Anda perlukan untuk menanam mawar dengan stek batang, selain batang dari mawar itu sendiri.

  1. Satu toples air
  2. Pisau atau gunting tanaman
  3. Pot atau wadah tanam lainnya
  4. Media tanam (tanah, pupuk kandang, kompos – 1:1:1)
  5. Pensil atau ranting pohon.
  6. Hormon penumbuh akar atau ZPT (opsional)

Langkah-langkah Penanaman

Tahapan dalam menanam stek batang mawar (rose cuttings) adalah sebagai berikut.

  • Potong batang pohon mawar sepanjang 15-20 cm menggunakan pisau atau gunting tanaman yang tajam dan steril.
  • Masukkan batang pohon mawar sesaat sesudah dipotong ke dalam air. Fungsinya agar mawar tetap segar hingga proses penanaman.
  • Lubangi media tanam dalam pot menggunakan pensil atau ranting pohon. Usahakan kedalamannya kurang dari setengah dari tinggi batang mawar yang sudah dipotong.
  • Sebelum ditancapkan ke dalam lubang, gunting daun-daun yang berada di bagian bawah batang.
  • Tancapkan batang mawar yang telah dipotong dan dibuang daunnya tadi ke dalam media tanam. Anda bisa menambahkan hormon penumbuh akar pada dasar batang mawar atau pada lubang tanah untuk mempercepat pertumbuhan akar.
  • Siram teratur menggunakan semprotan air sampai tunas daun baru tumbuh. Jika sudah ada daun baru yang tumbuh maka berarti cara Anda menanam stek batang mawar sudah benar dan tentunya batang tersebut sudah berakar di bawahnya.

Cara Menanam Stek Mawar Dengan Kentang

menanam-stek-mawar-dengan-kentang

Selain cara konvensional yang kami jabarkan diatas, sebenarnya banyak orang yang juga menanam stek batang mawar langsung dengan ditancapkan pada umbi kentang. Mengapa harus kentang? Karena kadar air di dalam kentang pas, bisa menyokong akar tumbuh prima pada pangkal cutting batang mawar yang telah ditancapkan di dalamnya.

menanam-stek-mawar-dengan-kentang-2

Ketika telah ditancapkan di kentang dan batang tersebut akhirnya bertunas daun baru, maka dapat dikatakan sukses propagasinya, selanjutnya sisa menanam langsung tanaman mawar baru tersebut (beserta umbi kentang di bawahnya) di dalam campuran media tanam yang kita telah siapkan.

Tips Tambahan

Berikut ini adalah tips-tips tambahan agar teknik penanaman mawar Anda berhasil:

  • Lebih baik lakukan stek batang ini di pagi hari agar tanaman masih segar.
  • Selalu gunakan pisau atau gunting yang steril.
  • Untuk mensterilkan gunting atau pisau, bisa menggunakan alkohol.
  • Stek batang mawar membutuhkan drainase yang baik. Air tidak boleh menggenangi pot. Media tanam harus gembur.
  • Simpan di tempat yang terkena sinar matahari, namun bukan sinar matahari langsung.
  • Sinar matahari langsung dapat membuat daun-daun mawar terbakar.
  • Lebih baik menggunakan pot yang kecil terlebih dahulu, sebelum memindahkannya ke pot yang lebih besar setelah stek mawar tumbuh dengan sempurna.

Demikianlah cara budidaya mawar sederhana, menggunakan teknik stek batang. Semoga dapat bermanfaat 🙂 Selain tanaman bunga mawar, kami juga menjual aneka bibit tanaman bunga lain silahkan klik disini.