Cara Menanam Bunga Sweet William dari Biji

Sweet william merupakan jenis tanaman dianthus yang memiliki beragam warna yang menarik.
Sweet william merupakan jenis tanaman dianthus yang memiliki beragam warna yang menarik.

Pernah dengar bunga sweet william? Bunga sweet william merupakan salah satu dari 300 spesies bunga Dhiantus yang kecantikannya tak tertahankan. Tanaman ini memiliki warna yang menyolok. Tumbuh selama dua tahun, dan mekar di tahun kedua. Bunga sweet william aslinya berasal dari negara Eropa.

Baca juga artikel mengenai cara menanam dianthus dari biji disini.

Sweet william termasuk jenis tanaman tahunan. Tanaman ini tumbuh 18-45 cm tergantung jenisnya. Warna bunganya bermacam-macam termasuk putih, merah, merah muda, ungu  dll. Ukurannya pas untuk dijadikan sebagai tanaman hias dalam pot juga dalam ruangan yang diletakkan di samping jendela. Meskipun ukurannya kecil, namun sangat pas untuk dijadikan sebagai bunga potong, yang dibutuhkan hanyalah vas berukuran kecil untuk dijadikan pelengkap dekorasi ruangan Anda.

Benih sweet william dapat diperoleh dari bunganya yang telah kering.
Benih sweet william dapat diperoleh dari bunganya yang telah kering dan tersedia pula di toko yang menjual benih tanaman.

Cara Menanam Bunga Sweet William dari Biji

Menanam dan memelihara sweet william sangatlah mudah, sama halnya ketika menanam tanaman hias lainnya. Namun ada baiknya Anda perhatikan langkah-langkah berikut ini:

Alat dan bahan yang diperlukan:

Langkah-langkah menanam bunga sweet william:

  1. Sweet william dapat ditanam melalui bijinya dengan cara menaburnya langsung di media tanam atau dilakukan penyemaian di dalam ruangan untuk ditanam kemudian. Mulailah menanamnya dalam ruangan sekitar 6-8 minggu sebelum datang musim hujan.
  2. Letakkan di permukaan media tanam, tutup dengan tanah setinggi 0,3 cm. Siramlah dengan air secara menyeluruh. Berilah jarak antar benih sekitar 15 cm untuk menghindari tanaman membusuk dan penularan penyakit. Meski begitu, tanaman ini juga dapat tumbuh pada jarak yang dekat. Waktu perkecambahan sekitar 10-15 hari.
    Tanaman sweet william mulai tumbuh
    Tanaman sweet william mulai tumbuh. Letakkan di tempat yang terkena sinar matahari penuh.
  3. Tanaman ini menyukai sinar matahari penuh. Namun, bukan berarti tidak dapat tumbuh di tempat yang teduh. Sweet william akan tumbuh dengan baik di tanah yang subur, gembur dan memiliki drainase air yang cukup baik.
  4. Tambahkan pupuk agar tanaman tumbuh lebih cepat dan subur.
  5. Siramlah seperlunya, jangan biarkan tanaman terendam air agar akar dan batangnya tidak membusuk.
  6. Sweet william rentan terhadap nematoda yang terlihat seperti ulat kecil. Gunakan fungisida untuk mengurangi kemungkinan timbulnya penyakit pada tanaman.

Itulah cara menanam dan merawat bunga sweet william dari biji. Semoga informasi ini bermanfaat 🙂

Apakah Anda tertarik untuk menambah koleksi bunga hias Anda di rumah? Lihat yuk katalog benih tanaman hias bunga dianthus kami disini. Tersedia juga benih tanaman bunga lainnya disini dan berbagai perlengkapan berkebun, untuk melihat aneka produk kami silahkan klik disini.