Cara Menanam Cabe Di Polybag Atau Pot

Menanam cabe menggunakan polybag atau pot dengan tujuan mempunyai tanaman cabe sendiri sangat membantu memenuhi kebutuhan cabe untuk memasak sehari-hari. Karena harga cabe di pasaran memang selalu tidak menentu, hal ini seringkali membuat ibu rumah tangga pusing dibuatnya. Jadi untuk dapat menyiasati harga cabe yang fluktuatif ini Anda dapat menanam sendiri cabe di rumah menggunakan pot atau polybag. Cara menanam cabe di pot atau polybag sangatlah mudah dan dijamin Anda akan dapat merasakan manfaatnya terutama ketika harga cabe sedang mahal. Sebelum dapat menanam cabe, Anda perlu mengetahui dahulu sedikit informasi penting terkait cabe. tanaman cabe ini hanya dapat tumbuh pada daerah dengan ketinggian 0 sampai 2000 meter di atas permukaan laut. Cabe sebenarnya memiliki beraneka jenis yang dapat Anda budidayakan sesuai kebutuhan. Untuk dapat membudidayakan cabe di rumah dengan menggunakan pot atau polybag, tidak ada salahnya jika Anda menyimak ulasan berikut ini.

Tanaman cabe dalam polybag.
Tanaman cabe dalam polybag.

Persiapan Menanam Cabe di Polybag Atau Pot

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk dapat menanam cabe di rumah, Anda perlu melakukan beberapa persiapan terlebih dahulu. Persiapan-persiapan tersebut antara lain:

  • Memilih benih cabe berkualitas tinggi. Tahap pertama yang perlu Anda lakukan adalah memilih benih yang bagus agar kelak tanaman cabe yang dihasilkan juga bagus dan sehat. Benih unggulan ini bisa Anda dapatkan pada tempat penjualan benih cabe terdekat.
  • Membuat bibit cabe. Setelah Anda mendapatkan benih yang bagus, Anda dapat melakukan penyemaian terhadap benih tersebut. Hanya saja sebelum melakukan penyemaian, Anda perlu membuat media semainya terlebih dahulu. Media semai dapat dibuat menggunakan polybag kecil atau baki semai. Untuk media tanam bibit, gunakan campuran tanah dan kompos secara seimbang. Kemudian siram dengan air secukupnya. Tebarkan benih cabe dan letakkan pada tempat yang sekiranya tidak mendapat sinar matahari dan hujan secara langsung. Pada masa persemaian ini, Anda perlu rajin menyirami media semai agar kondisi media semai lembab sehingga mempercepat pertumbuhan bibit cabe. Bibit cabe baru dapat dipindahkan dari media semai setelah masa 1 bulan sejak penyebaran atau paling tidak daun pada bibit cabe sudah mencapai 5-6 helai.
Mneyemai benih cabe pilihan pada media semai.
Mneyemai benih cabe pilihan pada media semai.
  • Menyiapkan media tanam untuk cabe. Media tanam untuk menanam cabe di polybag atau pot perlu dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum masa pemindahan bibit. Media tanam ini seringkali terbuat dari campuran beberapa komponen seperti tanah, kompos, dan ditambah bahan lain seperti arang sekam. Jika Anda menggunakan ketiga bahan tersebut, maka perbandingan yang dapat Anda gunakan adalah perbandingan sama rata atau 1:1:1. Jika perlu Anda juga dapat menambahkan pupuk NPK sebagai tambahan nutrisi untuk media tanam. Pada dasar pot atau polybag, Anda dapat menambahkan pecahan genteng, atau sabut kelapa untuk menahan akar cabe.

Proses Penanaman Cabe Pada Polybag Atau Pot

Proses penanaman cabe dapat dimulai dengan memindahkan bibit yang telah berusia satu bulan ke pot atau polybag yang lebih besar. Pemindahan ini guna membuat pertumbuhan cabe semakin maksimal. Pemindahan perlu dilakukan secara hati-hati, yakni dengan mencabut bibit dari media semai yang sebelumnya telah disiram air. Penyiraman media semai ini tidak lain agar mempermudah proses pencabutan bibit cabe dari media semai. Siapkan polybag yang telah diisi dengan media tanam yang disebutkan di atas. tanamlah bibit pada media tanam tersebut kira-kira pada kedalaman 6 cm.

Proses Perawatan Cabe di Polybag Atau Pot

perawatan-cabe

Setelah bibit cabe dipindahkan pada media tanam yang sebenarnya, Anda dapat melakukan perawatan rutin untuk mempercepat tumbuh kembang cabe Anda. Ada beberapa perawatan yang perlu Anda lakukan terhadap tanaman cabe Anda, antara lain:

  • Penyiraman. Agar cabe Anda tumbuh dengan baik, Anda perlu melakukan pernyiraman rutin. Penyiraman rutin setiap hari perlu dilakukan pada masa awal pemindahan bibit cabe. sementara setelah cabe benar-benar hidup dan mulai bertunas, maka Anda dapat melakukan penyiraman 2-3 hari sekali saja.
  • Pemupukan. Untuk dapat mempercepat pertumbuhan dan pembuahan cabe, Anda perlu memberikan pupuk pada cabe, baik pupuk kompos maupun pupuk buatan seperti NPK. Pupuk dapat diberikan rutin setiap bulan satu kali.
  • Pemangkasan tunas. Jika pada batang cabe banyak tumbuh tunas baru, Anda perlu membuangnya agar cabe dapat tumbuh tegak ke atas.
  • Pemberian pestisida dan insektisida. Jika cabe Anda terkena penyakit atau hama, Anda perlu memberikan pestisida atau insektisida sesuai kebutuhan.

Nah itulah ulasan singkat mengenai cara menanam cabe di rumah menggunakan polybag atau pot. Jika ingin menanam cabe secara hidoponik dalam polybag  atau menanam cabe hidroponik sistem wick juga bisa loh. Coba kunjungi blog kami dan dapatkan artikel-artikel panduan tentang cara menanam cabe dan tanaman-tanaman lainnya. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda sekalian.

Kami juga menyediakan berbagai macam benih cabe, silahkan klik disini untuk melihat aneka produknya. Sedangkan untuk perlengkapan berkebun lainnya, silahkan klik disini.