Cara Menanam dan Merawat Bunga Kancing (Gomphrena)

Bunga kancing merupakan salah satu tanaman hias bunga dengan tampilan yang unik dan berbunga banyak.

Tanaman bunga kancing/bunga kenop (Gomphrena Globosa) atau diluar negeri dikenal sebagai globe amaranth adalah salah satu bunga yang sangat mudah tumbuh. Tanaman berbunga mungil ini aslinya berasal dari Panama, Brazil dan Guatemala, Amerika.

Seperti namanya, tanaman ini menghasilkan bunga berbentuk kancing/globe bernuansa ungu, pink, merah, magenta, biru, orange, lavender hingga putih. Bunga kancing sangat cocok dijadikan sebagai bunga potong dan rangkaian bunga karena batangnya yang panjang. Tinggi tanaman sekitar 25-45 cm.

Setiap tanaman bunga kancing mampu menghasilkan puluhan kepala bunga yang mencolok. Tanaman yang menyukai paparan sinar matahari ini mampu menarik perhatian kupu-kupu dan lebah. Meskipun berasal dari Benua Amerika namun bunga kancing dengan mudah tumbuh di Indonesia, yang paling lumrah ditemukan adalah bunga kancing berwarna ungu.

Bunga kancing sangat mudah tumbuh dari bijinya. Kepala bunga yang telah kering akan menghasilkan puluhan biji yang bisa ditanam kembali.

Cara Menanam Bunga Kancing dari Biji

Berikut cara menanam bunga kancing:

  1. Sebarkan bijinya ke dalam wadah atau tray semai yang telah berisi tanah, sedikit campuran sekam, pasir dan pupuk kompos. Anda bisa memperoleh benih bunga kancing di toko persediaan benih atau bisa juga diambil dari tanaman yang telah tumbuh, tanaman bunga kancing tetangga misalnya 😀 .
  2. Siramlah dengan sedikit air atau semprotkan dengan sprayer.
  3. Benih bunga kancing membutuhkan cahaya untuk berkecambah. Tempatkan pada tempat yang terang tapi tidak terkena sinar matahari langsung yang berlebihan karena akan merusak kecambah.
    Ilustrasi bunga kancing yang telah tumbuh beberapa helai daun.
  4. Setelah bibit telah tumbuh sekitar 5-7 cm, pindahkan pada pot yang lebih besar atau lahan di kebun Anda supaya bibit tumbuh dengan baik. Beri jarak sekitar 20-25 cm antar tanaman. Pastikan untuk tidak melukai batang dan akarnya.
  5. Tanaman ini biasanya sudah berbunga 2 hingga 3 bulan sejak disemai dan akan tetap berbunga dalam jangka waktu yang cukup lama.
Varian warna bunga kancing yang telah mekar dengan indahnya.

Cara Merawat Bunga Kancing

Tanaman bunga kancing sebenarnya tidak memerlukan perhatian khusus. Tetapi jika Anda menginginkan tanaman Anda sehat dan penuh warna maka diperlukan beberapa perlakuan, seperti:

  • Bunga kancing akan tumbuh dengan baik pada area yang terang dan hangat.
  • Meskipun bunga ini toleran terhadap panas dan  kering, namun jangan lupa untuk menyediakan air yang cukup dengan menyiramnya sesekali untuk menjenuhkan area akar.
  • Buanglah cabang atau daun yang sudah layu, tidak hanya memberi tampilan yang rapi tapi juga membantu tanaman cepat tumbuh.

Itulah informasi cara menanam dan merawat bunga kancing. Nah, jika Anda tertarik untuk menanamnya, tersedia berbagai macam benih bunga kancing di sini. Selamat berkebun 🙂