Cara Menanam dan Merawat Bunga Nona Makan Sirih

Tanaman yang memiliki nama Ilmiah Clerodendrum thomsoniae ini merupakan salah satu tanaman yang kini banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias di pekarangan rumah, bahkan tidak jarang orang yang menanamnya dalam pot.

Nona makan sirih atau di luar negeri dikenal pula dengan nama Bleeding Heart Vine termasuk tumbuhan semak dan merambat yang aslinya berasal dari Afrika. Alasan kenapa bunga ini dinamai dengan nona makan sirih karena warna merah merona pada bunganya menyerupai bibir seorang nona yang sedang makan daun sirih.

Tanaman nona makan sirih yang masih muda akan tumbuh dengan tegak namun jika sudah tumbuh besar maka ia akan membelit dengan tinggi bisa mencapai 4 m. Yang unik dari tanaman ini adalah ia memiliki kelopak berwarna putih yang lama-kelamaan akan berubah menjadi merah keunguan saat melakukan penyerbukan. Jenis bunga yang berwarna putih adalah yang paling umum dijumpai, namun terdapat pula nona makan sirih dengan bunga berwarna merah dan ungu. Nona makan sirih juga memiliki daun seperti daun sirih dan menghasilkan buah yang berukuran kecil yang terdapat empat biji di dalamnya.

Baca juga: Cara Menanam Dan Merawat Bunga Kalanchoe

Cara Menanam Tanaman Bunga Nona Makan Sirih

Tertarik untuk menanamnya? Berikut kami berikan cara menanam bunga nona makan sirih:

Menanam nona makan sirih dengan cara stek:

  1. Tanaman ini dapat diperbanyak dengan cara stek atau lewat bijinya. Cara yang paling umum digunakan adalah dengan stek karena dianggap lebih cepat tumbuh jika dibandingkan dengan biji. Anda bisa memperoleh bibit tanaman ini dari tanaman yang sudah tumbuh atau di tempat penjualan bibit tanaman.
  2. Pilihlah batang tanaman yang sehat dan masih segar. Potong batang dengan panjang sekitar 2-3 jengkal.
    Batang tanaman nona makan sirih yang telap dipotong siap ditanam dalam pot.
  3. Ada baiknya ujung batang tanaman dicelupkan ke dalam zat perangsang akar. Tanam pada media yang berisi pasir. Siram dengan air.
  4. Akar tanaman akan tumbuh dalam 2-3 minggu sejak ditanam. Selanjutnya, pindahkan tanaman tersebut pada pot yang telah dicampur dengan pupuk kandang. Pindahkan dengan hati-hati, upayakan tidak melukai akar tanaman.
  5. Letakkan di lokasi yang terang dan terkena sinar matahari penuh.

Menanam nona makan sirih dari biji:

Tanaman nona makan sirih juga menghasilkan biji yang dapat ditanam kembali.

Meskipun dengan cara stek lebih cepat tumbuh namun tidak ada salahnya jika Anda ingin mencoba menanam bunga ini dari bijinya. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pilihlah buah yang telah matang, kupas kulitnya lalu semai biji dalam media tanam berupa pasir.
  2. Benih nona makan sirih memerlukan waktu 4-6 minggu untuk berkecambah.
  3. Tunggu hingga bibit menghasilkan beberapa helai daun hingga akhirnya siap dipindahkan.
  4. Pindahkan pada pot yang lebih besar dengan mendia tanam yang telah dicampur dengan pupuk kandang sebelumnya.

Cara Merawat Tanaman Bunga Nona Makan Sirih

Ilustrasi tanaman nona makan sirih dalam pot.
  • Letakkan tanaman pada lokasi yang terkena sinar matahari penuh karena tanaman ini tumbuh ideal jika memperoleh sinar matahari seharian, namun toleran juga dengan teduh sebagian. Tanaman nona makan sirih tidak akan menghasilkan bunga jika tidak terdapat cahaya yang cukup.
  • Karena termasuk jenis tanaman yang merambat maka diperlukan penopang untuk tempat tumbuhnya.
  • Rajinlah memangkas tanaman, selain untuk tampilan yang lebih rapi, hal ini juga memungkinkan tumbuhan menghasilkan daun dan bunga yang tumbuh lebih sehat.
  • Lakukan penyiraman secara teratur untuk menjaga kelembaban media tanam namun hindari menyiramnya terlalu banyak hingga air tergenang.
  • Jika perlu berikan pupuk organik cair dua minggu sekali.

Itulah cara menanam dan merawat tanaman hias bunga nona makan sirih. Jika berminat, kami juga menyediakan tanaman nona makan sirih yang sudah hidup di sini, siap melengkapi koleksi tanaman hias Anda di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat bercocok tanam 🙂