Cara Menanam Kol / Kubis di Pot atau Polybag

Kol/kubis adalah salah satu jenis sayuran yang dapat ditanam dengan menggunakan pot atau polybag.
Kol/kubis adalah salah satu jenis sayuran yang dapat ditanam dengan menggunakan pot atau polybag.

Berkebun adalah kegiatan yang menyenangkan. Berkebun bisa dilakukan kapan saja sepanjang tahun, terutama di Indonesia. Banyak tanaman yang bisa ditanam, khususnya di dalam rumah (Baca juga berkebun di lahan sempit dengan kebun vertikal). Tomat, selada, seledri, bunga-bungaan, atau bahkan jeruk adalah contoh tanaman yang biasa di tanam di rumah. Tidak hanya tanaman yang tadi disebutkan, kol atau kubis (Brassica oleracea) pun bisa ditanam di dalam rumah. Nah, berikut ini adalah cara menanam kol atau kubis di dalam pot atau polibag.

Bahan dan alat yang Anda butuhkan:

i
Ilustrasi menanam kubis di dalam polybag.

Cara menanam:

  1. Pilih tempat yang terkena sinar matahari. Sebaiknya, Anda menggunakan pot atau polybag berukuran besar. Ukuran pot atau polybag sebaiknya berdiameter minimal 45 cm. Pot atau polybag sebaiknya memiliki lubag air yang cukup.
  2. Isi pot atau polybag dengan media tanam yang kaya akan nutrisi. Lubangilah bagian tengah media tanam.
  3. Cabut tanaman kol atau kubis yang sudah memiliki dua daun dari media penyemaian dengan hati-hati. Masukkan akarnya ke dalam lubang yang sudah disediakan. Tutup sisa akar dengan media tanam. Padatkan bagian akar dengan hati-hati. Biasanya, bagian yang terkubur setinggi dua sampai lima sentimeter.
  4. Siramlah dengan lembut.
  5. Berilah pupuk sesuai instruksi dari kemasan pupuk yang Anda gunakan.
  6. Selama 3-5 hari pertama, letakkan pot atau polibag di tempat teduh untuk beradaptasi.
k
Memindahkan tanaman kol/kubis yang telah memiliki dua daun atau lebih dengan memasukkan akarnya ke dalam lubang yang sudah disiapkan.

Catatan:

Kol atau kubis berdaun dua didapatkan dari hasil penyemaian di wadah terpisah. Jika Anda ingin menanam langsung di pot, Anda bisa memasukkan dua biji ke dalam lubang di media tanam. Kami juga menyediakan benih kubis yang siap Anda tanam untuk dipraktekkan di rumah silahkan klik disini untuk melihat.

Selamat mencoba 🙂