Cara Menanam Lobak yang Baik dan Benar

cara-menanam-lobak-dari-biji

Lobak (Raphanus sativus) adalah tanaman umbi-umbian yang biasanya dibuat menjadi sayur. Lobak berasal dari Tiongkok dan sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. Sayuran ini bisa ditanam di dataran rendah, maupun di pegunungan.

Menanam lobak ternyata tidak memerlukan waktu lama. Untuk beberapa jenis, lobak bisa dipanen sekitar tiga minggu setelah ditanam. Selain itu, ternyata benih lobak yang sudah berumur lima tahun masih bisa tumbuh. Jadi, jika Anda masih menyimpannya, jangan dibuang.

Mari kita coba menanam lobak dari biji dengan cara berikut ini.

Penanaman

  1. Lubangi tanah sedalam 1 sampai 2,5 sentimeter dengan jarak tiap lubangnya 30 sentimeter. Jika Anda menanam di dalam pot, pilihlah pot dengan kedalaman yang memadai (lebih dari 30 cm). Lobak adalah tanaman umbi-umbian yang umbinya memanjang ke dalam tanah. Gunakanlah campuran pupuk kandang dan tanah (1:1) sebagai media tanam.
  2. Masukkan biji lobak lalu tutup dengan media tanam lagi, tipis saja.
  3. Siram secara teratur.
  4. Tunggu sampai biji lobak sudah berkecambah dan menjadi tanaman lobak muda.
  5. Lobak sangat membutuhkan sinar matahari. Sangat dianjurkan untuk tidak menutupinya, bahkan sangat dianjurkan untuk tidak menanamnya berdekatan dengan tanaman lain yang rimbun. Kekurangan pasokan matahari akan membuat lobak mengeluarkan seluruh tenaganya untuk memproduksi daun yang besar.
  6. Tanam secara berurutan, dua atau tiga minggu sekali untuk mendapatkan hasil panen yang terus menerus.
  7. Lobak membutuhkan tanah yang berdrainase baik, ia juga membutuhkan tanah yang lembap terus menerus. Namun, ia tidak menyukai genangan air.
  8. Hama yang sering menyerang lobak adalah hama kutu daun. Semprotkan insektisida jika hama tersebut menyerang tanaman lobak Anda.

Masa panen

  • Beberapa jenis lobak dapat dipanen hanya dalam waktu tiga minggu setelah penanaman.
  • Jangan menunda waktu setelah lobak siap panen atau lobak akan membusuk di dalam tanah.
  • Setelah dipanen, gunting daunnya, cuci dan keringkan lobaknya. Simpan di dalam kantong plastik sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.

Itulah cara menanam lobak yang baik dan benar. Sekali lagi, lobak menyukai sinar matahari. Walaupun begitu, jagalah tanahnya agar tetap lembap, namun jangan sampai tergenang air. Lobak memiliki waktu pertumbuhan yang cepat, sehingga ia bisa dipanen dengan cepat. Jangan menunda waktu panen, jika terlalu lama atau terlalu tua maka kualitas lobak akan memburuk dan tidak enak untuk dimakan. Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Catatan:

Untuk lobak putih, biasanya dipanen dalam kurun waktu 2 bulan (60 hari).

Jangan lupa klik disini untuk melihat aneka lobak yang kami jual. 🙂