Cara Menanam Pakcoy di Polybag atau Pot

Cara menanam pakcoy di polybag, pot, atau wadah lain selain tanah adalah metode berkebun yang tak jarang dijumpai pada urban gardening. Pada gambar diatas varietas pakcoy yang ditanam adalah pakcoy merah.
Cara menanam pakcoy di polybag, pot, atau wadah lain selain tanah adalah metode berkebun yang tak jarang dijumpai pada urban gardening. Pada gambar diatas varietas pakcoy yang ditanam adalah pakcoy merah.

Bagi penggemar sayuran hijau, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya pakcoy. Pakcoy adalah jenis sayuran hijau yang termasuk ke dalam keluarga sawi-sawian. Pakcoy atau pakchoy atau pak choi biasa disebut juga dengan sebutan sawi sendok. Ada banyak sekali jenis pakcoy yang ada, misalnya pakcoy merahhijau, pakcoy putih, baby pakcoy, dan lain sebagainya.

Anda bisa melihat koleksi benih pakcoy secara lengkap disini.

Pakcoy adalah salah satu dari banyak jenis sayuran hijau yang mudah dan cepat untuk dibudidayakan. Jenis-jenis pakcoy juga merupakan salah satu jajaran benih sayuran paling laris. Waktu panennya sangat singkat, yaitu antara 30 sampai 45 hari setelah ditanam.

Menanam pakcoy tidak harus di tanah yang luas. Pakcoy bisa juga ditanam di pot atau polybag berukuran relatif kecil. Berikut ini adalah cara menanam pakcoy di polybag atau pot.

Tahap Penyemaian

menyemai-biji-pakcoy

  1. Siapkan biji pakcoy, media tanam, sprayer, dan tempat penyemaian.
  2. Semaikan biji pakcoy terlebih dahulu. Gunakan nampan khusus penyemaian atau tray semai (seedling tray) atau bisa juga menggunakan pot, polybag, atau wadah lain.
  3. Media tanam untuk penyemaian sebaiknya berupa media tanam selain tanah misalnya sekam bakar, kompos, atau cocopeat. Jika hendak menggunakan tanah, usahakan tanahnya berupa tanah yang gembur dan subur, yang telah diberi campuran pupuk kandang (1:1).
  4. Lubangi media tanam di wadah penyemaian dengan ujung jari. Kedalamannya sekitar satu ruas jari.
  5. Masukkan dua biji per lubang. Maksud dari dua biji ini adalah, jika satu biji mati, satu bijinya yang lain bisa menggantikannya untuk tumbuh. Untuk penyemaian, dalam polybag berukuran 15 cm bisa dibuat menjadi lima lubang.
  6. Kubur lubang yang sudah diberi biji dengan cara menutupnya dengan media tanam yang berada di bibir setiap lubang. Anda tidak perlu menekan-nekannya.
  7. Siram menggunakan sprayer (semprotan air) dengan lembut setiap pagi dan sore.
  8. Simpan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung.
  9. Jauhkan dari gangguan hewan, seperti ayam atau burung.
  10. Tunggu sekitar dua minggu hingga pakcoy tumbuh dan berdaun dua.

Tahap Pemindahan Media Tanam

memindahkan-seedling-pakcoy

Jika benih pakcoy telah tumbuh menjadi pakcoy muda (seedling pakcoy), ciri khasnya berdaun dua (atau kira-kira berumur sekitar dua minggu) pakcoy bisa dipindahkan ke pot yang lebih besar untuk bisa ditanam secara mandiri. Siapkan pot atau polybag dengan minimal ukuran 15 cm. Gunakan media tanam berupa campuran tanah dan pupuk kandang (1:1) atau bisa juga menggunakan sekam bakar.

  1. Isi pot atau polybag dengan media tanam. Jangan terlalu penuh, jangan juga terlalu dangkal.
  2. Lubangi media tanam tepat di tengah-tengah pot. Ukuran lubang disesuaikan dengan ukuran gundukan akar pakcoy.
  3. Tanam pakcoy sesegera mungkin setelah dicabut. Hati-hati saat mencabutnya, jangan sampai akarnya patah. Gunakan sendok atau sekop untuk mempermudah proses pencabutan.
  4. Tepuk-tepuk bagian media tanam sekitar akar pakcoy yang sudah dikubur. Jangan terlalu keras. Fungsinya, agar pakcoy tidak miring saat disiram air.
  5. Siram pakcoy menggunakan semprotan air setiap pagi dan sore hari.
  6. Selama seminggu pertama, jauhkan dari sinar matahari langsung. Simpanlah di tempat teduh.
  7. Setelah seminggu, pot atau polybag pakcoy bisa dipindahkan pada tempat yang terkena sinar matahari sepanjang hari.
  8. Hati-hati dengan sinar matahari langsung. Daun pakcoy bisa terbakar karena sinar matahari yang terlalu panas.
  9. Berilah pupuk secara berkala. Pupuk organik atau pupuk kandang adalah pilihan yang terbaik

Pakcoy bisa dipanen sekitar 30 sampai 45 hari setelah ditanam di pot atau polybag mandirinya. Pemanenan bisa dilakukan dengan mencabutnya langsung dari tanah atau dengan memotong batang pakcoynya.

Anda bisa melihat koleksi benih pakcoy secara lengkap disini. Selain itu, kami juga menyediakan aneka benih sayuran lainnya, silahkan klik disini.