Cara Menanam Pansy Dari Biji

Tampilan bunga pansy yang sangat mempesona.
Tampilan bunga pansy yang sangat mempesona.

Pansy adalah jenis bunga hibrida yang dibudidayakan sebagai bunga taman. Bunga ini diperoleh dengan hibridisasi dari beberapa spesies pansy dari genus viola, terutama viola tricolor, bunga liar yang berasal dari Eropa dan Asia Barat. Bunga pansy berdiameter 2-3 inci, mempunyai dua kelopak bagian atas yang tumpang tindih, dua sisi kelopak lainnya dan kelopak bawah tunggal dengan sedikit jenggot yang berasal dari pusat bunga. Tanaman ini dapat tumbuh hingga 9 inci dan cenderung menyukai paparan sinar matahari.

Bunga pansy yang mekar seperti gambar badut yang tertawa.
Bunga pansy yang mekar seperti wajah badut yang tertawa.

Bunga Pansy sangat populer di negara empat musim sebagai bunga hias. Hamparan bunga pansy yang tumbuh pendek banyak ditemukan di pekarangan rumah. Tak jarang dijumpai tertata di dalam pot duduk ataupun pot gantung. Yang menarik adalah ada varietas bunga pansy yang tampilannya seperti ekspresi wajah orang yang sedang tertawa. Selain itu, warnanya juga beraneka ragam sehingga banyak dikenal sebagai bunga pansy si bunga yang ceria.

Bunga pansy yang mekar dengan bunga menggambarkan ekspresi wajah geram atau marah.
Bunga pansy yang mekar dengan bunga menggambarkan ekspresi wajah geram atau marah.

Sayangnya di Indonesia bunga ini masih sangat jarang dijumpai. Cara hidup yang sukar serta penanganan yang sulit menjadi alasan utama mengapa populasi bunga ceria ini masih kurang di Indonesia. Padahal sebenarnya bunga pansy dapat tumbuh dimana saja asal melakukan cara penanaman serta penanganan yang baik dan benar. Untuk itu di bawah ini akan diberikan ulasan mengenai cara menanam bunga pansy, berikut dengan cara perawatannya.

Cara Menanam Pansy

  • Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah pemilihan benih / biji pansy yang berkualitas dan jenis pansy apa yang Anda akan tanam.
  • Setelah itu, semai biji pansy Anda. Di daerah yang beriklim hangat, biasanya bunga pansy dapat disemai pada pertengahan musim panas dan musim gugur. Sedangkan di daerah dingin, bijinya dapat disemai pada musim gugur dan musim semi. Hal ini membuktikan bahwa bunga pansy cukup tahan dengan adanya perubahan cuaca.
  • Semai bijinya pada keranjang khusus semai atau tray semai yang berisi campuran media tanam yang berkualitas. Biasanya pada minggu ke-2 atau ke-3, biji pansy sudah akan berkecambah asal proses perkecambahan dilakukan dengan tepat. Selama perkecambahan, letakkan tray semai pada tempat yang teduh dan hangat. Sebaiknya membungkus tray semai dengan plastik bening agar kelembabannya dapat terjaga.
Media semai benih/biji pansy sebaiknya dibungkus dengan plastik bening agar kelembabannya terjaga.
Media semai benih/biji pansy sebaiknya dibungkus dengan plastik bening agar kelembabannya terjaga.
Benih pansy yang telah berkecambah dan siap dipindahkan pada pot ataupun lahan tanah langsung.
Benih pansy yang telah berkecambah dan siap dipindahkan pada pot ataupun lahan tanah langsung.
  • Setelah biji pansy Anda sudah berkecambah, pisahkan untuk di tanam pada pot atau boleh juga langsung pada lahan pekarangan / kebun. Namun, sebelum menanamnya, persiapkan terlebih dahulu media tanam 6 – 8 minggu sebelumnya. Perlu diketahui bahwa bunga pansy menyukai sinar matahari dan tanah dengan drainese yang baik. Namun sesuaikan, jika Anda tinggal di daerah yang panas, maka tanamlah kecambah pansy Anda pada tempat yang mendapatkan matahari sore dan jangan lupa beri naungan di atasnya.

Cara Perawatan Pansy

  • Bunga pansy akan gagal berbunga apabila kurang mendapat penyinaran. Jadi Siram tanaman pansy Anda secara teratur pada pagi hari.
  • Pansy akan tumbuh lebat jika diberi pupuk larut. Berikan pupuk sebanyak 2 minggu sekali secara rutin. Utamanya untuk pansy yang ditanam di dalam pot.
  • Agar pansy Anda mekar lebih lama, petik bunga-bunga layunya. Memetik pansy segar lainnya saat mekar dapat merangsang pertumbuhan bunga-bunga baru yang lebih banyak.

Begitulah kira-kira panduan menanam bunga pansy dari biji. Cukup simple tapi butuh ketekunan dalam memperhatikan pertumbuhannya agar tanaman pansy Anda dapat tumbuh subur. Selamat Berkebun.

Ohh.. iya kami menjual aneka bibit tanaman bunga pansy, jika berminat Anda bisa klik disini 🙂