Cara Menanam Parsley (Peterseli) dari Biji

Peterseli merupakan tanaman herbal untuk penghias makanan di atas piring sekaligus sebagai penyedap makanan.
Peterseli merupakan salah satu tanaman herba yang biasa digunakan sebagai penghias makanan di atas piring sekaligus sebagai penyedap makanan.

Peterseli (Petroselinum Crispum) memiliki kemiripan yang cukup jelas dengan seledri. Ada dua jenis utama yang dapat ditemui pada peterseli: berdaun datar (Neapolitanum) dan berdaun keriting (P. Crispum). Kebanyakan koki memilih jenis peterseli yang berdaun datar karena rasanya yang lebih kuat dan mudah dipotong. Jenis peterseli yang berdaun keriting juga sama lezatnya dan memiliki tampilan yang eye-cathing. Peterseli biasa dijadikan sebagai penghias makanan. Selain itu, peterseli juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Cara Menanam Parsley (Peterseli) dari Biji

Bagaimana cara menanam peterseli dari biji? Seperti kebanyakan tanaman lainnya, peterseli juga sangat cocok ditanam pada sebuah wadah seperti pot, Anda cukup menyimpannya dalam ruangan dekat jendela supaya tanaman menerima asupan cahaya matahari yang cukup. Peterseli biasa juga ditanam diantara semak-semak tanaman sayur lainnya.

Peterseli merupakan tanaman yang mudah tumbuh jika ditanam dari biji. Namun, proses perkecambahan bisa lebih lambat jika dibandingkan dengan tanaman lainnya. Benih dapat disebarkan langsung pada tanah, jika ingin lebih cepat berkecambah, rendamlah bijinya semalam sebelum disebarkan.

Beginilah bentuk biji peterseli.

Bahan dan alat yang dibutuhkan:

Langkah-langkah menanam peterseli dari biji:

Pada dasarnya langkah-langkah menanam peterseli dari biji hampir sama dengan tanaman lainnya. Namun, ada baiknya Anda menyimak langkah-langkah berikut ini:

  • Rendamlah biji peterseli sebelum disebarkan. Dengan merendamnya terlebih dahulu akan membantu memecah biji yang keras sehingga proses pertumbuhan lebih cepat.
R
Merendam biji peterseli pada air hangat sebelum disebarkan akan membantu proses pertumbuhan lebih cepat.
  • Sebarkan biji peterseli pada media tanam yang telah dicampur dengan pupuk kompos lalu tutup kembali.
  • Siramlah secara berkala agar kelembaban tanah tetap terjaga.
  • Pindahkan pada pot atau wadah jika daun sudah mulai terlihat.
  • Simpanlah di tempat yang terkena sinar matahari.
p
Biji peterseli yang telah disebar kini mulai berkecambah.

Catatan:

  • Jika menanam peterseli dari biji, maka Anda perlu memperhatikan jaraknya, yaitu sekitar 9 cm dari tanaman lainnya.
  • Jangan membuang batang peterseli. Selain daun, batangnya juga memiliki rasa dan aroma yang sedap.
  • Jika Anda memiliki tanaman lain di kebun, seperti tomat, asparagus atau bahkan mawar, Anda dapat menanamnya disela-sela tanaman tersebut sehingga menghasilkan aroma yang wangi pada kebun Anda.

Benih parsley dapat diperoleh dengan klik disini.

Itulah cara menanam parsley atau peterseli dari biji. Semoga informasi ini bermanfaat, dan selamat berkebun 🙂