Cara Menanam Sawi Putih Dalam Pot Atau Polybag

Makan sayuran sangatlah bagus untuk kesehatan. Misalnya mengkonsumsi sawi yang sangat bagus untuk pencernaan tubuh. Apalagi jika kita bisa menanam sayuran sendiri di rumah, pasti akan lebih menyenangkan dan terjamin kebersihannya. Ketika Anda ingin menanam sayuran sawi di rumah, Anda tak perlu halaman yang luas. Dengan menggunakan pot atau polybag kamu sudah bisa menanam tanaman ini. tak perlu biaya yang mahal atau teknik yang sulit. Ada banyak sekali jenis sawi putih, sawi caisim, dan masih banyak lainnya. Sebenarnya cara menanam sawi tak jauh berbeda dengan menanam sayuran pada umumnya. Mari langsung saja kita bahas mengenai cara menanam sawi dengan menggunakan pot atau polybag.

Sawi putih yang biasa dibudidayakan di tanah luas ternyata juga bisa bisa dibudidayakan dengan menanamnya di dalam pot atau polybag.
Sawi putih yang biasa dibudidayakan di tanah luas ternyata juga bisa dibudidayakan dengan menanamnya di dalam pot atau polybag.

Tahap Persemaian

Tahap pertama dalam menanam sayuran termasuk sawi adalah tahap penyemaian. Tahap ini bisa menjadi tahap yang penting untuk menghasilkan sayuran yang baik. Pertama Anda bisa menggunakan polybag atau pot yang mempunyai diameter 15 cm. Isilah pot atau polybag tersebut dengan media tanam. Media tanam yang baik adalah campuran antara tanah, sekam dan kompos. Untuk perbandingannya bisa Anda perkirakan sendiri. Setiap tanaman dan daerah mempunyai perbandingan yang berbeda-beda. Tetapi yang paling bagus adalah menggunakan perbandingan 2:1:1. Sebaiknya tanah dan kompos harus diayak sampai halus, supaya semua bahan dapat tercampur dengan sempurna.

Menyemai benih sawi putih. Setelah beberapa hari benihnyapun berkecambah dan tumbuh menghasilkan beberapa daun-daun muda.
Menyemai benih sawi putih. Setelah beberapa hari benihnya pun berkecambah dan tumbuh menghasilkan beberapa daun-daun muda.

Untuk benih sawi, Anda bisa membeli di toko pertanian. Pilihlah jenis sawi yang baik dan tidak mengandung bibit penyakit. Lalu letakkan benih sawi tersebut ke dalam pot atau polybag yang sudah diberi media tanam. Satu polybag maksimal diberi 2 benih saja. Supaya tidak terjadi persaingan perebutan nutrisi yang terlalu ketat. Lakukan penyiraman dua kali sehari di pagi dan sore hari saja. Jika ada hama atau gulma segera dibersihkan. Jika umur sawi sudah 2 atau 3 minggu, kamu bisa memindahkan ke pot atau polybag yang lebih besar.

Tahap Penanaman

Tahapan selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah tahap penanaman. Siapkan polybag yang berukuran lebih besar. bisa dengan menggunakan polybag yang berukuran 20 cm. Isi polybag dengan media tanam yang sudah Anda siapkan. Anda bisa menggunakan media tanam yang digunakan untuk menyemai tanaman. Tinggal ditambahkan kompos lagi, supaya nutrisinya tetap ada. Tetapi komposisi tanah harus lebih banyak dibandingkan dengan kompos. Jika sudah, Anda bisa memindahkan sawi ke media tanam tersebut.

Caranya cabut benih sawi yang sudah disemaikan tadi dan langsung tanam ke dalam polybag atau pot. Ketika mencapur benih sawi harus hati-hati, jangan sampai akarnya terlepas atau rusak. Jika akar rusak akan membuat pertumbuhan tanaman tidak dapat berkembang dengan baik. Jangan lupa untuk melubangi polybag atau pot. Supaya sistem perairannya tetap berjalan dengan baik. Satu polbag bisa diisi 3 sampai 5 benih sawi saja. Jika proses penanam sudah dilakukan, jangan lupa untuk selalu memberikan perawatan. Pertama dengan tetap menyiram dua kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari. Selain itu, juga jangan lupa diberi pupuk tambahan. Supaya sawi dapat tumbuh dengan baik.

Tahap Pemanenan

SAWI-PUTIH-2

Inilah tahapan yang paling penting ketika menanam sebuah tanaman yaitu tahap pemanenan. Sawi dapat dipanen ketika sudah berumur 2 bulan atau 60 hari. Untuk memanennya sangatlah mudah. Anda tinggal mencabutnya saja. Bagaimana mudah bukan? Tanaman sawi memang tidak membutuhkan perawatan yang terlalu sulit. Dia bisa tumbuh dengan baik. asalkan mendapatkan perairan, cahaya dan pupuk yang cukup. Semua jenis sawi mempunyai teknik yang sama. Jadi Anda tinggal melakukan tahapan yang sama.

sawi-putih-dalam-polybag

Jika Anda menanam di musim hujan, letakkan tanaman sawi di bawah atap. Jika terlalu banyak terkena air hujan sawi akan mudah membusuk. Jadi kadar airnya memang harus dijaga dengan baik. selain itu jangan terlalu banyak diletakkan di bawah sinar matahari langsung. Tanaman sawi memang mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan tumbuh. Ini akan menjadi hal yang menyenangkan jika menanam tanaman sawi sendiri di rumah. Anda bisa membuat masakan dari hasil budidaya tanaman sendiri. Demikian sedikit ulasan yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda.

Kami juga menyediakan berbagai macam benih tanaman sawi, lihat disini.