GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Cara Menanam Tanaman Menggunakan Hidrogel

Wednesday, January 11th 2017.
Suka? Bagi ke Teman Yuk!
hidrogel-sebagai-medai-tanam

Hidrogel sebagai alternatif media tanam yang kini sedang populer karena memiliki tampilan yang sangat menarik.

Apakah Anda sulit memelihara tanaman hias karena tidak punya waktu luang untuk merawatnya? Ataukah Anda tipe orang yang sering liburan dan bepergian keluar kota? Jangan khawatir, cukup gunakan hidrogel sebagai media tanam, sehingga tidak perlu lagi khawatir dengan keadaan tanaman kesayangan Anda di rumah. Baca juga hidrogel untuk tanaman dan berbagai keperluan lainnya disini.

Apa sih hidrogel itu?

Hidrogel merupakan polimer buatan yang mampu menyerap air 100-200 kali dari ukurannya. Hidrogel memiliki tingkat fleksibilitas yang sangat mirip dengan jaringan alami karena dapat berisi 90% kandungan air. Hidrogel tidak larut dalam air melainkan menyerap dan melepaskan air ketika dibutuhkan oleh tanaman. Ketika lingkungan mulai kering, hidrogel secara bertahap mengeluarkan air yang telah disimpan sebelumnya. Hidrogel membantu mengurangi konsumsi air dan frekuensi penyiraman tanaman. Selain itu, hidrogel juga mampu meningkatkan sirkulasi udara dalam tanah.

w

Hidrogel memiliki berbagai macam warna yang membuat tampilannya jauh lebih menarik.

Media tanam hidrogel memiliki tampilan yang cantik karena memiliki berbagai macam warna yang menarik seperti merah, biru, kuning, hijau dll yang membuatnya banyak digemari pecinta tanaman.

Cara Menaman Tanaman Menggunakan Hidrogel

Menanam tanaman di rumah menggunakan hidrogel sangatlah mudah. Berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah menanam dengan menggunakan media tanam hidrogel:

m

Tahap menanam menggunakan hidrogel. Siapkan alat dan bahan, yaitu vas kaca transparan, hidrogel dan tanaman.

  1. Siapkan tanaman yang ingin Anda tanam menggunakan hidrogel.
  2. Siramlah tanaman sehingga memudahkan untuk mencabutnya. Cabut tanaman dari pot dengan hati-hati, perhatikan bagian akarnya jangan sampai ada yang rusak atau terputus.
  3. Bersihkan akar tanaman dengan cara merendam agar tanaman selama 1 jam agar akar tanaman benar-benar bersih dari tanah.
  4. Cucilah semua bagian tanaman mulai dari akar, batang dan daun dengan air bersih karena tanah yang tersisa dapat membuat hidrogel rusak.
  5. Simpanlah tanaman ke dalam wadah yang telah berisi air semalaman. Langkah ini berguna untuk membiasakan dan melatih tanaman hidup pada tingkat kadar air yang tinggi.
  6. Siapkan hidrogel dengan masukkan ke dalam wadah yang telah diisi air sebanyak 1 liter (suhu normal). Gunakanlah air yang sudah matang agar hidrogel tetap steril.
  7. Biarkan selama 4 jam hingga hidrogel mengembang dengan sendirinya dengan mengaduk-aduk terlebih dahulu agar warnanya merata.
  8. Setelah hidrogel mengembang dengan cukup baik maka tiriskan dan bilas dengan air bersih.
  9. Hidrogel telah siap untuk dimasukkan kedalam vas kaca transparan atau pot.
  10. Masukkan sebagian hidrogel (1/4 dari volume vas yang digunakan). Masukkan tanaman kedalam vas secara perlahan dan hati-hati. Kemudian masukkan sisa hidrogel yang tadi ke dalam vas kaca hingga penuh dan menutupi semua akar-akar tanaman.
  11. Vas kaca yang telah berisi tanaman dan hidrogel sudah siap diletakkan di ruang tamu atau ditempat lain sesuai keinginan Anda.
Tanaman hias favorit Anda dapat diletakkan dimanapun sesuai keinginan.

Tanaman hias favorit Anda dapat diletakkan dimanapun sesuai keinginan.

Itulah cara menanam tanaman menggunakan hidrogel. Selain praktis, menggunakan hidrogel sebagai media tanam juga dapat menghemat waktu Anda. Jika tertarik, Anda dapat melihat melihat kategori produk hidrogel disini.

Produk terbaru

Rp 40.000
Rp 40.000

Rekening Bank

No rek. BCA akan di-SMS bersamaan total tagihan
No. Mandiri akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BNI akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BRI akan di-SMS bersamaan total tagihan

Pengiriman

Diverifikasi oleh:

Temukan Kami di

Alamat Kantor Pusat

Jl. Veteran Selatan, Kel. Mamajang Dalam
Kec. Mamajang, Makassar, kode pos 90135
Sulawesi Selatan, Telp. 082292524892