Cara Menanam Zukini (Timun Jepang) dari Biji

Zukini atau dengan nama lain timun jepang merupakan salah satu tanaman labu-labuan yang memiliki bentuk seperti timun/terong.
Zukini atau dengan nama lain timun jepang merupakan salah satu tanaman labu-labuan yang memiliki bentuk seperti timun/terong.

Zukini (Cucurbita pepo) merupakan tanaman yang bentuknya menyerupai labu kecil atau terong dan biasanya dijadikan sayur. Warna kulit buahnya ada yang berwarna kuning, hijau dan hijau muda. Biasanya tanaman ini dibuat sayuran dengan kuah encer, ada pula yang memotong-motongnya kemudian digoreng. Tanaman ini jarang dimakan mentah (tanpa diolah). Perbedaan utama varietas labu musim panas dan musim dingin adalah waktu panennya. Masa pertumbuhan untuk musim dingin lebih lama mengakibatkan kulit buah lebih keras sehingga tidak bisa dikonsumsi.

Ilustrasi bentuk biji zukini (timun jepang)
Ilustrasi bentuk biji zukini (timun jepang).

Cara Menanam Zukini dari Biji

Berikut beberapa langkah menanam zukini dari biji:

  1. Jika Anda menanam zukini dengan benih/biji maka mulailah menanamnya dalam ruangan. Lakukan pembenihan sekitar 2-4 minggu sebelum akhirnya ditanam di luar ruangan agar benih dapat beradapatasi dengan lingkungan luar. Menanam zukini dengan pembibitan langsung jauh lebih mudah dibandingkan dengan metode lain.
  2. Jika menamnya lebih awal maka lebih baik hangatkan tanah terlebih dahulu dengan mulsa (plastik hitam) yang telah disiapkan sebelumnya.
  3. Tanah harus hangat (setidaknya 16 derajat C pada kedalaman 5 cm).
  4. Pada kenyataannya, menanam benih zukini pada pertengahan musim panas dapat membantu menghindari masalah penggerek tanaman, hama dan penyakit tanaman lainnya.
  5. Tanaman diluar ruangan membutuhkan sinar matahari penuh, tanah harus lembab dengan drainase yang baik, namun tanah jangan sampai terlalu basah.
  6. Pemberian pupuk kompos dan bahan organik lainnya dapat meningkatkan kesuburan tanah.
  7. Tanamlah benih dengan kedalaman sekitar 2,5 cm dan terpisah dengan jarak 2-3 kaki antar tanaman.
    tahap-menanam-zukini-dari-biji
    Tahap menanam biji zukini pada gundukan tanah yang telah digemburkan sebelumnya.
  8. Dapat pula ditanam langsung pada tanah yang telah digemburkan, taburkan 3-4 biji pada gundukan kecil. Berilah jarak sekitar 5-6 kaki antar gundukan.
  9. Kebanyakan tanaman jenis labu berbentuk semak sehingga dapat tumbuh pada lahan yang sempit, namun jenis zukini memerlukan lebih banyak ruang pada tahap pertumbuhan awal yang terpisah dengan jarak sekitar 20-30 cm.
zukini-yang-telah-berkecambah
Benih zukini telah berkecambah. Siramlah tanaman secara teratur.

Perawatan

  • Diperlukan mulsa untuk melindungi akar, mencegah gulma dan mempertahankan kelembaban.
  • Untuk membantu meningkatkan pertumbuhan zukini, berilah pupuk pada tanaman Anda.
  • Siramlah secara teratur seminggu sekali, tanah harus lembab setidaknya  10 cm kebawah.
  • Panenlah buah zukini ketika panjangnya telah mencapai 11 cm. Berilah pupuk sekali-kali agar pertumbuhannya kuat dan menghasilkan banyak buah.
  • Jika buahnya cacat, mungkin disebabkan oleh tanaman yang tidak menerima cukup air dan pemupukan.

Catatan

  • Periksalah tanaman setiap hari untuk produksi buah yang baru.
  • Zukini dapat disimpan dalam lemari es selama 10 hari.
  • Panenlah zukini ketika kulitnya sudah keras dan berwarna pekat, biasanya dipanen pada akhir September hingga Oktober.
  • Bunga Zukini dapat pula dijadikan salad.

Itulah cara menanam zukini dari biji. Mudah bukan? Kami juga menyediakan benih/biji zukini inggris disini untuk ditanam di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat. Selamat berkebun 🙂

Baca juga 18 tanaman buah yang bisa ditanam di dalam pot kecil.