Cara Mencangkok Pohon Mangga Yang Baik Dan Benar

Untuk mendapatkan buah mangga yang berkualitas, Anda bisa melakukan budidaya dengan cara mencangkok. Mencangkok adalah cara pembiakan vegetatif buatan yang akan membantu memperbanyak tanaman yang sifatnya sama dengan indukan.

Dengan metode cangkokan Anda bisa menghasilkan buah lebih cepat dan pertumbuhan pohonnya tidak terlalu besar. Oleh karena itu saat ini rata-rata bibit buah (tanaman muda yang sudah jadi dan siap tanam) didapatkan dengan cara cangkok. Salah satunya adalah bibit jenis pohon mangga.

bibit-mangga-hasil-cangkok

Mangga atau Mangifera indica merupakan buah yang banyak disukai semua orang. Supaya Anda bisa mendapatkan pohon mangga yang berbuah lebat dan enak, Anda bisa mengembangbiakannya dengan cara cangkok. Di toko online tanaman kami ini, kami juga menjual bibit mangga yang pada umumnya semua didapatkan dengan cara cangkok.

Perlu Diketahui Sebelum Mencangkok Mangga

Tampilan tanaman mangga hasil dari metode cangkok (dilihat dari atas).
Tampilan tanaman mangga hasil dari metode cangkok (dilihat dari atas).

Sebelum membahas lebih lanjut pada inti bahasan yaitu cara mencangkok pohon mangga, Anda harus mengetahui beberapa hal berikut:

Keuntungan Mencangkok Mangga

Salah satu kelebihan metode menanam menggunakan cangkok, adalah pohon mangga-nya lebih cepat menghasilkan buah, jauh lebih cepat ketimbang perkembangbiakan mangga dari biji.
Salah satu kelebihan metode menanam menggunakan cangkok, adalah pohon mangga-nya lebih cepat menghasilkan buah, jauh lebih cepat ketimbang perkembangbiakan mangga dari biji.

Berikut ini keuntungan atau kelebihan mencangkok pohon mangga yang akan Anda dapatkan:

  1. Pohon mangga akan mempunyai sifat yang sama dengan induknya. Jadi jika induk mangganya enak dan manis maka hasil cangkokannya juga akan mempunyai rasa buah mangga yang sama.
  2. Pohon mangga cangkokan akan lebih cepat berbuah dibandingkan pohon mangga yang ditanam dengan menggunakan biji.
  3. Kualitas dan produksi buahnya akan sama dengan induknya.
  4. Tingkat keberhasilannya lebih tinggi. Jadi sangat cocok buat Anda yang ingin berbisnis buah mangga.

Kekurangan Metode Cangkok Mangga

Selain keuntungan, teknik mencangkok tentu juga mempunyai kekurangan. Berikut ini kekurangan dari metode mencangkok.

  1. Tanaman mangga biasanya lebih mudah roboh. Kekuatannya tidak sebagus tanaman yang ditanam dengan biji.
  2. Pada saat musim kemarau pohon mangga tidak tahan kering.
  3. Dalam satu pohon induk hanya bisa melakukan beberapa pencangkokan saja, jadi tidak bisa memperbanyak tanaman dalam jumlah banyak.
  4. Pohon mangga induknya menjadi rusak karena bagian cabang banyak yang di potong.

Itulah keuntungan dan kekurangan dari metode mencangkok. Setelah mengetahui hal tersebut Anda bisa memulai untuk melakukan persiapan mencangkok.

Kriteria Indukan Mangga yang Baik untuk Dicangkok

Supaya metode mencangkok Anda sukses anda harus memilih indukan yang bagus. Banyak orang yang gagal karena tidak memilih indukan yang baik. Oleh karena itu sebelum membahas mengenai alat dan bahan serta teknik pencangkokan, saya akan sedikit membahas mengenai kriteria pohon mangga yang tepat untuk dicangkok supaya menghasilkan buah mangga yang bagus.

Harus Dari Induk Yang Produktif

Kriteria yang paling penting pada saat memilih indukan pohon mangga adalah memilih indukan yang produktif. Berarti indukan tersebut harus terbukti menghasilkan buah yang banyak, buah mangga yang manis, pertumbuhannya baik, dan bebas dari penyakit.

Tentunya mencangkok pohon mangga bertujuan untuk menghasilkan pohon mangga yang menghasilkan banyak buah dengan lebih cepat. Jadi Anda harus memilih indukan yang sudah benar-benar terbukti produktif. Pilihlah batang indukan yang sudah dewasa. Paling tidak indukan sudah berumur 2 tahun. Jadi batang sudah siap untuk dicangkok dan sudah terbukti hasil produksinya.

Pilih Batang Yang Tidak Lecet, Luka Dan Kuat

Salah satu ciri batang yang bagus untuk dicangkok adalah yang tidak terdapat luka atau memar pada bagian kulit batangnya. Selain itu batangnya harus kuat dan kokoh. Pada saat anda mengelupas kulit batang, akan ada cairan yang keluar disekitar tempat pengelupasan. Cairan tersebut berasal dari cambium yang merupakan khas dari metode pencangkokan. Nanti setelah dikelupas, Anda harus mendiamkanya terlebih dahulu supaya cairan cambium tersebut kering. Jangan melakukan pencangkokan jika masih ada cambium didalamnya. Anda bisa menggunakan batang bagian tangga ketiga percabangan dari bagian pangkal batang.

Metode Mencangkok Mangga: Alat, Bahan, dan Langkah-Langkahnya

Langkah atau metode (tahap-tahap) dalam mencangkok pohon mangga.
Langkah atau metode (tahap-tahap) dalam mencangkok pohon mangga.

Mari kita masuk ke inti topik bahasan, kita mulai dengan bahasan tentang alat dan bahan apa saja yang perlu Anda siapkan sebelum mencangkok pohon mangga.

Alat & Bahan Mencangkok

  • Pisau
  • Gunting
  • Kompos
  • Pupuk kandang
  • Tali rafia
  • Tabung bambu / plastic bening / sabut kelapa atau ijuk untuk membalut

Cara Mudah Mencangkok Pohon Mangga

Berikut ini proses pembuatan mencangkok pada indukan pohon mangga:

  1. Pilihlah batang pohon mangga yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu mudah. Ukurannya sekitar 120 cm.
  2. Kerat batang tersebut dengan menggunakan pisau. Panjang luka keratan kurang lebih 10 cm.
  3. Kambium yang terdapat dibatang harus dibersihkan terlebih dahulu. Anda bisa membersihkannya dengan cara mengeriknya.
  4. Getah yang masih menempel biarkan mengering terlebih dahulu. Anda membutuhkan waktu 2 sampai 3 minggu untuk membuat getahnya benar-benar kering.
  5. Berikan zat perangsang tumbuh (ZPT), misalnya yang paling populer adalah clonex, dan pupuk andalan Anda pada bagian batang yang sudah dikerat.
  6. Ambil beberapa tanah subur kemudian kepalkan dan balut pada bagian batang tadi. Pastikan semua bagian batang yang sudah dikerat tertutup tanah dengan sempurna.
  7. Bungkus sayatan tersebut dengan menggunakan media pembalut yang Anda gunakan. Bisa plastic bening, sabut kelapa dan sebagainya. Kemudian ikat dengan tali rafia sampai kencang.
  8. Sirami batang cangkokan tersebut secara rutin setiap harinya.
  9. Kurang lebih selama 3 sampai 4 bulan dan akar sudah mulai tumbuh, balutan plastiknya bisa Anda lepas dan cangkokan bisa ditanam pada media yang baru.
  10. Potong bagian daun dan ranting kecil, supaya tidak berpengaruh pada pertumbuhan cangkokannya.
  11. Buka bungkus cangkokannya dengan hati-hati.
  12. Tanam batang cangkokan pada polybag terlebih dahulu sampai daun dan rating bertumbuh.
  13. Jika ranting dan daun udah tumbuh, batang cangkokan bisa ditanam pada tanah.

Bagaimana, mudah bukan? Dalam metode pencangkokan yang paling penting adalah pemilihan indukan yang baik. Anda harus memilih batang cangkokan dengan baik, supaya hasil tanamannya dapat tumbuh dengan baik. Setelah ditanam jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan dengan baik. Berikan pupuk dan penyiraman secara rutin. Cara pencangkokan diatas juga berlaku untuk tanaman dikotil lainnya. Demikian artikel kali ini, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda.

Silahakan klik disini untuk melihat aneka tanaman mangga yang kami jual.