21 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat secara Alami dengan Cepat

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami dengan bahan-bahan yang biasa kita jumpai di rumah.

Timbulnya jerawat di wajah memang merupakan salah satu momok mengerikan tidak hanya bagi kaum wanita tapi juga pria. Betapa tidak? Wajah mulus idaman semua orang kini harus dinodai dengan munculnya jerawat. Masalahnya tidak hanya sampai disitu, ia juga meninggalkan bekas luka. Sebagian bekas jerawat akan memudar dengan sendirinya selama beberapa bulan dan ada pula yang membekas selamanya.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat secara Alami dengan Cepat

Nah, tanpa basi-basi lagi, berikut cara cepat untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami dengan bahan-bahan yang biasa kita jumpai di rumah.

1. Madu

Mencampur madu dengan beberapa tetes lemon dan kemudian menerapkan pada kulit mampu menghilangkan bekas jerawat. Sifat asam pada lemon akan membantu membunuh bakteri, sedangkan sifat menenangkan madu akan membantu merevitalisasi kulit.

Madu dianggap sebagai bahan antiseptik alami yang membantu mengobati jerawat.

Yang perlu Anda lakukan:

Campurkan 1 sendok makan madu dan 3-4 tetes air perasan lemon. Oleskan campuran ini pada wajah Anda. Biarkan kering selama beberapa waktu dan kemudian cucilah wajah Anda dengan air dingin. Lakukan hal tersebut secara teratur untuk hasil yang lebih maksimal.

Baca juga: Manfaat Madu Dan Kayu Manis

2. Air mawar

Mawar mampu membunuh bakteri penyebab jerawat dan memelihara kelembaban kulit. Bubuk kayu cendana bekerja dengan cara mendinginkan kulit dan mengurangi peradangan.

Air mawar juga bisa dijadikan alternatif untuk menghilangkan bekas jerawat.

Yang perlu Anda lakukan:

Campurkan 1 sendok mawar dengan 1 sendok makan air bubuk teh cendana. Terapkan pada bekas jerawat.

3. Lemon

Lemon dikenal untuk memiliki sifat asam yang dapat membunuh bakteri pada kulit sehingga membuat kulit Anda bebas dari jerawat dan bekas luka. Lemon juga membantu mengontrol kelebihan minyak pada kulit.

Lemon sudah tidak diragukan lagi khasiatnya dalam menjaga kecantikan kulit termasuk menghilangkan bekas jerawat.

Yang perlu Anda lakukan:

Campur perasan lemon dengan air dan terapkan pada bekas luka. Biarkan selama setidaknya dua jam dan kemudian cuci wajah Anda. Anda dapat menerapkan cara ini dua kali seminggu. Beri jarak minimal dua hari. 

Perhatian: Lemon dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Pastikan untuk melakukan tes pada kulit sebelum rutin dilakukan.

Baca juga: Manfaat Jeruk Lemon Untuk Menurunkan Berat Badan.

4. Minyak zaitun

Zaitun sudah sejak lama terkenal sebagai obat ajaib untuk kecantikan kulit. Minyak zaitun memiliki sifat antibakteri yang membantu dalam membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain itu, kandungannya juga mampu membuat kulit lebih halus dan kencang.

Minyak zaitun memiliki sifat antibakteri yang membantu dalam membunuh bakteri penyebab jerawat.

Yang perlu Anda lakukan:

Cuci wajah Anda dengan air hangat dan keringkan dengan handuk. Terapkan beberapa tetes minyak zaitun dan pijat lembut pada wajah Anda. Biarkan selama dua jam, dan kemudian mencuci muka. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan kulit bersinar bebas bekas jerawat.

Baca juga: Khasiat Dan Manfaat Minyak Zaitun.

5. Es batu

Es batu ternyata tidak hanya mampu melegakan dahaga tapi juga mampu mengurangi peradangan dan menghilangkan bekas jerawat.

Yang perlu Anda lakukan:

Ambillah beberapa es batu yang terjamin kebersihannya. Bungkus menggunakan kain bersih. Diamkan selama beberapa detik pada noda bekas jerawat. Lakukan 3 kali sehari.

6. Bawang putih

Kandungan senyawa thiacremonon sulfur dan allicin berperan sebagai antiseptik untuk membunuh bakteri penyebab jerawat dan membersihkan kulit dari noda bekas jerawat.

Yang perlu Anda lakukan:

Haluskan bawang putih dan oleskan pada area bekas jerawat. Diamkan beberapa menit kemudian bersihkan wajah Anda menggunakan air hangat.

Baca lebih lanjut mengenai Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bawang Putih.

7. Kentang

Kentang juga terkenal karena kandungan yang dimilikinya mampu mencerahkan wajah termasuk menghilangkan bekas jerawat.

Kentang bisa digunakan untuk membasmi jerawat dan menghilangkan bekasnya. Caranya, kentang tersebut dihaluskan dan dibuat masker wajah atau juga bisa dengan menempelkan irisan-irisan kentang langsung pada wajah.

Yang perlu Anda lakukan:

Gosokkan perlahan potongan kentang mentah pada wajah yang terdapat bekas jerawat. Anda juga dapat memarut kentang mentah dan gosokkan pada wajah Anda. Biarkan kering selama beberapa menit dan kemudian bersihkan wajah Anda dengan air hangat. Lakukan hal tersebut selama setidaknya dua minggu untuk mencegah jerawat muncul kembali.

Baca juga: Manfaat Kentang Untuk Kesehatan.

8. Kunyit

Kunyit telah lama dikenal sebagai ramuan untuk kecantikan kulit karena sifat antibakteri yang dimilikinya.

Kunyit efektif dalam mengurangi garis-garis halus dan dan bekas jerawat pada wajah.

Yang perlu Anda lakukan:

Campurkan bubuk kunyit dan beberapa tetes air hingga membentuk pasta, oleskan pada bekas jerawat. Biarkan selama 20 menit dan cuci dengan air hangat. Lakukan dua kali seminggu untuk hasil terbaik.

Baca juga: 8 Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan.

9. Baking soda

Baking soda yang biasanya dijadikan sebagai bahan pembuatan kue ini ternyata bisa dijadikan sebagai alternatif menghilangkan bekas jerawat. Baking soda membantu dalam memudarkam bekas jerawat yang membandel. Ia juga memiliki sifat anti-inflamasi yang mampu mengurangi kemerahan dan iritasi yang disebabkan oleh jerawat.

Yang perlu Anda lakukan:

Campurkan satu sendok makan baking soda dan beberapa tetes air dalam mangkuk. Pijat pasta ini pada bekas luka dengan jari Anda. Biarkan selama beberapa menit dan kemudian bersihkan wajah Anda dengan air dingin.

10. Daun lidah buaya

Lidah buaya adalah obat alami untuk sejumlah permasalahan pada kulit. Tanaman ini merupakan agen antibakteri alami yang mencegah peradangan dan mengecilkan ukuran jerawat beberapa jam setelah pengaplikasian. Ia memiliki sifat penyembuhan yang menakjubkan.

Penelitian telah membuktikan bahwa lidah buaya meningkatkan elastisitas kulit dan mampu menghilangkan bekas jerawat.

Yang perlu Anda lakukan:

Keluarkan gel yang terdapat pada daun lidah buaya. Gosokkan perlahan pada bekas jerawat, diamkan selama 10 menit. Bersihkan wajah Anda dengan air dingin. Lakukan secara teratur untuk hasil maksimal.

Baca lebih lanjut mengenai Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan.

11. Mentimun

Mentimun memiliki kandungan alami yang membantu dalam melembabkan dan melembutkan kulit. Mentimun juga memberikan sensasi dingin pada kulit. 

Anda bisa membuat masker yang terbuat dari campuran mentimun dan yogurt untuk menghilangkan bekas jerawat.

Yang perlu Anda lakukan:

Campurkan 1 sendok teh mentimun dan 1 sendok makan yogurt, aduk rata hingga mengental membentuk pasta. Oleskan pada bekas jerawat dan diamkan selama 15 menit. Bilas wajah dengan air dingin.

Tersedia pula benih mentimun disini.

12. Bubuk kayu cendana

Sifat antibakteri yang kuat hadir dalam bubuk kayu cendana yang sangat efektif dalam memerangi bakteri dan jamur, serta mencegah timbulnya jerawat.

Yang perlu Anda lakukan:

Campur 2 sendok makan bubuk cendana, 1 sendok teh air mawar, dan beberapa tetes jus lemon dalam mangkuk. Oleskan pasta ini pada bekas jerawat dan biarkan selama 15 sampai 20 menit. Bilas dengan air dingin. Lakukan secara teratur 3 kali seminggu.

13. Pepaya

Pepaya memiliki sifat penyembuhan yang sangat mengagumkan dan merupakan sumber vitamin A yang membantu dalam mengangkat sel-sel kulit mati.

Buah pepaya yang selama ini enak dikonsumsi ternyata bisa pula dibuat masker untuk menghilangkan bekas jerawat.

Yang perlu Anda lakukan:

Lumatkan daging buah pepaya dan oleskan pada bekas jerawat. Biarkan hingga kering dan bersihkan wajah Anda menggunakan air dingin.

14. Minyak/kapsul vitamin E

Minyak/kapsul vitamin E membantu untuk menyembuhkan bekas luka. Kandungan antioksidannya yang tinggi mampu meremajakan kulit yang membuatnya sangat efektif dalam mengurangi bekas jerawat. 

Vitamin E sudah tidak diragukan lagi khasiatnya dalam menjaga kecantikan kulit. Anda bisa memperoleh minyak vitamin E di toko kosmetik.

Yang perlu Anda lakukan:

Uap wajah Anda untuk membuka pori-pori pada kulit. Pijat lembut minyak vitamin E dengan gerakan melingkar selama 10 menit. Biarkan kering selama 15-20 menit. Lakukan seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

15. Putih telur

Kandungan protein dan asam amino pada putih telur berfungsi untuk mempercepat regenerasi kulit dan mengencangkan pori-pori.

Telur tidak hanya enak dikonsumsi tapi juga bisa dibuat masker wajah.

Yang perlu Anda lakukan:

Pisahkan putih telur dan kuning telur. Kocok sampai mengembang. Oleskan pada area bekas jerawat, bisa juga dijadikan sebagai masker wajah. Biarkan hingga kering. Bilas menggunakan air hangat. Lakukan 2-3 kali seminggu.

16. Kulit jeruk

Kulit jeruk kaya akan retinol yang membantu dalam peremajaan kulit. Retinol mendorong pengelupasan alami dengan mengangkat sel-sel kulit mati. Hasilnya adalah pembaharuan keseluruhan sel dan regenerasi kulit sehingga mampu memudarkan luka bekas jerawat.

Bubuk kulit jeruk yang telah dikeringkan juga bisa menjadi alternatif menghilangkan bekas jerawat.

Yang perlu Anda lakukan:

Keringkan kulit jeruk di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering. Haluskan hingga menjadi bubuk. Campurkan beberapa sendok bubuk kulit jeruk dengan air hingga menjadi pasta. Tempelkan pada area bekas jerawat dan daimkan selama beberapa menit. Lalu bilas dengan air hangat.

17. Air kelapa

Air kelapa tidak hanya baik untuk kesehatan tetapi juga mampu menyembuhkan bekas jerawat jika dioleskan. Hal ini menghilangkan kulit mati dan membuat kulit nampak lebih lembut dan cerah.

Air kelapa mengandung nutrisi yang penting bagi kesehatan kulit.

Yang perlu Anda lakukan:

Oleskan air kelapa pada bekas jerawat. Anda juga bisa membasuh wajah menggunakan air kelapa.

Baca lebih lanjut mengenai 25 Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan Dan Kecantikan.

18. Tomat

Tomat kaya akan vitamin A dan C yang mampu mengangkat kotoran dari pori-pori dan membantu dalam regenerasi kulit. Hal ini juga membantu untuk mengencangkan kulit, mengontrol sekresi minyak, dan memperbaiki kulit yang rusak.

Tomat kaya akan vitamin yang baik untuk menjaga kecantikan kulit.

Yang perlu Anda lakukan:

Cuci bersih buah tomat dan haluskan menggunakan blender. Gunakan sebagai masker wajah, Diamkan selama 30 menit. Bilas dengan air. Lakukan 3 kali seminggu.

Jika berminat, tersedia berbagai macam varietas benih tomat disini.

19. Kayu manis

Kayu manis adalah bumbu dapur yang juga mampu mengobati jerawat secara internal dan eksternal. Rempah-rempah ini memiliki sifat antimikroba yang melawan jerawat dan membuat kulit Anda berseri.

Kayu manis memiliki sifat antimikroba yang melawan jerawat dan membuat kulit Anda berseri.

Yang perlu Anda lakukan:

Campurkan 1 sendok teh bubuk kayu manis dan 1 sendok teh madu dalam sebuah wadah. Oleskan pada jerawat dan diamkan semalaman. Cuci dengan air hangat di pagi hari. Terapkan secara terus menerus selama dua minggu.

20. Stroberi

Stroberi bekerja sangat baik dalam meringankan bekas jerawat. Stroberi segar mengandung senyawa alami asam salisilat, yang membantu dalam menarik keluar semua kotoran dari kulit. Hal ini juga mencerahkan kulit, sehingga membuat bekas jerawat terlihat tampak berkurang.

Yang perlu Anda lakukan:

Oleskan pasta stroberi pada area bekas jerawat. Biarkan hingga kering selama 15 sampai 20 menit, kemudian bilas dengan air. Lakukan 2 kali seminggu.

Jika berminat, tersedia berbagai macam varietas benih stroberi disini.

21. Pasta gigi

Kandungan triclosan, fluoride, dan hidrogen peroksida pada pasta gigi mampu mencegah iritasi pada kulit, mengurangi peradangan dan mencegah timbulnya bekas luka yang diakibatkan oleh jerawat.

Yang perlu Anda lakukan:

Oleskan pasta gigi pada area bekas jerawat. Biarkan selama beberapa jam hingga kering. Bilas wajah Anda menggunakan air dingin.

Cat: Hindari pemakaian pasta gigi jika kulit Anda tergolong kulit yang sensitif, atau pilihlah pasta gigi yang mengandung fluoride rendah. Kami juga menyediakan pasta gigi yang terbuat dari bahan alami, silahkan order disini.

Tips: Usahakan tidak menyentuh area bekas jerawat menggunakan tangan karena mungkin mengandung bakteri yang akan memperparah jerawat. Cuci wajah Anda 2-3 kali dalam sehari dengan air bersih. Pastikan untuk tidak berbagi handuk dengan orang lain.

Produk lainnya dapat Anda lihat pada website kami di bibitbunga.com.

Itulah beberapa cara ampuh menghilangkan bekas jerawat secara alami. Semoga informasi ini bermanfaat 🙂