Cara Menumbuhkan Tanaman Hias Coleus

Coleus merupakan tanaman hias yang populer karena memiliki corak dan warna daun yang beragam.

Para pecinta tanaman mengetahui bahwa coleus bukan hanya disukai karena bunganya saja, namun juga daunnya. Sempat lama tidak popouler, tanaman dari keluarga mint ini kembali diminati oleh banyak orang. Coleus ada yang toleran terhadap matahari (wizard series, versa series, marquee series), ada pula yang bagus untuk hidup di tempat teduh (colorblaze series, fairway series, superfine rainbow series, main street series, kong series). Jenis-jenis tanaman hias coleus memiliki corak, warna, dan serat-serat yang beragam dan indah. Pilihlah yang berdaun gelap jika Anda hendak memiliki tanaman hias coleus yang toleran terhadap matahari.

Berkut beberapa cara untuk menumbuhkan coleus:

  • Jika Anda hendak mendapatkan warna daun coleus yang indah, pastikan tanaman hias coleus Anda mendapatkan sinar matahari pagi dan mendapat keteduhan di sore hari. Hindari tanah yang sangat lembap karena akan menyebabkan gugur daun. Siramlah secara berkala dan tambahkan pupuk cair, apalagi jika Anda menanamnya di dalam pot.
  • Menumbuhkan coleus dari biji relatif mudah. Taburkan benih coleus di atas media tanam di dalam ruangan. Jangan menguburnya, hanya taburkan di permukaan media tanam. Biarkan agar terkena cahaya. Perhatikanlah kelembapan airnya agar tidak tergenang atau kekeringan.
    Tanaman coleus yang sudah tumbuh daun. Letakkan pada tempat yang terkena cahaya matahari pagi.
  • Guntinglah bagian-bagian tanaman yang sudah mulai tidak teratur selama beberapa minggu sekali. Gunting sekitar beberapa daun atau cabang ranting. Gunting juga bunga kecil agar coleus memiliki energi tambahan untuk menumbuhkan batang dan daun-daun barunya.
    Ilustrasi memangkas tangkai coleus. Guntinglah tangkai yang tidak teratur untuk mendapatkan tampilan bunga yang indah.
  • Coleus tumbuh dengan baik di dalam pot selama ia ditanam di tanah yang berdrainase baik. Pupuklah secara berkala dan berikan sinar matahari yang cukup. Jauhkan dari tempat yang berangin karena akan membuat coleus hancur. Coleus tidak akan menampakkan warna terbaiknya jika kelebihan pupuk, jadi Anda sebaiknya konsisten dalam pemberian pupuk.
  • Coleus juga bisa ditanam di pot yang menggantung. Pilihlah yang menjalar atau yang berbentuk semak. Tapi ingatlah pot gantung lebih cepat kering dan coleus membutuhkan air. Maka lebih baik Anda menggunakan pot yang dapat menyiram otomatis atau yang memiliki tempat penampungan air.
    Ilustrasi tanaman coleus pada pot gantung, terlihat sangat memukau.

Itulah cara menumbuhkan tanaman hias coleus dengan mudah. Bagi Anda yang tertarik menanam yuk buruan, klik disini untuk mendapatkan produk dari tanaman coleus.

Selamat mencoba 🙂