Cara Merawat Bunga Geranium Dalam Pot

tips-cara-merawat-geranium-dalam-pot

Selama ini, bunga geranium tidak hanya dikenal karena kecantikan bunganya yang memiliki warna beragam saja, namun juga fungsinya untuk melindungi keluarga di rumah. Selain menjadi tanaman hias, bunganya yang berwarna-warni seperti ungu, merah, merah muda, dan lain sebagainya konon juga memiliki khasiat ampuh bagi kesehatan dan juga sebagai pengusir nyamuk di rumah Anda.

Saat tanaman bunga geranium tertiup angin, daunnya akan bergoyang-goyang lalu mengeluarkan aroma wangi yang sangat khas. Aroma inilah yang ampuh mengusir nyamuk, karena mengandung zat citronella yang tidak disukai oleh nyamuk.

Bunga geranium atau sering disebut tapak dara (meski sebenarnya tanaman vinca juga disebut tanaman tapak dara) tumbuh secara merumpun dengan anakan yang banyak. Daunnya berwarna hijau dan berbentuk menjangkar (tetapi bergerigi), sedangkan batangnya mengandung banyak air. Harga bunga bervariasi tergantung jenisnya. Ada tiga jenis bunga geranium secara garis besar, yaitu Citrosa Lady Diana, Citrosa Mosquito Fighter, dan Citrosa Queen of Lemon.

Di Indonesia, bunga geranium banyak ditemui di sekitar wilayah Sukabumi dan Bandung. Bunga geranium merupakan tanaman yang sangat cocok untuk ditanam di dalam pot. Jika Anda tertarik untuk menanam bunga ini, ikuti langkah di bawah ini untuk mengetahui cara tepat merawat bunga geranium yang cantik.

Pilih Tempat yang Tepat

Meskipun bunga geranium relatif mudah untuk dirawat, namun Anda harus mempertimbangkan dahulu tempat yang akan anda gunakan untuk menanam bunga geranium. Biasanya bunga geranium akan tumbuh dengan optimal jika ditempatkan pada tempat yang terkena paparan sinar matahari selama kurang lebih lima sampai enam jam setiap hari. Selain itu, tanah dengan drainase yang baik juga akan membuat bunga geranium tumbuh dengan baik. Pastikan agar akar tanaman tidak terlalu basah, karena hal ini akan menimbulkan penyakit.

Pilih Pot yang Tepat

Setelah memutuskan tempat tanam yang tepat, langkah selanjutnya adalah memilih pot yang tepat untuk menanam bunga geranium. Usahakan untuk membali pot dengan ukuran yang cukup besar, sesuai dengan jenis tanaman bunga geranium Anda. Jika Anda memilih tanaman yang kecil, gunakan pot berukuran 6-8 inci. Sedangkan untuk tanaman yang besar, gunakan pot yang berukuran 10 inci atau lebih. Selain itu, pilih pot yang memiliki lubang-lubang di bagian bawah atau dasarnya, sehingga air dapat meresap dengan baik. Ingat, bunga geranium tidak dapat tumbuh dengan optimal di tanah yang selalu tergenang air. Bunga geranium juga menjadi pilihan paling pas ketika Anda ingin mencari tanaman bunga yang cocok untuk pot gantung. Hal ini dikarenakan tipe pertumbuhan bunganya yang menjuntai ke bawah pot dan sempurna untuk jadi tanaman hias gantung yang berbunga.

Pilih Waktu yang Tepat

Dalam menanam bunga geranium, sangat disarankan untuk menanam bunga ini tidak pada musim hujan. Bergantung pada jenisnya, meskipun bunga geranium bisa tumbuh dan mekar sepanjang tahun, tetap pastikan bahwa tanaman Anda ditanam pada masa yang tidak terlalu basah seperti musim penghujan, sebab tanah yang terlalu basah justru akan menyebabkan bibit bunga geranium menjadi busuk.

Siapkan Media/Lahan Tanam

Bunga geranium akan tumbuh dengan baik ditanah yang gembur, sehingga Anda bisa menggunakan tiller atau garu untuk menggemburkan tanah dengan kedalaman 12-15 inci. Setelah itu, campur 2-4 inci kompos dalam tanah untuk memberi supplay nutrisi pada media tanam tanaman bunga geranium Anda.

Bunga geranium merupakan tanaman yang handal dengan perawatan yang rendah untuk dapat tumbuh di dalam pot meskipun ditanam melalui biji. Cukup pastikan bahwa tanah yang Anda gunakan untuk menanam bunga geranium ini tidak terlalu lembab, dan lakukan pemupukan secara rutin, Anda sudah dapat menikmati keindahan bunga geranium saat mekar.

Silahkan klik disini untuk melihat aneka bibit tanaman bunga geranium yang kami jual. Bagi Anda yang tidak ingin repot untuk menumbuhkan dari benih, jangan khawatir kami juga menyediakan dalam bentuk bibit yang sudah tumbuh disini.