GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Cara Merawat Bunga Gladiol agar cepat Berbunga

Thursday, January 19th 2017.
Suka? Bagi ke Teman Yuk!
Bunga gladiol merupakan salah satu tanaman hias. Kata "gladius" berasal dari bahasa latin yang berarti pedang kecil.

Bunga gladiol merupakan salah satu jenis tanaman hias. Kata “gladius” berasal dari bahasa latin yang berarti pedang kecil.

Tanaman gladiol (gladiol communis) atau biasa disebut “glads” merupakan tanaman semusim berbentuk herba. Memiliki warna yang menarik dan kesegarannya dapat bertahan sekitar 5-10 hari. Tanaman ini biasanya dibudidayakan sebagai rangkaian bunga dalam ruangan. Petani gladiol sering memotong batangnya sesaat setelah kelopak bunganya muncul sehingga karangan bunga dapat bertahan selama mungkin. Kelopak bunga yang tertutup akan membuka secara otomatis pada tanaman hidup, namun tidak demikian pada kelopak yang telah dipotong. Pemotongan yang tepat dan perlakuan yang baik dari pengawet bunga dengan konsentrasi gula yang tinggi dapat memaksa bunga gladiol untuk terbuka sepenuhnya dan tetap nampak sehat pada penataan kontainer.

Cara Merawat Bunga Gladiol agar Cepat Berbunga

Agar bunga gladiol Anda cepat berbunga maka simaklah langkah berikut:

Alat dan bahan yang dibutuhkan:

  • Bunga gladiol
  • Pisau yang tajam
  • Wadah
  • 2 vas bunga
  • Larutan pengawet bunga yang mengandung gula dan bahan pembasmi kuman (optional)
  • Sendok teh (optional)
  • Pemutih (optional)
  • Gula (optional)
  • Cuka (optional)

Langkah-langkah:

  1. Pilihlah batang gladiol yang memilki beberapa bunga yang sudah terbuka atau kelopak yang telah mengalami perubahan warna di bagian bawah batang. Potonglah batang di waktu pagi atau sore hari dengan pisau yang tajam. Potonglah dengan arah diagonal untuk menghindari daun ikut terbuang.
  2. Tempatkan masing-masing batang yang telah dipotong pada wadah yang telah berisi air hangat agar tanaman tidak layu. Letakkan wadah di tempat yang gelap, sejuk dan di dalam ruangan selama dua jam.

    bunga-gladiolus-dalam-vas

    Ilustrasi batang bunga yang diletakkan dlam vas.

  3. Isilah vas yang telah disediakan sebelumnya dengan air hangat dan tambahkan larutan pengawet yang berisi gula dan bahan pembasmi kuman. Larutan pengawet tersedia secara komersial tapi bisa juga dibuat sendiri. Larutkan bahan pengawet yang terdiri dari 1% gula untuk 1 liter air, dilengkapi dengan 1 sendok pemutih, 2 sendok teh gula dan satu sendok teh cuka.
  4. Tempatkan bunga dalam vas. Ketika bunga yang diinginkan telah membuka, pindahkan bunga pada vas yang memilki kandungan gula lebih tinggi, yaitu 10-20%. Atau dengan larutan buatan sendiri, jika dikehendaki tambahkan kadar gula pada larutan sebelumnya. Simpanlah bunga dalam larutan ini selama 16 jam sebelum mengembalikannya ke vas yang asli.
  5. Letakkan tanaman dalam ruangan yang hangat untuk mempercepat proses pemekaran.
Bunga gladiol kini telah bermekaran

Bunga gladiol kini telah bermekaran setelah diberi perlakuan sesuai langkah-langkah di atas.

Catatan:

Jangan memotong semua daun gladiol jika Anda sudah memotong banyak batangnya. Biarkan setidaknya 4 daun tersisa sehingga tanaman tidak mati.

Itulah informasi mengenai cara merawat bunga gladiol agar cepat berbunga. Jika Anda tertarik, kami pun menyediakan umbi gladiol untuk ditanam di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba 🙂

 

Produk terbaru

Rp 40.000
Rp 35.000
Rp 55.000
Rp 1.000
Rp 2.000

Rekening Bank

No rek. BCA akan di-SMS bersamaan total tagihan
No. Mandiri akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BNI akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BRI akan di-SMS bersamaan total tagihan

Pengiriman

Diverifikasi oleh:

Temukan Kami di

Alamat Kantor Pusat

Jl. Veteran Selatan, Kel. Mamajang Dalam
Kec. Mamajang, Makassar, kode pos 90135
Sulawesi Selatan, Telp. 082292524892