Cara Merawat Tanaman Hias Indoor

Bagi Anda yang memiliki hobi berkebun, pasti Anda memiliki beragam jenis tumbuhan yang dibudidayakan di rumah. Tentunya ada banyak alasan mengapa Anda menanam tumbuhan atau tanaman tersebut di rumah, khususnya di dalam ruangan. Dengan beragam jenis tanaman yang ada, tentu dibutuhkan perawatan yang baik agar bisa tumbuh dengan maksimal. Maka dari itu, artikel ini akan membahas terkait cara merawat tanaman hias khususnya tanaman hias indoor yang sengaja digunakan untuk menghiasi interior rumah Anda. Jenis tanaman hias yang difungsikan untuk mempercantik dalam ruangan dibagi menjadi dua jenis yakni tanaman hias berbunga dan tanaman hias daun. Contoh untuk tanaman hias berbunga adalah anthurium  dan anggrek. Sedangkan untuk tanaman hias daun misalnya caladium, aglaonema, philodendron, dan calathea.

Perawatan Tanaman Hias untuk Mempercantik Ruangan

Jika Anda memilih tanaman hias sebagai salah satu dekorasi interior rumah, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tanaman Anda tidak mati sia-sia. Tanaman hias yang diperuntukan untuk mempercantik dalam rumah membutuhkan perlakuan khusus yang tentu saja sedikit berbeda dengan tanaman yang dibiarkan di luar rumah. Berikut ini ada beberapa cara merawat tanaman hias khusus untuk tanaman hias indoor:

Sering-seringlah mengeluarkan tanaman hias Anda

Tanaman hias indoor membutuhkan asupan cahaya matahari langsung untuk membantu proses fotosintesisnya agar tetap berlangsung.
Tanaman hias indoor membutuhkan asupan cahaya matahari langsung untuk membantu proses fotosintesisnya agar tetap berlangsung.

Meskipun tanaman hias indoor diperuntukan untuk berada dalam ruangan rumah, namun matahari tetaplah menjadi salah satu komponen penting agar tanaman dapat tumbuh dengan baik. Oleh karena itu, alangkah baiknya apabila selama satu hari dalam seminggu tanaman hias Anda tetap dikeluarkan agar mendapat sinar matahari yang cukup. Ini juga akan membantu untuk proses fotosintesis khususnya untuk jenis tanaman hias berbunga.

Mengatur suhu ruangan agar sesuai dengan daya tahan tanaman

Tidak semua tanaman membutuhkan udara yang sejuk, ada pula yang lebih cocok dengan udara yang panas. Terlebih lagi apabila udara sejuk tersebut tidak datang secara alami, melainkan dengan pendingin ruangan atau AC. Tanaman hias yang sering berada dalam ruangan ber AC biasanya akan lebih kering dan warnanya memudar atau berubah. Untuk mengatasi masalah ini, Anda harus memiliki referensi yang cukup untuk memilih jenis-jenis tanaman yang kuat dengan udara dengan suhu rendah. Selain itu, Anda juga harus sesekali mengeluarkan tanaman agar mendapat sinar matahari yang cukup.

Bersihkan tanaman hias Anda dari debu-debu yang menempel

membersihkan-daun-tanaman-dari-debu
Untuk hasil lebih baik gunakan kapas yang telah dicelupkan pada cairan susu untuk membersihkan tanaman daun Anda. Hasilnya akan membuat daun tanaman terlihat mengkilap dan tumbuh sehat.

Berbeda dengan tanaman yang tumbuh di luar rumah, tanaman hias yang ada dalam ruangan biasanya lebih jarang terkena angin. Hal ini menyebabkan debu-debu yang menempel di permukaan bunga ataupun daun tidak dapat hilang karena angin. Debu yang menempel ini selain merusak pemandangan, juga dapat menutup pori-pori daun sehingga bisa mengganggu proses fotosintesis. Untuk mengatasi masalah ini, Anda harus rajin membersihkan tanaman hias dengan pembersih debu minimal 1 kali dalam 3 hari.

Mengganti pot secara berkala

mengganti-pot-tanaman

Tanaman hias yang tumbuh di dalam ruangan juga mengalami pertumbuhan ukuran. Oleh karena itu, cara merawat tanaman hias dalam ruangan yang terakhir adalah mengganti pot bunga secara berkala, terutama ketika ukurannya terlihat mengalami perkembangan signifikan.

Itulah tadi beberapa cara merawat tanaman hias yang Anda letakan di dalam rumah. Menggunakan tanaman sebagai salah satu dekorasi rumah memang dapat menyejukkan suasana. Namun demikian, Anda tetap harus memperhatikan cara perawatan dan juga kebersihan tanaman agar tetap tumbuh dengan maksimal. Jangan sampai tanaman hias yang ada di dalam rumah Anda hanya akan membuat kotor dan merusak pemandangan interior rumah.

Kami juga menyediakan berbagai macam bibit tanaman hias indoor yang dapat jadi rekomendasi untuk Anda dijadikan penghias ruangan di rumah. Silahkan lihat aneka produknya disini. Tersedia juga aneka bibit tanaman hias lainnya disini.