Cara Penanaman Rumput Gajah Mini Secara Sederhana

Saat ini rupanya banyak yang lagi memperbincangkan rumput gajah mini yang lagi ngetrend dan paling disoroti pada dunia interior serta eksterior design. Rumput gajah mini ini menjadi salah satu inspirasi sebagai hiasan paling cantik untuk model rumah minimalis dan beberapa ornamen yang juga serba minimalis. Karena biasanya rumah minimalis memiliki lahan atau taman yang terbatas sehingga memilih rumput gajah mini adalah salah satu solusi unik. Banyak orang yang menganggap bahwa menanam rumput gajah mini ini sangat sulit dan harus memerlukan tehnik khusus. Padahal cara penanaman rumput gajah mini ini dapat dilakukan dengan sangat mudah, di samping proses yang di gunakan juga sangat sederhana, Anda juga tidak perlu kerepotan dalam merawat rumput gajah mini.

Rumput gajah mini populer dimanfaatkan oleh pemilik rumah-rumah minimalis dengan pekarangan terbatas.
Rumput gajah mini populer dimanfaatkan oleh pemilik rumah-rumah minimalis dengan pekarangan terbatas. Dengan adanya rumput gajah mini, pekarangan sempitpun akan terlihat lebih sejuk dan indah.

Cara penanaman yang ini sangat mudah ini justru dapat memberikan keuntungan tersendiri. Dilihat dari namanya saja sudah jelas menunjukkan fisik tanaman yang juga mini sehingga membuat banyak orang penasaran dan tentunya Anda pun juga dapat menanamnya sendiri dengan mudah. Bagi Anda yang sudah penasaran dan ingin tahu lebih jelas tentang rumput gajah mini ini maka langsung saja simak ulasan dibawah ini.

Keunggulan Rumput Gajah Mini

Ada daya tarik tersendiri yang di munculkan oleh rumput gajah mini ini dan terlebih bagi para designer yang sering menangani bagian eksterior rumah untuk memberikan kesan yang asri pada rumah hunian tersebut. Bentuk daunnya yang berukuran kecil sangat meminimalisir perawatannnya sehingga tidak akan membuat Anda kerepotan dalam mengurus rumput jenis ini. Untuk mendapatkan rumput mini sekilas memang terlihat murah yaitu dibanderol dengan harga yang hanya Rp. 15.000,- sampai Rp.20.000,- saja namun harga itu hanya untuk setiap meter perseginya. Jadi jika dikalikan dengan beberapa meter persegi lagi tentunya sangat mahal sekali bukan?

Tentunya akan lebih hemat jika Anda membuatnya sendiri. Proses penanaman rumput gajah mini ini memang sangat mudah sekali dan Anda juga dapat mengerjakannya sendiri. Bagi Anda yang ingin tahu bagaimana langkah langkah penanaman rumput gajah ini maka dapat langsung saja menyimak ulasan dibawah ini.

Langkah Langkah Menanam Rumput Gajah Mini

  • Pertama Anda harus menggemburkan media lahan rumput gajah mini ini dengan menggunakan cangkul yang secara efektif dapat dilakukan sedalam 5 – 10 cm. Jika sudah maka tanah dapat diratakan kembali.
  • Apabila Anda memiliki media lahan tanah yang gersang maupun tandus maka Anda dapat memberikan pupuk kandang yang berfungsi untuk melindungi nutrisi yang terdapat di dalam tanah dengan cara mendiamkannya selama 1 minggu pada saat sebelum penanaman dimulai.
  • Jika ternyata media lahan tanah di rumah Anda tidak tersedia maka Anda dapat menanam rumput gajah mini ini dengan cara mengurungnya terlebih dahulu dengan menggunakan tanah yang dapat Anda cari di kebun atau juga Anda dapat membeli tanah urug yang khusus digunakan untuk taman. Biasanya jenis tanah yang digunakan adalah latosol atau tanah merah.
  • Proses menanam rumput gajah mini ini dapat dilakukan pada waktu musim penghujan. Hal ini dikarenakan supaya rumput yang baru dapat disuplay dengan menggunakan air yang jumlahnya cukup banyak.
  • Anda dapat membeli rumput yang seharga Rp. 15.000,- tersebut sebagai bibitnya dan kemudian dapat Anda potong potong menjadi lebih kecil lagi hingga bagian akarnya tidak terlihat dan tertutup oleh tanah. Lalu rumput mini ini dapat ditanam dengan menggunakan pola zig-zag untuk mendapatkan hasil yang sempurna.
Penanaman rumput gajah mini.
Penanaman rumput gajah mini.
  • Jalinan akar dan tanah juga dapat diperkuat dengan cara memukul rumput gajah mini secara pelan dan hingga benar benar melekat ke dalam tanah.
  • Setelah itu Anda dapat meratakan bagian posisi rumput gajah mini ini dengan menggunakan tanah, caranya yaitu dengan menindihnya menggunakan balok kayu. Setelah semua rata maka balok kayu dapat di ambil dari bagian permukaan tanah.
  • Jika semua proses diatas dapat di lakukan dengan tepat maka langkah selanjutnya yaitu menancapkan rumput gajah mini dengan cara menancapkan bagian perakaran ketahnya sehingga akar dapat terikat dengan tanah. Agar tanaman tidak tergeser maka Anda dapat mengurung bagian sela sela tanaman menggunakan tanah. Untuk masalah jarak tanaman dapat Anda atur sesuai dengan keinginan Anda.
  • Kemudian Anda dapat menambahkan pupuk urea dan juga pupuk NPK yang dapat di berikan pada usia yang sudah menginjak 2 minggu. Tujuan dari cara penanaman ini untuk merangsang proses tumbuh kembang rumput menjadi lebih meningkat.
  • Lakukanlah proses penyiraman secara rutin pada pagi dan juga sore hari. Hal ini sangat berfungsi untuk proses pertumbuhan rumput. Dalam proses penyiraman ini Anda dapat menggunakan gembor, selang kecil atau juga semprotan halus.
Menyiram rumput dilakukan setelah penanaman dan berlangsung terus secara rutin.
Menyiram rumput dilakukan setelah penanaman dan berlangsung terus secara rutin.
  • Diusahakan agar tidak ada binatang seperti ayam yang berkeliaran pada halaman Anda. Jika hal tersebut memang tidak dapat dihindari maka Anda dapat menutup rumput gajah mini ini dengan menggunakan daun kelapa atau juga blarak agar terhindar dari cakaran ayam. Blarak dapat diambil kembali pada saat usia rumput mencapai 7 hari.
  • Salah satu hal yang sangat penting pada proses penanaman rumput ini yaitu proses pencahayaan. Apabila rumput tidak mendapatkan pasokan cahaya yang cukup maka rumput tersebut dapat tumbuh menjadi panjang dan tentunya bukanlah hasil yang diharapkan.
  • Proses berikutnya yaitu dengan memperhatikan keberadaan gulma yang dapat menyerang tumbuh kembang rumput. Jika ternyata terdapat gulma maka Anda dapat mencabutnya hingga tuntas ke bagian akarnya.
  • Usahakan untuk menghindari pejalan kaki yang melintas di area tanaman rumput gajah mini ini agar hasilnya menjadi maksimal. Karena apabila terinjak oleh kaki sangatlah jelas dapat membuat pertumbuhan rumput menjadi terhambat. Hal ini harus dicegah hingga perakaran rumput gajah mini benar benar tumbuh sempurna. Apabila memang hal tersebut tidak dapat dihindari maka Anda dapat menggunakan pijakan kaki yang dibuat dari batu sebagai solusi agar tidak merusak rumput mini ini.
Untuk rumput yang baru ditanam sebaiknya diberi pijakan kaki berupa batu-batuan agar kita tidak langsung menginjak rumput yang belum sempurna tersebut.
Untuk rumput yang baru ditanam sebaiknya diberi pijakan kaki berupa batu-batuan agar kita tidak langsung menginjak rumput yang belum sempurna tersebut.

Itulah bagaimana proses atau langkah langkah menanam rumput gajah mini. Pada umumnya ketika Anda menanam rumput mini ini sepanjang 1 meter maka Anda dapat melihat hasilnya bahwa rumput dapat berkembang menjadi lebih luas lagi hingga 2 dan bahkan 3 meter lagi. Jadi sangat indah sekali melihat suasana rumah dengan rumput hijau segar yang teratur yang sering terlihat seperti karpet berwarna hijau hingga membuat banyak orang yang melihat ingin berbaring di atasnya.

Itulah informasi mengenai cara menanam rumput gajah mini yang dapat Anda praktikkan dengan mudah untuk memperindah rumah Anda. Jadi Anda tidak perlu kebingungan untuk membuat rumah Anda menjadi lebih indah dan nyaman. Juga tidak perlu eksterior yang berharga mahal karena hanya dengan rumput gajah mini sendiri pun Anda dapat membuat suasana rumah menjadi lebih nyaman lagi. Jadi kini bagi Anda yang lagi bingung memilih trend eksterior mana yang tepat untuk di gunakan maka langsung saja gunakan rumput gajah mini tersebut.

Tersedia juga aneka benih rumput lainnya disini.