Cara Stek Bunga Euphorbia

bunga-euphorbia

Para pecinta tanaman hias kebanyakan masih bingung tentang bagaimana cara memperbanyak bunga Euphorbia. Euphorbia, dilafalkan dengan eforbia, adalah salah satu tanaman hias yang mempunyai penampilan yang tak kalah menarik dengan tanaman hias berbunga lainnya. Tanaman ini bahkan pernah menjadi tanaman hias yang begitu populer ditanam dalam pot. Bunganya cantik, kecil, berwarna-warni, dan mempunyai batang berduri yang unik. Untuk memperbanyak bunga ini sebenarnya bisa dilakukan dengan sangat mudah. Bisa dengan cara generatif dan juga vegetatif. Generatif, sebagaimana sudah menjadi pengetahuan umum, adalah perbanyakan tanaman melalui biji. Sedangkan vegetatif adalah perbanyakan tanaman melalui stek / setek atau sambung. Tanaman Euphorbia ini mudah disilangkan sehingga dapat menghasilkan jenis atau variasi bunga baru yang sangat menawan.

Cara menanam atau memperbanyak bunga Euphorbia yang paling banyak dilakukan adalah dengan cara stek. Keunggulan dari perbanyakan stek ini adalah caranya mudah, prosesnya cepat dan hasil stek yang diperoleh juga sama dengan indukan aslinya. Banyak orang yang gagal dalam melakukan perbanyakan stek, padahal kuncinya hanya terletak pada pemilihan induknya. Karakteristik indukan batang yang akan sukses distek adalah induk yang sehat, berdiameter 2 cm, berwarna hijau kecoklatan atau coklat. Indukan batang yang kecil dan masih terlalu muda berpotensi tinggi mengalami kegagalan. Selanjutnya, langkah-langkah penyetekan bunga Euphorbia bisa disimak di bawah ini.

  • Setelah pemilihan indukan yang sesuai karakteristik di atas, potong batang indukan sepanjang 15 cm dari pucuk batang utama. Untuk mengurangi penguapan, hilangkan daun-daunnya, sisakan 3 – 4 helai daun pada pucuknya saja.
  • Pemotongan dilakukan dengan menggunakan pisau tajam atau yang steril.
  • Setelah batangnya di potong, segera cuci bersih getahnya menggunakan air bersih. Keringkan dengan kain atau tissue agar bekas potongan tadi tidak terkena penyakit.
  • Angin-anginkan batang tersebut ditempat yang tidak terkena sinar matahari langsung ataupun hujan selama 1 – 2 jam.
  • Selanjutnya, pangkal batang yang telah dipotong tadi dicelupkan atau dioleskan obat perangsang pertumbuhan akar untuk mempercepat pertumbuhannya, keringkan lagi selama 1 – 2 jam.
  • Kemudian barulah batang tersebut ditancapkan pada media tanam. Media tanam yang disediakan berupa campuran serbuk kelapa, sekam bakar, dan pasir kasar/malang. Gunakan rasio 40:40:20.
  • Setelah itu, siramilah tanaman stek Anda dengan air secukupnya. Letakkan pada tempat teduh dengan intensitas cahaya matahari yang rendah.
  • Biasanya setelah 5 – 6 hari, tunas baru dan akar akan bermunculan.
  • Setelah tanaman bunga Euphorbia baru Anda sudah terlihat cukup kuat, maka pindahkanlah ke tempat dengan intensitas cahaya matahari yang sedikit lebih banyak.

Demikian cara penyetekan bunga Euphorbia. Lakukan dengan hati-hati agar proses penyetekan berjalan dengan sukses dan menghasilkan tanaman bunga Euphorbia baru yang indah. Semoga artikel kali ini bermanfaat.

Kami menjual aneka benih tanaman bunga, jika Anda berminat silahkan klik disini. Tersedia juga dalam bentuk bibit tanaman yang sudah tumbuh disini.