GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Ciri-ciri Tanaman Pacar Air Beserta Manfaatnya

Wednesday, August 16th 2017.
Suka? Bagi ke Teman Yuk!

Tanaman hias bunga pacar air populer karena kemampuannya yang bisa tumbuh dengan mudah dan cepat tanpa memerlukan perawatan khusus.

Tanaman pacar air (Impatiens balsamina Linn) banyak ditemui disekitar rumah dan biasanya dijadikan pagar hidup, selain dijadikan sebagai hiasan. Tanaman ini hidup dan tumbuh di daerah terbuka, di daerah tropis dan tidak bisa hidup di daerah yang kering. Ia bisa hidup di dataran rendah sampai dengan ketinggian ± 1250 m dpl.

Di Nias orang biasa memanggil pacar air dengan nama lahine, sedangkan di Halmahera selatan tanaman pacar air ini dikenal dengan nama bunga jabelu. Berbeda dari kedua tempat itu, di Jakarta orang-orang biasa menyebutnya sebagai kimhong, sedangkan di Gorontalo sebagai kolondingi unggaagu.

Ciri-ciri Tanaman Pacar Air

Pacar air dapat tumbuh mencapai 80 cm. Akarnya berupa akar serabut, batang tanamannya basah, bulat, lunak, bercabang, berwarna hijau kekuningan, dan tumbuh tegak lurus. Daunnya bergerigi pada tepinya dan berbentuk mata tombak. Bunganya terdiri dari beragam warna menarik seperti merah, pink, putih hingga ungu. Tanaman ini menghasilkan buah yang terdapat banyak bji di dalamnya, buahnya berbentuk lonjong dan jika disentuh akan ‘meletus’ dan mengeluarkan biji berbentuk bulat berwarna hitam.

Ilustrasi buah dan biji tanaman pacar air.

Kandungan Tanaman Pacar Air

Ekstrak bunga pacar air mengandung cyanidin, anthocyanin, delphinidin, malvidin, pelargonidin, quercetin, dan kaempherol yang dipercaya baik untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Tanaman Pacar Air

Tanaman pacar air memiliki banyak manfaat diantaranya dapat menjaga kesehatan usus, mengatasi nyeri haid, menurunkan kolesterol, menyembuhkan tumor usus, mengobati kanker saluran pencernaan, menurunkan tekanan darah tinggi, pembengkakan, rematik, kaku leher, kaku pinggang, dan sakit pinggang. Selain itu, tanaman pacar air ini pun bisa dimanfaatkan untuk kecantikan, yaitu sebagai perangsang pertumbuhan rambut dan sebagai pewarna kuku alami yang tidak berbahaya.

Anda bisa meminum ramuan daun pacar air yang direndam dalam air. Minumlah sekali dalam sehari untuk melancarkan haid.

Efek Samping Tanaman Pacar Air

Walaupun tanaman ini mengandung banyak zat yang dikenal baik untuk tubuh, namun pacar air pun mengandung racun sehingga Anda harus memerhatikan atau berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter Anda.

Menurut Prof. Hembing Wijayakusuma, wanita hamil dilarang untuk memanfaatkan tanaman pacar air ini. Selain itu, menurutnya jika seseorang menggunakan tanaman ini lebih dari seminggu secara berurut-turut akan menyebabkan mulut kering, mual, hingga kehilangan nafsu makan.

Sekian informasi mengenai ciri-ciri taaman pacar air dan manfaatnya. Walaupun tanaman pacar air memiliki banyak manfaat, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter Anda untuk mengetahui reaksi alergi atau efek samping dari mengonsumsi tanaman pacar air bagi Anda.

Kami juga menyediakan tanaman dan benih pacar air yang bisa melengkapi koleksi tanaman hias Anda di rumah. Selain mempercantik taman, bunga pacar air juga bisa dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Semoga informasi ini bermanfaat bagi 🙂 .

Produk terbaru

Rp 59.000
Rp 200.000
Rp 200.000
Rp 200.000
Rp 200.000
Rp 200.000
Rp 200.000

Rekening Bank

No rek. BCA akan di-SMS bersamaan total tagihan
No. Mandiri akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BNI akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BRI akan di-SMS bersamaan total tagihan

Pengiriman

Diverifikasi oleh:

Temukan Kami di

Alamat Kantor Pusat

Jl. Veteran Selatan, Kel. Mamajang Dalam
Kec. Mamajang, Makassar, kode pos 90135
Sulawesi Selatan, Telp. 082292524892